Cara Memberi Bintang Gojek dan Mengubah Rating

Ruangojol.com - Sudah sewajarnya semua pengguna memahami cara memberi rating driver Gojek. Sebab, ini bisa jadi acuan bagi driver untuk meningkatkan pelayanan. Selain itu, kalau rating yang diberikan bagus, akan berpengaruh baik pada kinerja akun driver.

Cara Memberi Bintang Gojek dan Mengubah Rating

Namun, jika kamu memberikan rating rendah, reputasi driver bisa jelek dan kemungkinan akan sulit mendapatkan penumpang. Untuk itu, jangan pernah main-main dengan rating atau penilaian ojek online.

Nah, jika kamu ingin memberi rating kepada driver tapi tidak tahu caranya, kali ini akan dijelaskan cara memberi bintang Gojek dan pembahasan singkat tentang mengubah rating di aplikasi.

Pentingkah Rating/Bintang Bagi Driver?

Bintang adalah acuan yang digunakan Gojek untuk mengetahui kinerja mitra. Ini nantinya akan dikalkulasikan dengan 25 orderan terakhir dan menunjukkan rating dari driver tersebut. Jadi, sederhananya rating sangat penting bagi driver.

Dengan memberikan rating jelek ditambah komentar yang tidak pantas, driver akan kena sanksi atau suspend. Sehingga ia tidak bisa ngebid untuk waktu yang telah disepakati. Kalau sudah seperti ini, sama saja kamu menghalangi rezeki orang.

Padahal, alasan kamu memberikan rating jelek mungkin hanya karena masalah sepele, seperti tidak pakai jaket, waktu jemput terlambat, atau kendaraan berbeda.

Baca Juga: Cara Pesan GoBox dan Tarif Terbaru

Bahkan, beberapa waktu lalu ada driver yang harus rela akunnya di-suspend karena penumpang kasih bintang 1 karena uang kembalian kurang. Miris, kan? Hanya karena kurang Rp200 orang lain kehilangan pekerjaannya.

Meskipun ada kekurangan, sebaiknya sampaikan saran langsung via chat Whatsapp dengan sopan. Jangan sampai jempol kita menyebabkan orang lain kelaparan. Bisa jadi dia punya istri dan anak yang harus diberi sesuap nasi.

Cara Memberi Bintang Gojek dan Mengubah Rating

Sebagai penumpang, memberi penilaian pada driver sangat diperlukan. Biasanya, fitur rating akan muncul setelah perjalanan sudah selesai. Namun, ada metode lain yang bisa dilakukan. Silahkan simak cara kasih rating driver Gojek di bawah ini.

  • Di halaman aplikasi masuk ke menu Profil Saya
  • Kemudian tap Pesanan dan tap opsi Riwayat
  • Lalu pilih orderan sebelumnya yang belum diberi rating
  • Setelah itu, berikan bintang 1-5 sesuai keinginan
  • Selanjutnya ketik komentar atau ulasan kalau dibutuhkan
  • Terakhir tap tombol Selesai

Jika lupa memberikan tip kepada driver, kamu bisa masuk ke opsi Bantuan di dekat detail pesanan. Setelah itu pilih “Masalah pada pembayaran”. Lalu lanjutkan dengan mengikuti panduan yang diberikan hingga driver menerima tip melalui GoPay.

Bisakah Mengubah Rating Gojek?

Setelah membahas tentang cara memberikan bintang Gojek, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang mengubah rating. Sebab, tak sedikit pengguna yang bertanya-tanya, “apa bisa mengubah rating Gojek?”.

Berdasarkan kebijakan layanan, rating hanya bisa diberikan sekali dan tidak dapat diubah atau diedit. Jadi, kalau kamu tak sengaja memberikan rating rendah ke driver, solusi terbaik adalah minta maaf dan sampaikan alasan yang logis.

Untuk driver, kalau terlanjur menerima penilaian buruk dari penumpang, cara menaikkan rating Gojek bisa dengan meningkatkan pelayanan agar mendapatkan bintang 5 sebanyak-banyaknya.

Kesimpulan

Kesimpulan dari ulasan di atas adalah rating dapat diberikan dengan mudah. Selain itu, pengguna layanan tidak bisa mengubah bintang di GoFood maupun GoRide. Jadi, bijaklah ketika menilai kinerja driver agar pekerjaan mereka tetap lancar.

Jadi,m Itulah panduan tentang cara memberi bintang Gojek dan mengubah rating yang bisa kamu terapkan jika baru menggunakan aplikasi ojek online. Semoga bermanfaat!