Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Apakah ShopeePay yang Dinonaktifkan Dapat Aktif Kembali?

Cara mengaktifkan ShopeePay dan nomor PIN ShoPeePay adalah dengan mengatur nomor telepon terlebih dahulu.

Ruangojol.com - Cara mengaktifkan ShopeePay yang dinonaktifkan karena salah PIN cukup mudah dilakukan. Pemilik akun bisa mengaktifkannya kembali melalui Pengaturan ShopeePay. Hanya dalam hitungan menit, akun ShopeePay bisa kembali digunakan.

Cara Mengaktifkan ShopeePay yang Dinonaktifkan karena Salah PIN

PIN ShopeePay terdiri dari enam digit nomor. Berfungsi untuk memverifikasi identitas pengguna ShopeePay. Selain itu, PIN ShopeePay juga diperlukan saat menggunakan metode pembayaran ShopeePay.

Begini Cara Mengaktifkan ShopeePay yang Dinonaktifkan karena Salah PIN

Cara mengaktifkan ShopeePay dan nomor PIN ShoPeePay adalah dengan mengatur nomor telepon terlebih dahulu. Hindari memasukkan nomor telepon dengan nomor urut. Sebagai contoh, 123456 atau 111111. Nomor telepon semacam ini tidak akan diterima.

Kemudian, jangan menggunakan angka yang sama dengan password atau kata sandi akun Shopee. Pasalnya, dapat membahayakan keamanan akun.

Pengguna ShopeePay bisa melakukan penggantian PIN secara berkala melalui halaman Pengaturan ShopeePay. Tujuannya, untuk meningkatkan keamanan akun.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun ShopeePay

Meski memiliki fungsi yang sangat penting, tidak sedikit pengguna ShopeePay yang lupa atau salah dalam memasukkan PIN. Akibatnya, ShopeePay dinonaktifkan dan tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi.

Namun tak perlu khawatir, cara mengaktifkan ShopeePay yang dinonaktifkan karena salah PIN dinilai sangat mudah. Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan.

  1. Langkah pertama, silakan masuk ke halaman ShopeePay.
  2. Pilih “Pengaturan ShopeePay” atau ikon berbentuk roda bergigi.
  3. Setelah itu, pilih “PIN & Autentikasi Biometrik”.
  4. Lanjut pilih opsi “Ubah PIN ShopeePay”.
  5. Pilih “Aktifkan Kembali”.
  6. Berikutnya, silakan isi formulir pengajuan untuk mengaktifkan kembali akun ShoPeePay dengan melampirkan beberapa data.

Adapun data yang harus pemilik akun lampirkan antara lain.

  • Username Shopee.
  • Screenshot halaman “Saya”.
  • Alamat email yang masih aktif atau dapat dihubungi.
  • Nomor handphone yang sebelumnya telah terdaftar pada akun Shopee.
  • Bukti screenshot notifikasi penonaktifkan akun ShoeePay yang diperoleh.
  • Alasan pemilik akun melakukan perubahan PIN ShopeePay.

Akun ShopeePay tidak bisa langsung diaktifkan. Proses verifikasi tetap diperlukan untuk memastikan bahwa benar pemilik akun aslilah yang meminta agar akun ShopeePay diaktifkan kembali. Pihak ShopeePay akan melakukan pemeriksaan data yang sudah dikirimkan secara menyeluruh.

Jika masih ada data verifikasi pada akun Shopee yang belum lengkap, pemilik akun harus menunggu paling tidak tiga hari kerja untuk mengaktifkan kembali akun ShopeePay. Sebab itulah, pastikan semua data verifikasi lengkap dan benar sebelum melakukan pengajuan.

Cara Mengubah PIN ShopeePay

Pemilik akun memang dianjurkan untuk membuat PIN yang kuat agar semakin aman. Namun, perlu dipastikan pula jika PIN tersebut mudah untuk diingat supaya tidak lupa atau salah.

Selain mengaktifkan kembali ShopeePay karena salah PIN, pemilik akun juga bisa mengubah PIN jika dirasa perlu. Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti.

  1. Pertama, silakan mengubah PIN ShopeePay dengan melalui tab “Saya”.
  2. Selanjutnya, pilih “ShopeePay”.
  3. Kemudian, pilih “Pengaturan” atau ikon berbentuk roda bergerigi.
  4. Setelah itu, ubah PIN ShopeePay.
  5. Masukkan kode OTP yang sudah diterima melalui WhatsApp atau SMS.
  6. Berikutnya, klik “Lanjut”.
  7. Isi dan konfirmasi PIN baru yang telah dibuat.
  8. “Klik “Konfirmasi”.

Perubahan akan diproses secara langsung, sehingga pemilik akun bisa menggunakan PIN ShopeePay yang baru untuk melakukan transaksi. Jika tidak bisa mengubah PIN ShopeePay, bisa mencobanya kembali dalam 1 x 24 jam.

Demikianlah cara mengaktifkan ShopeePay yang dinonaktifkan karena salah PIN. Apabila masih menemui kendala, bisa menghubungi Customer Service Shopee melalui Live Chat di aplikasi Shopee. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)