Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Cara Menambahkan Jalan di Google Maps Lewat HP

Berikut pengalaman admin menambah jalan / rute baru di google maps melalui hp, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Ruangojol.com - Halo teman-teman semua, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara menambah rute jalan di Google Map melalui HP.

Bagi sebagian orang mungkin belum mengenal yang namanya Google Map namun ada juga yang sudah biasa menggunakan Google Maps sebagai alat untuk penunjuk jalan di saat kita sedang di lokasi yang baru kita datangi.

Cara Menambah jalan di google maps lewat HP

Sebenarnya untuk menambahkan alamat atau jalan baru di Google Map itu sangat mudah bahkan tidak perlu menggunakan monitor atau komputer karena dengan menggunakan HP saja kita bisa menambahkan rute jalan dengan mudah dan tentunya mudah dilakukan oleh orang yang Awam.

Lalu apa saja sih syarat supaya kita bisa menambahkan jalan di Google Map? Sebenarnya tidak ada syarat khusus hanya saja kalian harus memiliki HP Android lah minimal ya dengan sudah terinstal aplikasi Google Map terbaru tentunya.

Syarat menambah jalan di Google Map melalui HP: 

  1. Memiliki HP Android
  2. Memiliki aplikasi Google Map terbaru 
  3. Menggunakan koneksi internet yang stabil 
  4. Memiliki akun Google / Gmail
  5. Memahami lokasi yang ingin ditambahkan jalan pada Google Map

Setelah kalian menyiapkan semua persyaratan yang sudah saya tulis di atas, selanjutnya kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya contohkan di bawah ini.

Langkah Menambah Jalan di Google Map lewat HP

  • Silakan Buka "Google Maps" Di HP kalian
  • Klik di bagian "Foto Profil" pojok kanan atas
  • Lalu pilih "bantuan dan masukan" Di paling bawah.
  • Lalu pilih "edit peta"
  • Silahkan pilih "tambah atau perbaiki jalan"
  • Lanjut pilih "jalan yang hilang"
  • Silahkan "Tambahkan Jalan Pertama"
  • Silahkam geser titik sesuai jalan yang diinginkan, lalu klik (+) dan geser untuk menentukan titik selanjutnya dan klik lagi (+) untuk mengakhiri rute yang dibuat.
  • Jika sudah silahkan klik () dan Masukkan Nama jalan yang dibuat tersebut. 
  • Jangan lupa pilih jenis jalan, tersedia 4 jenis jalan diantaranya: Jalan Lokal, Jalan Raya, Tempat Parkir, dan Jalur Sepeda/berjalan Kaki.
  • Untuk mempublikasikan, silahkan klik "Simpan"

Sampai disini kalian sudah berhasil menambahkan jalan baru di google map melalui HP, namun proses menambah jalan di google map ini belum dikatakan sukses jika belum dipublikasikan oleh pihak google map.

Pihak google map akan memeriksa keakuratan Penambahan jalan yang kita kirimkan, sehingga bituh waktu 1 - 7 Hari kerja.

Jika Google Maps sudah mempublikasikan hasil edit atau penambahan jalan yang kita lakukan sebelumnya maka akan ada notifikasi melalui email dan teman-teman bisa Langsung cek di Google Map.

Kesimpulan

Itu adalah langkah-langkah untuk menambah jalan baru di Google Map, Berdasarkan pengalaman proses memang membutuhkan waktu hingga satu minggu namun jika teman-teman memang sudah terbiasa melakukan edit di Google Map atau menambah lokasi atau menambah tempat maka proses verifikasi akan lebih cepat.

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan mengenai cara menambah rute atau jalan di Google Map. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua jangan lupa baca juga informasi-informasi lainnya yang ada di blog ruangojol.com ini terima kasih.

Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)