Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Tips aman Mengemudi Mobil di Malam Hari Terbaru

Ruangojol.com - Kebanyakan orang melakukan aktivitas di malam hari, baik rutinitas atau pun adanya keperluan tertentu yang memungkinkan untuk menyetir
Ruangojol.com - Kebanyakan orang melakukan aktivitas di malam hari, baik rutinitas atau pun adanya keperluan tertentu yang memungkinkan untuk menyetir mobil pada malam hari.

Kemampuan mata menangkap jarak, warna, dan sudut pandang jauh pasti tidak sama dengan siang hari, apalagi saat kita dalam keadaan lelah, dapat mempengaruhi konsentrasi pada saat mengemudi.


Berikut ini beberapa tips mengendarai mobil di malam hari:

1. Persiapan Mobil

Pastikan mobil dalam keadaan aman untuk melakukan perjalanan di malam hari. Lampu depan, lampu belakang, lampu indikator, menyala normal. Mesin mobil, rem, ban-ban termasuk ban serap, dongkrak, segitiga pengaman, accu, harus dalam kondisi yang baik dan ready, kaca mobil juga harus bersih luar maupun dalam.

Ketepatan Arah Lampu Depan

Pastikan lampu depan arahnya tepat biar tidak bikin silau pengendara lain dan dapat ngurangin kemampuan melihat jalan.

Hindari Rokok dan Alkohol

Usahakan jangan ngrokok di mobil, karena nikotin dan karbon monoksida dari asap rokok bisa mengurangi kemampuan penglihatan di malam hari. Pastikan menyetir dalam keadaan sadar, sehat, tidak terkontaminasi oleh obat-obatan, drugs, alkohol dan sejenisnya.

Nyalakan Lampu Jauh Jika Diperlukan

Jika ragu ada “sesuatu” di depan saat mobil kita melaju sendirian, nyalakan lampu jauh. Lampu jauh tidak cuman membantu kita melihat lebih jelas tapi juga membuat pengendara lain atau kalau ada kendaraan kita walo dari kejauhan.

Perlambat dan Jaga Jarak

Saat malam hari, akan lebih sulit mengukur jarak mobil lain. makanya lebih baik kurangi kecepatan dan tambah jarak dengan mobil di depan atau di belakang kita. Buat persiapan kalo terjadi pengereman mendadak.

Jangan Sembarangan Menyalakan Lampu Jauh

Jangan memasang lampu jauh jika melihat ada kendaraan dari depan, karena bisa bikin silau pengemudi di depan. Dan juga jangan pasang lampu jauh saat kita di belakang kendaraan lain, karena kendaraan di depan kita bisa silau dari pantulan lampu di kaca spion.

Jika Silau karena Sorotan Lampu dari Kendaraan Lain

Sering kita disilaukan oleh sorotan lampu kendaraan di depan kita, sebaiknya jangan pandang ke depan, tapi ke sisi kiri jalan untuk panduan arah agar kita tidak dibutakan oleh lampu. Tentu saja harus tetap dalam keadaan konsentrasi penuh.
Jangan lupa membawa beberapa cadangan peralatan seperti senter , ban serap , plas chamois dan sekring .

Menjaga kebersihan kaca

Apalagi sudah banyak jamur yang menempel dapat mengakibatkan bias cahaya sehingga menghalangi pandangan.

Saat Parkir Mobil

Hindari parkir ditempat sepi, usahakan parkir mobil di tempat yang terang.
Jangan meninggalkan barang berharga, atau barang-barang yang bisa terlihat dari luar kaca. Periksa dengan seksama dan pastikan mobil terkunci aman sebelum meninggalkan mobil.

Periksa jok belakang

Selalu memeriksa jok belakang sebelum masuk mobil. Sebagai cewek, sedikit paranoid boleh kan. buat menghindari kejadian yang gak diinginkan.

Demikian pembahasan tentang cara mengendarai mobil dimalam hari, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)