Cara Menghubungkan Grab dengan LinkAja Terbaru 2021

Mau Gabung? Klik INSTAL atau DAFTAR 👆

Ruangojol.com - Sebagai transportasi berbasis online yang populer di Indonesia, Grab selalu menghadirkan banyak kemudahan, termasuk ragam pilihan metode pembayarannya. Selain menggunakan uang tunai maupun Ovo, sekarang pengguna juga bisa membayar Grab dengan LinkAja loh.

Cara Menghubungkan Grab dengan LinkAja Terbaru 2021

Seperti yang kita tahu, LinkAja merupakan layanan dompet digital milik BUMN yang sebelumnya dikenal dengan nama TCASH atau Telkomsel Cash.

Selain menjalin kerja sama dengan Grab, LinkAja juga merangkul Gojek sebagai alternatif pembayaran untuk menyelesaikan beragam tansaksi. Sehingga pengguna tak perlu cemas andai saldo di satu dompet digital tak mencukupi.

Baca Juga: Cara Transfer Uang LinkAja Tanpa Biaya Admin

Karena metode pembayaran ini masih tergolong baru, tak sedikit pengguna yang berlum tahu cara mengaitkan LinkAja ke Grab. Tapi tak perlu khawatir, karena kali ini akan dijelaskan langkah sederhana yang mudah dan cepat.

Cara Mengaktifkan dan Mengaitkan LinkAja ke Grab

Sebelum bisa menggunakan LinkAja sebagai pembayaran, pertama-pertama Anda harus menghubungkan LinkAja ke Grab. Untuk caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan verifikasi nomor hp di aplikasi LinkAja.

Tetapi, nomor yang digunakan harus sama dengan nomor hp yang terkait di aplikasi Grab. Kalau berbeda, prosesnya tidak akan berhasil. Jadi, pastikan nomornya sama, ya.

Jika nomor yang digunakan pada aplikasi Grab sudah tidak aktif atau kartunya hilang, sebaiknya aktifkan kembali kartu tersebut. Jika tidak memungkinkan, satu-satunya jalan adalah dengan membuat akun Grab baru.

Catatan: Jika aplikasi Grab di hp Anda masih versi lama, sebaiknya update dulu ke versi terbaru

  • Buka aplikasi grab customer
  • Masuk ke "Akun"

  • Berikutnya pilih menu "Kartu Kamu" pada halaman bawah.

  • Tap menu "Icon LinkAja"

  • Kemudian pilih "Masukkan Pin" lalu klik Lanjutkan

  • Dan selanjutnya tunggu SMS verifikasi ke nomor terkait lalu masukkan kode OTP dan klik Proses.

Jika proses verifikasi berhasil, maka akan muncul tulisan ‘Selamat Transaksi kamu telah berhasil!’. Dengan begitu, otomatis cara mengaktifkan pembayaran LinkAja di Grab juga sudah berhasil. Sekarang Anda bisa memilih LinkAja sebagai alternatif Ovo.

Cara Membayar Grab dengan LinkAja

Kalau sebelumnya akun LinkAja sudah terkait dengan aplikasi Grab, sekarang jika ingin membayar Grabbike maupun layanan lainnya dengan LinkAja, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut tanpa perlu melakukan verifikasi ulang.

  • Silahkan lakukan orderan Grabbike, Grabcar, ataupun Kurir. (Bebas)
  • Pilih lokasi tujuan dan lokasi penjemputan.
  • Selanjutnya pilih Metode Pembayaran

  • Kemudian pilih LinkAja

  • Lalu lanjutkan orderan dengan menekan tombol Pesan Sekarang
  • Setelah itu orderan akan diproses dan saldo Anda akan berkurang sesuai nominal yang tertera pada tagihan 

Jika terjadi kendala saat pembayaran, bisa jadi Anda belum menambahkan LinkAja ke Grab. Jadi, sebelum membayar dengan LinkAja, lakukan verifikasi terlebih dahulu.

Sangat mudah, kan? Jadi, bila ingin memilih metode pembayaran, Anda tinggal tekan titik tiga, lalu pilih metode pembayaran yang diinginkan. Sampai sekarang Grab sudah menghadirkan tiga pilihan, yakni Ovo, LinkAja, dan tunai.

Meskipun belum sepopuler DANA, OVO, maupun GoPay, namun adanya kerja sama dengan Gojek dan Grab terlihat cukup mampu mendongkrak pertumbuhan pengguna LinkAja setiap bulannya. Bahkan sampai saat ini LinkAja sudah digunakan lebih dari 50 juta orang.

Itulah beberapa cara mengaitkan LinkAja ke Grab yang bisa Anda coba. Selain LinkAja, Anda juga bisa memilih Ovo sebagai metode pembayaran alternatif kalau kondisi dompet sedang menipis.