Satlantas Bandar Lampung Mulai Uji Coba Tilang Elektronik, Ini Titik Kameranya!

Kabarnya satlantas bandar lampung sudah mulai ujicoba layanan tilang elektronik di beberapa titik di pusat kota bandar lampung. Dengan Kamera yang sup

Ruangojol.com - Halo Bandar Lampung? kali ini admin akan berbagi informasi terbaru seputar lalu lintas bandar lampung nih!

Kabarnya satlantas bandar lampung sudah mulai ujicoba layanan tilang elektronik di beberapa titik di pusat kota bandar lampung. Dengan Kamera yang super canggih tentunya.

Satlantas Bandar Lampung Mulai Uji Coba Tilang Elektronik, Ini Titik Kameranya!

Buat teman-teman ojol di lampung tentu harus mengetahui hal ini. diharapkan untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas.. jangan melanggar dan lengkapi semua berkas kendaraan sebelum menjalankan orderan.

Berikut ini informasi yang admin ambil dari idtimes Lampung.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, telah mencanangkan penerapan penegakan aturan lalu lintas berbasis elektronik dalam waktu dekat di seluruh Indonesia. Tak terkecuali di Kota Bandar Lampung.

Sosialisasi pemberlakuan tilang elektronik dilakukan karena masih banyak masyarakat belum paham bagaimana sistem tilang elektronik. Pelaksanaan program uji coba bertajuk Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan meniadakan tilang lalu lintas secara konvensional.

Peran polantas nantinya di jalan hanya fokus pembantuan lalu lintas. Sementara proses penilangan bagi pengendara yang melanggar dilakukan secara otomatis ETLE.  

Sistem penerapan E-TLE bagi pelanggar lalu lintas.

Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, AKP Rafli Yusuf Nugraha, mengatakan, cara kerja sistem ETLE yakni merekam pelangggar lalu lintas dengan sejumlah kamera beresolusi tinggi, khususnya sepanjang jalan protokol.

Lalu foto tersebut dijadikan sebagai bukti. Sistem ETLE selanjutnya akan mengirimkan surat tilang ke alamat pelanggar berdasarkan data sesuai plat nomor kendaraan pelanggar. 

Lampung baru melakukan survei di dua titik jalan tol.

Kasat PJR Ditlantas Polda Lampung, Kompol Azial Fikri dalam konferensi, Selasa (2/2/2021), mengatakan, pihaknya baru melakukan survei di dua titik jalan tol.

"Satu titik di KM 38 jalur Bandung yaitu dari Palembang menuju Bakauheni. Sedangkan jalur Ambon dari Bakauheni menuju Palembang itu ada di KM 54. Kemarin kita survei dulu terus tentukan titik dulu," jelasnya.

Menurut Fikri, pemasangan CCTV ETLE ini masih dalam tahap perencanaan. Sembari menunggu proses survei tersebut pelaksanaan kegiatan manual pun tetap berjalan.

Sedangkan di Kota Bandar Lampung akan dipasang lima titik ETLE berlaku pada 17 Maret 2021. Pihaknya berharap pemasangan ETLE ini pengguna jalan semakin tertib. Dan nantinya ETLE juga bisa dipasang di kabupaten/kota lainnya di Lampung terutama jalan tol yang sering terjadi pelanggaran.

Pelanggar tak bisa hadir bisa menitipkan uang melalui bank

Sosialisasi Ditlantas Polda Lampung terkait perencanaan pemasagan ETLE di Bandar Lampung (IDN Times/Silviana)

Sosialisasi Ditlantas Polda Lampung terkait perencanaan pemasagan ETLE di Bandar Lampung (IDN Times/Silviana)

Jika ETLE sudah berlaku nantinya, surat tilang harus dilampiri dengan bukti rekaman alat penegakan hukum elektronik. Itu disampaikan kepada pelanggar sebagai pemberitahuan dan panggilan untuk hadir dalam sidang pengadilan. 

Namun jika pelanggar tidak dapat memenuhi panggilan untuk hadir dalam sidang pengadilan, pelanggar dapat menitipkan uang melalui bank yang ditunjuk oleh pemerintah. Sehingga perkara pelanggaran lalu lintas yang diputus pengadilan dapat digelar tanpa kehadiran pelanggar.

Lima titik tilang ETLE di Bandar Lampung

Berikut daftar lima titik tilang ETLE akan dipasang Kota Bandar Lampung

  1. Jalan Sultan Agung (TL Kimaja)
  2. Jalan Cut Nyak Dien (TL Tamin)
  3. Jalan Pattimura (TL Begadang Resto)
  4. Jalan ZA. Pagar Alam (JPO UBL)
  5. Jalan Kartini (JPO Garuda)

Kemudian kamera pemantau juga akan dipasang di 10 titik lokasi yakni:

  1. Jalan Imam Bonjol (Flyover Kemiling)
  2. Jalan ZA. Pagar Alam (Tugu Radin Intan)
  3. Jalan Ryacudu (Simpang Airan)
  4. Jalan RE. Martadinata (Suka Maju)
  5. Jalan Soekarno Hatta - Simpang Jalan Ambon)
  6. Bundaran Tugu Adipura
  7. Jalan Wolter Mongonsidi (TL Gubernur)
  8. Jalan Malahayati (Bank BCA)
  9. Jalan Sudirman (Flyover Sudirman)
  10. Jalan Raden Imba Kusuma (Tugu Durian)
Nah itulah informasi seputar pemberlakuan tilang elektronik di bandar lampung. semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. sekian dari admin. salam satu aspal bersama ruang ojol indonesia.