Syarat dan Cara Mengajukan Klaim Asuransi Driver Shopee Food 2021

Ruangojol.com - Bekerja sebagai driver Shopee Food memang cukup menjanjikan, namun risiko yang dihadapi juga cukup tinggi karena sebagian besar waktu dihabiskan di jalan. Untungnya, Shopee Food memberikan asuransi pada driver jika terjadi musibah atau kecelakaan.

Syarat dan Cara Mengajukan Klaim Asuransi Driver Shopee Food


Seperti yang kita tahu, Shopee Food adalah layanan pesan antar dari Shopee. Kalau dibandingkan GrabFood dan GoFood, popularitasnya memang masih tertinggal jauh. Terlebih, area operasional masih sebatas pulau Jawa saja.

Meskipun sudah dijelaskan saat interview, namun masih banyak yang belum tahu cara mengajukan klaim asuransi driver Shopee Food. Untuk itu, kali ini admin akan jelaskan rangkaian prosedurnya serta syarat yang dibutuhkan.

Jenis Asuransi yang Bisa Diklaim Driver Shopee Food

Bagi yang tidak tahu, asuransi driver merupakan komitmen dari Shopee Food untuk menjamim keselamatan semua mitra. Untuk perusahaan asuransi, Shopee menggandeng Salvus yang sudah berpengalaman di Indonesia.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, kamu harus tahu apa saja jenis klaim asuransi yang ditawarkan Shopee Food.

1. Klaim Tunai (Reimbursement)

Pertama ada Reimbursement atau klaim tunai. Ini merupakan asuransi khusus bagi driver yang terkena musibah dan harus menjalani perawatan. Namun, jenis ini hanya bisa diajukan setelah mitra melakukan pembayaran rumah sakit.

Nantinya, uang tersebut akan diganti jika memenuhi kriteria dari Salvus. Meskipun harus mengeluarkan uang di awal, kamu bisa mengakalinya dengan meminjam ke teman atau menggunakan aplikasi pinjol.

2. Klaim Non Tunai (Cashless)

Selanjutnya ada klaim non tunai yang dapat digunakan di semua rumah sakit rekanan Salvus. Berbeda dari yang pertama, jenis asuransi ini dapat diajukan sebelum mitra dirawat. Jadi, kamu bisa sedikit lebih tenang karena tak perlu memikirkan biaya lagi.

Syarat Mengajukan Klaim Asuransi Driver Shopee Food

Sudah paham kan apa saja jeni-jenisnya? Kalau saat ini kamu ingin menggunakan asuransi, simak dulu beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan klaim asuransi driver Shopee Food.
  1. Saat terjadi kecelakaan, status driver harus aktif dalam 24 jam terakhir
  2. Mengenakan atribut Shopee Food
  3. Wajib memiliki identitas diri, seperti e-KTP dan SIM yang masih berlaku
  4. Dokumen kendaraan lengkap
  5. Tidak ada riwayat pelanggaran
  6. Melampirkan waktu dan keadaan lokasi kejadian
  7. Meminta data-data dari pihak yang terlibat
  8. Selain itu, pastikan juga kalau smartphone yang kamu gunakaan masih berfungsi untuk merekam atau mengambil foto dari tempat kejadian.

Cara Klaim Asuransi Driver Shopee Food

Nah, kalau semua syarat di atas sudah terpenuhi, berikutnya kamu bisa menyimak prosedur atau cara mengajukan klaim asuransi driver Shopee Food di bawah ini.
  • Mendapatkan perawatan di rumah sakit rujukan Salvus
  • Melengkapi semua syarat dan berkas yang tertera di atas
  • Datang langsung ke kantor PT Salvus Inti dengan membawa bukti kejadian
  • Hubungi call center Salvus di (021) 56953505 kalau masih kurang jelas
Adapun alamat kantor Salvus berada di Jalan Tomang Raya No. 37F DKI Jakarta 11440. Kalau kondisi kamu masih parah, sebaiknya minta bantuan ke keluarga dengan membuat surat kuasa yang ditanda tangani di atas materai.

Kesimpulan

Sangat mudah, kan? Meskipun harus datang ke kantor Salvus, namun kamu tak perlu khawatir karena prosesnya lumayan singkat. Apalagi Shopee Food juga memberikan panduan klaim asuransi di aplikasi driver.

Demikian ulasan tentang syarat dan cara mengajukan klaim asuransi driver Shopee Food yang wajib diketahui semua mitra kalau mendapat musibah di jalan. Agar hal ini tak lagi terulang, selalu perhatikan keamanan dan keselamatan kerja, ya!