Kenapa Akun Grab Ditangguhkan? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ruangojol.com - Setiap harinya pasti ada driver maupun penumpang mengeluh akun Grab di-suspend. Meskipun alasannya bisa beragam, tapi biasanya ini disebabkan karena sistem Grab mendeteksi aktivitas mencurigakan atau rating yang terlalu rendah.

Kenapa Akun Grab Ditangguhkan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bicara soal rating, driver yang selalu mendapat keluhan dari penumpang posisinya sangat berbahaya. Memang, dalam tahap ini masih sebatas pembekuan, tapi kalau sudah semakin parah, Grab akan menonaktifkan akun secara permanen.

Penyebab Akun Grab Ditangguhkan

Nah, bagi kamu yang bertanya-tanya kenapa akun Grab ditangguhkan, mungkin ulasan di bawah ini bisa membantu. Selain itu, ada juga panduan untuk pemutihan akun Grab driver yang bisa kamu coba.

1. Sering Cancel Orderan

Bukan hanya driver, penumpang bisa kena sanksi bila sering membatalkan orderan. Awalnya pihak Grab akan memberikan peringatan, namun kalau ke depannya tidak ada perubahan, akun kamu bisa ditangguhkan tanpa pemberitahuan.

Kalau ada alasan logis yang membuat kamu ingin cancel orderan, sebaiknya sampaikan langsung ke penumpang agar mereka tidak membuat laporan ke pihak operator.

2. Rating Jelek

Selanjutnya, rating serta review negatif juga bisa jadi penyebab suspend Grab. Untuk itu, ketika menjalankan orderan sebaiknya berikan pelayanan terbaik. Jangan sampai konsumen kecewa yang membuat dia memberi rating jelek.

3. Terdeteksi Aktivitas Mencurigakan

Bagi penumpang yang sering melakukan order fiktif, jangan heran kalau suatu saat akun Grab dibekukan. Pun juga dengan driver yang kedapatan mencurangi sistem dengan meminta teman untuk order atau order sendiri menggunakan hp lain.

Aplikasi Grab itu memiliki sistem keamanan yang canggih. Jadi jangan pernah berpikir untuk curang demi keuntungan dan kepuasan pribadi.

4. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Kalau dulu mungkin aplikasi tambahan masih bisa digunakan secara bebas, tapi sekarang jangan harap. Banyak akun Grab ditangguhkan karena terdeteksi memakai aplikasi pihak ketiga, seperti Fake GPS dan Penerima Order Otomatis.

Cara Mengatasi Akun Grab Ditangguhkan

Sebenarnya solusi jika akun Grab dibekukan sangat mudah. Namun, untuk melakukannya butuh waktu yang cukup lama. Berikut beberapa cara mengatasi penangguhan akun Grab driver dan penumpang.

1. Mengajukan Banding via Online

Solusi pertama bisa dengan mengajukan banding. Tapi proses ini hanya berlaku untuk akun Grab penumpang, serta tidak menjamin akun akan dipulihkan. Kalau pelanggarannya sudah terlalu berat, maka otomatis akun akan dinonaktifkan permanen.

  • Pertama buka website https://www.grab.com/sg/appeal/?lang=id
  • Isi semua formulir yang terlampir
  • Berikan alasan yang jelas kenapa akun Grab ditangguhkan
  • Jika sudah, centang Ketentuan Layanan
  • Terakhir klik tombol Submit

Perlu diperhatikan, formulir harus diisi sesuai data saat pendaftaran. Setelah pengajuan terkirim, pihak Grab akan memprosesnya dan hasil banding akan keluar maksimal 14 hari kerja.

2. Datang ke Kantor Grab

Kalau banding sudah dilakukan namun tidak ada tanggapan, sebaiknya datang langsung ke kantor Grab. Meskipun alasan pembekuan sangat rumit, biasanya Grab akan memberikan pemutihan akun karena kamu punya niat yang serius.

3. Hubungi Grab via Twitter

Meskipun terlihat tidak logis, namun nyatanya Twitter menjadi media sosial paling ampuh untuk menumpahkan keluhan. Pernah suatu hari saya menanyakan soal akun Grab yang ditangguhkan, ternyata respon admin Grab sangat baik.

Saat itu juga ada solusi yang diberikan, bahkan tidak butuh waktu lama akun berhasil diaktifkan kembali tanpa harus datang ke kantor Grab atau membuat form pengajuan.

Baca Juga: Anteraja Gandeng Grab dalam Pengiriman Barang

Berapa lama penangguhan akun Grab? Kalau pelanggarannya tergolong ringan, akun akan dinonaktifkan selama 3 sampai 7 hari. Tapi kalau sudah terlampau berat, akun bisa di-suspend permanen.

Kesimpulan

Sudah jelas kan kenapa akun Grab suspend atau ditangguhkan? Jika tidak ingin masalah ini terjadi, sebaiknya gunakan aplikasi dengan bijak. Jangan pernah berniat untuk melakukan aktivitas yang melanggar kebijakan Grab.

Itulah beberapa penyebab serta cara mengatasi akun Grab ditangguhkan yang dirangkum berdasarkan penjelasan dari pihak Grab. Semoga bermanfaat!