Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Cara Mengatasi Masalah Karburator Motor Terbaru

Ruangojol.com - Bagi pemilik motor terkadang kerap menghadapi masalah meski sebelumnya kendaraan sedang kondisi sehat, Begitu juga dengan pengisian ba
Ruangojol.com - Bagi pemilik motor terkadang kerap menghadapi masalah meski sebelumnya kendaraan sedang kondisi sehat, Begitu juga dengan pengisian bahan bakar ( bensin ) tidak pernah terlambat untuk mengisinya. Ada beberapa keluhan yang terkadang membuat masalah misalnya saat stasioner putaran mesin per menit ( RPM ) tidak stabil halhasil saat motor dipanaskan atau dalam posisi diam dan pengendara tidak menarik tuas gas tiba-tiba suara mesin keras, tidak berapa lama kemudian kembali melemah begitu seterusnya.


Terkadang saat posisi jalan mengalami mbrebet atau tersendat-sendat kalau motor dijalankan tarikan lambat seolah tidak bertenaga, semua permasalahan yang timbul tersebut bersumber dari karburator motornya. Beberapa penyebab, pengabutan bahan bakar yang tidak sempurna saat proses pencampuran udara yang terlambat dan lain-lain, apabila melihat kondisi busi dan bahan bakar tidak ada masalah. Lalu apa saja permasalah di karburator yang bisa menyebabkan motor tersebut berikut ini :

1. Mesin terasa tersendat saat stasioner

Masalah tersebut terjadi saat campuran bahan bakar yang di venturi dengan udara tidak cukiup banyak dan seimbang alhasil saat proses pembakaran juga tidak akan sempurna, apabila pembakaran ini tidak sempurna maka hentakan di tenaga untuk mendorong piston yang akan menggerakan motor juga melemah akibatnya mesin mengalami tersendat-sendat atau seperti terasa mbrebet.


Untuk mengatasi permasalahan ini cukup mudah dengan putar setelan sekrup udara searah jarum jam atau arah menutup, hal tersebut untuk dimaksudkan memperbanyak campuran udara dengan bahan bakar. Selanjutnya pindah posisi pilot jet ke tingkat yang lebih besar, lalu berikutnya ganti jarum skep atau throttle dengan jarum yang berdiameter lebih kecil, hal tersebut dimaksudkan agar campuran udara dab bahan bakar di venturi yang akan disemburkan ke ruang bakar mesin lebih besar.

2. Tarikan sudah lemah

Kondisi tersebut seperti masalah sebelumnya yaitu campuran bahan bakar dan udara yang tidak sempurna seperti ukuran ideal yang ditetapkan dari pabrikan agar dapat mengatasinya cukup mengganti main jet dengan ukuran yang lebih besar, ini terjadi karna asupan bahan bakar tidak sesuai dengan standarnya.

3. Motor mengeluarkan asap hitam dari knalpot

Biasanya masalah ini istilahnya karburator terlalu basah yang artinya asupan bahan bakar ke lubang venturi terlalu lebih sehingga takaran seharusnya malah sebaliknya udara yang masuk terlalu sedikit. Cara mengatasinya dengan melakukan beberapa langkah yaitu yang pertama putar sekrup setelan udara keluar atau kearah melepas hal ini dumaksudkan agar memperbanyak udara di lubang venturi, selanjutnya ganti spuyer pilot jet dengan ukuran yang lebih kecil dang anti jarum skep dengan jarum yang ukuiran lebih besar.

4. Putaran mesin melamah atau mengambang

Ini biasanya terjadi saat pengendara motor telah menarik tuas gas sehingga seperempat dari ukuran seharusnya putaran mesin ternyata tidak mau naik sehingga motor seperti kesulitan untuk dijalankan. Kondisi seperti ini bisa terjadi karena bahan bakar yang masuk kelubang venture karburator tidak banyak dari takaran yang dirancang dari pabrikan dan sebaliknya supan udara malah lebih banyak atau karburator terlalu kering.

Untuk mangatasi permasalahan tersebut ada dua langkah yang harus dilakukan yang pertama gunakan jarum skep yang berukuran lebih kecil hal ini dimaksudkan agar campuran udara dan bahan bakar lebih banyak. Yang kedua putar skep setelan udara ka arah jarum jam ayau mengencanginya sehingga udara yang masuk ke venturi akan ditekan kuat kea rah ruang bakar, campuran udara dan bahan bakar telah seimbang dan didorong dengan sangat kuat dan akan menjadikan proses pembakaran lebih sempurna.

5. Kecepatan motor sulit untuk bertambah

Apabila menemui masalah ini berarti campuran udara dan bahan bakar di karburator terlalu banyak atau malah melibihi takaran yang semestinya atau mengalami motor banjir.

Untuk mengatasinya lepas karburator dan setel jarum pencampuran udara dan bahan bakar agar percampuran udara dan bahan bakar jadi sempurna main jet berukuran kecil dan jangan lupa komonen busi dan bersihkan bagian kepalanya bial perlu setel jarak antara pemantik busi dengan sumbu agar terjadi proses pengapian sempuran.
Demikianlah pembahasan mengenai 5 Masalah Yang Sering Terjadi Pada Karburator Motor Dan Cara Mengatasinya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.
Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)