Kode Referal Kredivo 2024, Cara Daftar Cepat ACC dengan Limit Hingga 30jt. Klik Disini

Cara Menghapus (Uninstall) Apk Penipuan Undangan Pernikahan

Berikut pengalaman admin menemukan aplikasi undangan pernikahan yang merupakan apk untuk meretas hp kita melalui perizinan di bagian SMS.

Ruangojol.com - Hai teman-teman! Baru-baru ini, ada kabar tidak mengenakkan nih. Ada penipuan yang lagi ngetren, dimana pelakunya pakai undangan pernikahan digital berbentuk file .apk buat menipu orang.

Ini nih, cara mereka manfaatin kita yang kadang-kadang nggak sengaja buka file .apk lewat aplikasi chat seperti WhatsApp.

Cara Menghapus (Uninstall) Apk Penipuan Undangan Pernikahan

Cara Hapus Aplikasi (Apk) Penipuan

Kalau kamu tanpa sengaja klik file .apk undangan itu, jangan panik! Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan buat mengatasinya:

1. Langsung Putus Koneksi Internet

Pertama-tama, cepet-cepet matiin koneksi internet kamu, baik itu WiFi atau paket data. Ini penting banget buat ngelindungi perangkat kamu dari serangan lebih lanjut.

2. Hapus Aplikasi Undangan Pernikahan .apk

Selanjutnya, langsung hapus deh aplikasi undangan pernikahan yang berformat .apk itu.

Caranya gampang, tinggal masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Cari aplikasi undangan pernikahan, lalu hapus. (kalau aplikasi tidak ditemukan, ikuti langkah nomor 3)

3. Periksa Aplikasi Lain yang Terinstal

Setelah aplikasi undangan dihapus, jangan lupa cek aplikasi lain di perangkat kamu. Siapa tahu, malware itu sudah menjalar ke aplikasi lain.

Caranya, buka Pengaturan > Aplikasi > Semua Aplikasi dan lihat aplikasi apa saja yang punya hak akses aneh-aneh. Kalau ada, langsung aja hapus aplikasi itu.

Pengalaman admin menghapus aplikasi Apk undangan pernikahan. berikut panduannya:

Buka Pengaturan > Manajemen Aplikasi > Pengelola Izin > Cek semua izin yang ada dan cari apakah ada aplikasi undangan pernikahan, pengalaman admin aplikasi undangan pernikahan penipuan ini akan ditemukan di menu izin SMS, silahkan hapus aplikasinya. Selesai.

Kenapa di Menu Izin SMS?

Menurut pendapat admin pribadi, alasan aplikasi (Apk) Penipuan seperti undangan pernikahan akan meminta izin mengakses SMS karena tujuan untuk meretas dan membaca SMS dari OTP saat si pelaku akan membobol Mbanking atau aplikasi keuangan di HP korban. 

4. Backup Data Penting

Sebelum kamu memutuskan buat reset pabrik, ada baiknya backup dulu data penting kamu ke Google Drive atau aplikasi cloud lainnya. Jangan sampai data penting ilang!

5. Lakukan Factory Reset

Kalau semua langkah di atas udah kamu lakuin tapi masih was-was, kamu bisa melakukan factory reset. Ini akan menghapus semua data dan aplikasi di perangkat kamu, termasuk si malware nakal itu.

Buka Pengaturan > Sistem > Reset > Hapus Semua Data (Factory Reset).

Tips Pencegahan

Biarpun udah ada cara mengatasinya, lebih baik mencegah daripada mengobati, kan? Yuk, ikutin tips ini biar kamu nggak terjebak penipuan:

  • Hati-hati sama file .apk yang dikirim lewat chat.
  • Jangan buka file .apk dari orang yang nggak kamu kenal.
  • Pasang aplikasi cuma dari tempat yang terpercaya, kayak Google Play Store atau App Store.
  • Selalu update aplikasi kamu ke versi yang terbaru.
  • Gunakan antivirus yang terpercaya buat melindungi perangkat kamu.

Semoga tips ini bermanfaat ya, dan bikin kamu lebih waspada terhadap penipuan undangan digital. Stay safe, teman-teman!

Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)