Kode Referal Kredivo 2024, Cara Daftar Cepat ACC dengan Limit Hingga 30jt. Klik Disini

Ini Tanda Kalau HP Kamu Disadap dari Jarak Jauh

Mau tahu bagaimana ciri dan tanda kalau hp kamu sedang disadap jarak jauh? yuk pahami dan lebih berhati-hati dalam menggunakan teknologi.

Ruangojol.com - Penyadapan ponsel bisa terjadi pada siapa saja, sehingga perlu waspada dan mengetahui ciri-cirinya agar cepat menemukan solusinya.

Saat ini banyak sekali cara-cara yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab untuk mencuri data-data penting di smartphone Anda.

Ini Tanda Kalau HP Kamu Disadap dari Jarak Jauh

Ciri-ciri dan Tanda Hp disadap

Berikut 5 kemungkinan tanda HP kamu sedang disadap: 

1. Baterai Bermasalah

Tanda HP kamu sedang disadap adalah baterai yang tiba-tiba bermasalah. Anda patut waspada jika baterai tiba-tiba cepat habis. Faktanya, daya tahan baterai ponsel pasti akan berkurang tergantung pemakaian.

Namun, malware yang menyusup atau aplikasi mata-mata juga dapat menggunakan banyak sumber daya dengan tujuan mengirimkan informasi ke server kriminal. 

2. Performa menjadi Lambat

Kemungkinan lainnya adalah performa smartphone menurun dan aplikasi menjadi sulit diakses. Sejumlah aplikasi juga akan tampak berjalan meski sudah ditutup atau ponsel sudah di-restart berulang kali.

Jika ponsel disadap, malware yang masuk ke perangkat akan membebani sumber daya ponsel. Salah satu kemungkinannya adalah konflik dengan aplikasi lain. 

3. Penggunaan Data yang Tinggi

Selain baterai, hacker juga menguras data korbannya. Mereka baru menyadarinya ketika tagihan atau penggunaan data internetnya meningkat. 

Hal ini disebabkan malware atau aplikasi mata-mata yang terus berjalan. Semua sistem ini terus menerus mengirimkan informasi kembali ke server pelaku. 

4. Panggilan atau Pesan Teks aneh

Waspada juga jika Anda menemukan panggilan atau pesan teks ke nomor tak dikenal atau misterius. 

Anda dapat memeriksa tagihan telepon Anda untuk melihat apakah ada biaya yang tidak diketahui terkait dengan penggunaan. 

5. Iklan Pop-up

Sebagai catatan, tidak semua iklan pop-up mengacu pada ponsel yang diretas. Meski demikian, pengguna tetap harus berhati-hati jika hal ini terjadi pada perangkatnya. 

Pasalnya iklan pop-up bisa menyebabkan ponsel disusupi adware, sejenis malware yang meraup klik dan uang korbannya.

Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)