Syarat, Link, dan Cara Daftar Kurir Shopee Express Terbaru 2021

Inilah panduan tentang cara daftar kurir Shopee Express terbaru 2021 lengkap dengan persyaratan serta link pendaftaran online.

Ruangojol.com - Setelah menjaring banyak tenaga kerja, beberapa waktu lalu Shopee kembali membuka lowongan kurir Shopee Express. Ini merupakan jasa pengiriman barang khusus yang diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan pelanggan.

Syarat, Link, dan Cara Daftar Kurir Shopee Express Terbaru 2021

Seperti yang kita tahu, Shopee menempati urutan teratas sebagai platform belanja online terbaik, bersanding dengan Tokopedia. Perusahaan asal Singapura ini terus memperbaiki layanan guna menarik minat masyarakat.

Nah, bagi kamu yang punya pengalaman di bidang pengiriman barang, kali ini kami akan mengulas cara daftar kurir Shopee Express serta persyaratan dan link pendaftaran.

Syarat Pendaftaran Kurir Shopee Express

Seperti lowongan kerja pada umumnya, sebelum mendaftar kamu harus mempersiapkan beberapa dokumen serta memastikan semua persyaratan terpenuhi. Yang pertama tentu harus bisa mengendarai motor atau mobil.

Selengkapnya simak syarat daftar kurir Shopee Express motor dan mobil di bawah ini.

  1. Umur maksimal 35 tahun
  2. Punya SIM C (motor) SIM A (mobil) yang masih aktif
  3. Punya kendaraan pribadi dengan kondisi baik
  4. Surat kendaraan lengkap dan masih berlaku
  5. Pendidikan terakhir SMA/SMK sederajat
  6. Punya smartphone Android minimal RAM 3GB
  7. Memahami rute di wilayah penempatan
  8. Surat wajib pajak atau NPWP
  9. Rekening bank BCA atas nama sendiri
  10. Surat domisili dari RT/RW

Syarat punya kendaraan pribadi hanya berlaku untuk kurir motor. Sedangkan kurir mobil tidak wajib karena pengantaran menggunakan mobil dari perusahaan.

Cara Daftar Kurir Shopee Express

Perlu diketahui, proses pendaftaran hanya dikalukan secara online. Setelah diterima, baru mengikuti pelatihan offline di kantor Shopee terdekat. Jika dirasa kamu memenuhi kualifikasi di atas, simak cara daftar driver Shopee Express berikut ini.

  1. Kunjungi link pendaftaran Shopee Express
  2. Jabodetabek bit.ly/pendaftaran-mitraspx-jakarta2 dan luar Jabodetabek bit.ly/pendaftaran-mitraspx-nonjabo
  3. Kemudian isi semua kolom formulir yang diminta
  4. Pastikan tidak ada kolom yang terlewatkan
  5. Setelah sampai ke bagian bawah, cek satu per satu kolomnya untuk memastikan
  6. Terakhir klik Kirim

Dalam pengisian formulir, pastikan data diri maupun kendaraan diisi dengan benar. Permohonan tidak akan diterima bila dokumen kurang lengkap. Jika memenuhi syarat, pihak Shopee Express akan menghubungi kamu via Whatsapp.

Sepenuhnya pendaftaran mitra driver Shopee Express tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi, kalau ada pihak yang meminta uang, dapat dipastikan itu palsu. Disamping itu, pendaftaran resmi hanya melalui link yang tertera pada artikel ini.

Gaji dan Tunjangan Kurir Shopee Express

Seorang kurir memang punya tanggung jawab besar. Mereka harus memastikan paket sampai ke tangan pelanggan dalam kondisi baik. Oleh karena itu, gaji kurir Shopee Express bisa lebih dari upah minimum di masing-masing daerah.

Berdasarkan informasi dari kurir di Jakarta, rata-rata mereka menerima Rp3.700.000 sampai Rp4.000.000 per bulan, itu pun belum termasuk tunjangan dan bonus.

Adapun tunjangan yang dimaksud adalah uang makan, intensif kendaraan, BPJS, dan lain sebagainya. Dengan gaji yang sangat besar, tak heran masyarakat sangat antusias untuk mendaftar jadi mitra driver Shopee Express.

Tapi sekali lagi, gaji besar juga menuntut tanggung jawab yang besar. Misalnya ada kehilangan paket, kurir wajib mengganti sesuai harga dari paket tersebut.

Kesimpulan

Berbeda dari jasa pengiriman lainnya, tugas kurir Shopee Express hanya mengirimkan paket dari penjual terpilih di platform Shopee. Namun, tak menutup kemungkinan Shopee Express akan menjadi pesaing JNE, TIKI, maupun SiCepat.

Jadi itulah panduan lengkap tentang cara daftar kurir Shopee Express untuk motor dan mobil. Meskipun sangat mudah, harap perhatikan semua dokumen serta persyaratan agar prosesnya berjalan lancar.