Cara Upload Bukti Pembayaran Shopee Food Driver Terbaru 2021

Ruangojol.com - Sebagai layanan pesan antar makanan, Shopee Food tentu punya prosedur operasional untuk driver. Salah satunya mengupload bukti pembayaran Shopee Food. Hal ini bertujuan agar konsumen tahu berapa uang yang dikeluarkan driver untuk orderan mereka.

Cara Upload Bukti Pembayaran Shopee Food Driver Terbaru 2021

Selain itu, dengan memberikan bukti atau struk pembayaran, konsumen juga bisa langsung menyiapkan uang tanpa harus menunggu driver sampai ke titik pengantaran.

Karena layanan dari Shopee ini masih tergolong baru, mungkin masih banyak driver yang belum tahu cara upload bukti pembayaran Shopee Food. Untuk itu, agar tidak bingung saat ada orderan, simak ulasan di bawah ini sampai tuntas, ya!

Apa Fungsi Bukti Pembayaran ShopeeFood?

Struk pembayaran merupakan bagian dari prosedur operasional pengemudi Shopee Food. Jadi, sebelum menuju ke tempat konsumen, struk tersebut harus difoto sebagai bukti bahwa driver sudah menjalankan orderan.

Struk pembayaran shopee food
Lantas, bagaimana kalau struk tersebut tidak di-upload? Kemungkinan konsumen tidak mau membayar karena merasa curiga dengan nominalnya, atau yang lebih parah akun Shopee Food driver ditangguhkan.

Loh, kok bisa sampai ditangguhkan? Ya di dalam struk kan tertera alamat resto, tanggal, jenis pesanan, dan total pmbayaran. Jadi, kalau struk tidak dilampirkan, driver dicurigai melakukan manipulatif harga.

Disamping itu, bisa jadi driver memesan makanan di resto yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen. Sehingga, fungsi struk atau bukti pembayaran sangat vital bagi driver.

Cara Upload Bukti Pembayaran Shopee Food Driver

Sebelum membahas cara upload struk di aplikasi Shopee Food, kamu juga harus tahu apa saja ketentuannya. Ini penting agar bukti pembayaran tersebut dapat diterima oleh konsumen dan sesuai dengan SOP Shopee Food.
  1. Pengambilan gambar/foto harus menampilkan keseluruhan struk (full)
  2. Foto harus jelas dan tidak boleh buram
  3. Struk harus sesuai dengan resto yang tertera di aplikasi
  4. Wajib memberikan struk kepada konsumen
Syarat di atas berdasarkan kebijakan dari Shopee yang harus dipahami semua driver. Agar akun kamu tidak dicap negatif atau bahkan di-suspend, sebaiknya taati poin-poin di atas, ya!buruk bagi akun driver kalian.

Sebenarnya cara upload bukti pembayaran Shopee Food sangat mudah. Setelah pihak resto selesai membuat pesanan, pengemudi tinggal meminta struk untuk kemudian difoto melalui aplikasi ShopeeFood Driver.

Kalau kamu belum paham langkah-langkahnya, simak penjelasan berikut ini:
  • Pertama jalankan orderan seperti biasa sampai kamu membayar ke pihak resto
  • Kemudian saat masuk ke halaman rincian pesanan, klik tombol “Upload Struk”
  • Pada halaman Upload Struk klik "Ambil Foto"
  • Selanjutnya arahkan kamera ke struk pembayaran
  • Lalu klik tombol bulat dan klik centang
  • Kalau fotonya buram, klik tanda silang dan foto lagi struknya
  • Setelah itu klik "Ajukan"
  • Tunggu sebentar hingga foto berhasil di unggah
Sampai tahap ini cara upload bukti pembayaran Shopee Food sudah selesai. Selanjutnya tinggal antar pesanan ke alamat konsumen yang tertera di aplikasi driver.

Perlu diperhatikan, ketika menuju titik pengantaran, tempatkan makanan dan minuman dengan baik. Usahakan jangan tumpah atau rusak. Sebab, konsumen pasti akan kecewa dan tidak segan-segan memberikan bintang 1.

Penutup

Seperti yang kita tahu, Shopee Food mulai bersaing dengan GrabFood dan GoFood sebagai layanan pesan antar makanan. Popularitasnya pun kian meningkat sejak penawaran voucher dan promo menarik di berbagai merchant.

Meskipun terlihat mudah, tapi masih banyak driver yang belum tahu cara upload bukti pembayaran Shopee Food. Nah, dengan panduan di atas, kamu tak perlu bingung lagi ketika menerima orderan makanan atau minuman dari konsumen.