Bingung Tidak Dapat Membuka Aplikasi GrabMerchant? Simak penyebab dan solusinya!

Ruangojol.com - Belum lama ini, banyak mitra GrabMerchant mengalami masalah dimana aplikasi tidak bisa digunakan, dengan masalah seperti ini tentunya merugikan semua pihak. Tak heran jika banyak partner yang ingin tahu cara mengatasi aplikasi GrabMerchant yang tidak bisa dibuka.

Bingung Tidak Dapat Membuka Aplikasi GrabMerchant? Simak penyebab dan solusinya!

Apalagi setiap restoran yang tergabung dalam layanan GrabFood sangat bergantung pada aplikasi tersebut, misalnya untuk mengatur menu, buka tutup, terima pesanan dan masih banyak lagi fungsi dari aplikasi GrabMerchant. Berkaitan dengan masalah seperti ini sebenarnya ada solusi untuk mengatasinya, setiap mitra GrabFood harus tahu dari mana asal masalahnya.

Sama seperti Anda ingin mengubah nama restoran GRABFOOD, Anda diharuskan untuk mengakses aplikasi GrabMerchant dan ini tidak dapat dilakukan melalui akses karyawan karena hanya dapat dilakukan oleh pemilik restoran. Oleh karena itu, masalah tersebut harus diatasi terlebih dahulu agar aplikasi GrabMerchant dapat dibuka kembali.

Jika Anda salah satu mitra GrabMerchant yang menghadapi masalah seperti itu, maka diskusi ini akan sangat cocok untuk Anda. Jadi, jangan sampai ketinggalan dengan tujuan agar kalian semua paham dan jelas bagaimana cara mengatasi aplikasi GrabMerchant yang tidak bisa dibuka.
Aplikasi GrabMerchant tidak bisa dibuka

Hingga saat ini, tentunya banyak mitra GrabMerchant yang semakin penasaran dengan penyebab dan cara mengatasi aplikasi GrabMerchant yang tidak bisa di-unlock. Perlu diketahui juga bahwa cara ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah error aplikasi Grab, untuk lebih jelasnya lihat langsung seperti di bawah ini.

Dungsi Aplikasi GrabMerchan

Fungsi utama dari aplikasi GrabMerchant adalah memiliki akses untuk mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan restoran di GrabFood dan hanya pemilik yang dapat mengakses semua menu termasuk pendapatan harian. Itulah mengapa pentingnya aplikasi menjadi kerugian besar jika terjadi kesalahan pada sistem atau pada aplikasi secara langsung.

Penyebabkan Aplikasi GrabMerchant Tidak Bisa di Buka

Beberapa sumber masalah memblokir akses ke aplikasi GrabFood Merchant. Berikut beberapa alasan yang sering ditemui mitra GrabFood.
  1. Hal ini biasanya terjadi karena sistem dari Grab sedang dalam perbaikan, sehingga terjadi error atau bahkan aplikasi tidak bisa dibuka.
  2. Sambungan Internet ke perangkat HP tidak stabil atau penyedia sedang digunakan sebentar-sebentar.
  3. Mitra masih menggunakan aplikasi versi lama yang tidak lagi didukung.
  4. Cache telah terakumulasi di aplikasi atau perangkat dan menyebabkan kesalahan.

Cara mengatasi aplikasi GrabMerchant tidak bisa dibuka

Jika sudah tahu apa masalahnya, otomatis akan lebih mudah mencari solusi sehingga bisa dibuka kembali. Nah, untuk mempersingkat waktu, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Pastikan koneksi internet stabil

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan koneksi internet perangkat HP Anda tetap lancar, karena setiap aplikasi dapat berjalan dengan lancar jika terhubung ke internet.

Bahkan jika masalahnya adalah karena itu, solusi yang paling tepat adalah mengganti yang dianggap lebih stabil. Atau tidak terhubung ke wifi karena koneksi internet pasti akan tetap stabil meskipun digunakan oleh banyak perangkat.

2. Hapus aplikasi GrabMerchant

Solusi selanjutnya adalah hapus aplikasi GrabMerchant di perangkat HP Anda, setelah berhasil uninstall, lalu unduh aplikasinya melalui Playstore. Untuk mengunduh aplikasinya, kami rasa tidak perlu dijelaskan, tentu saja para mitra tahu betul cara melakukannya.

Ketika unduhan berhasil, cukup masuk ke akun dengan memasukkan alamat email yang sebelumnya terdaftar. Biasanya cara ini adalah solusi yang paling cocok dan dari beberapa rekanan yang menggunakan cara ini berhasil dan aplikasi bisa dibuka.

3. Tunggu hingga sistem normal

Ketika masalah tersebut disebabkan oleh kesalahan sistem dari Grab, tidak ada cara lain untuk menyelesaikan masalah seperti ini kecuali menunggu sistem kembali normal. Jadi mitra GrabFood bersabar dan berusaha mencari kejelasan dengan para pihak terkait masalah yang terjadi.

Sedangkan untuk menghubunginya sangat mudah, cukup akses pusat bantuan atau langsung hubungi Grab untuk bertanya, siapa tahu ada solusi atau jalan keluar agar aplikasi bisa dibuka kembali.

4. Hapus cache

Kemudian cara yang terakhir adalah dengan cara clear cache baik di app maupun melalui setting di perangkat HP dan cara ini biasanya terbukti berhasil dalam menyelesaikan masalah. Cara mengosongkan cache cukup mudah, karena bisa dilakukan langsung melalui setting HP.

Jika Anda adalah mitra Grabfood dan tidak tahu cara menghapus cache, kami jelaskan di sini. Silahkan buka menu setting lalu lanjutkan mencari menu aplikasi dan lanjutkan mencari aplikasi Grab, lalu klik clear cache. Setelah itu, aplikasi GrabMerchant dibuka kembali dan biasanya pengguna bisa langsung membukanya.
Jika cara diatas sudah dicoba tapi hasilnya masih sama, sebaiknya hubungi call center atau help center terlebih dahulu. Caranya sendiri mudah, silahkan kunjungi website resminya lalu pilih help center lalu klik merchantnya.
Setelah itu, klik saja direktori aplikasi dan portal GrabMerchant, lalu pilih aplikasi GrabFood Merchant, saya punya masalah. Nanti akan muncul form yang tersedia, silahkan isi dengan benar atau tidak langsung, tinggal klik "contact us" di bagian bawah sendiri.

kesimpulan

Sejauh ini dapat disimpulkan bahwa untuk setiap masalah seperti itu pasti ada jalan keluarnya, asalkan pengguna sebelumnya sudah mengetahui sumber masalahnya. Jika beberapa cara ini tidak berhasil, alternatifnya adalah menghubungi call center GrabFood.

Nah, demikianlah pembahasan lengkap mengenai masalah tidak bisa membuka aplikasi GrabMerchant, disertai dengan alasan dan cara mengatasinya. Kami berharap informasi seperti di atas akan membantu semua pengguna yang membutuhkan.