Cara Daftar Bibit Tanpa Rekening Bank yang Perlu Diketahui

Ruangojol.com - Bibit adalah aplikasi khusus investasi yang bisa dipakai berbagai kalangan masyarakat. Saat ini, Bibit termasuk aplikasi yang marak digunakan karena berbagai kelebihannya. Salah satunya adalah cara mendaftarnya yang mudah meski tanpa rekening bank. Cara daftar Bibit tanpa rekening bank bisa dipraktikkan dengan beberapa langkah mudah.

Pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan caranya secara mendetail. Mulai dari pengunduhan aplikasinya, hingga proses akhir registrasi. Bagi yang baru pertama kali melakukan pendaftaran aplikasi ini, mungkin akan terasa asing. Agar lebih mudah, perhatikan setiap runtutan poin di bawah ini dengan cermat dan teliti:

1. Unduh Aplikasi dan Isi Kuisioner

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengunduh aplikasi Bibit yang akan dipakai. Setelah itu, pastikan untuk memasangnya di perangkat. Biasanya, proses pemasangan akan dilakukan secara otomatis oleh sistem. Pastikan memiliki internet yang lancar untuk proses pengunduhan dan pemasangan aplikasi ini.

Setelah proses pengunduhan dan pemasangan selesai, maka bisa dilanjutkan dengan membuka aplikasinya. Apabila sudah terbuka, jangan lupa masukkan tanggal lahir. Kemudian isi beberapa pertanyaan kuisioner. Tujuan pengisian kuisioner ini adalah untuk mengetahui tujuan investasi yang akan dilakukan.

2. Masukkan Nomor HP dan Kode Referal

Setelah pengisian kuisioner selesai dan pengguna sudah memencet tombol "Lanjut Registrasi", maka proses sudah bisa dilanjutkan. Pada halaman selanjutnya, pengguna diwajibkan untuk mengisi nomor HP yang dipakai. Untuk nomor HP ini pastikan yang masih aktif dipakai untuk kegiatan komunikasi sehari-hari.

Untuk proses selanjutnya, adalah memasukkan kode referral. Tujuan memasukkan kode ini adalah agar pengguna bisa mendapat cashback sebesar 25 ribu rupiah. Ada banyak kode referal yang bisa dipakai. Misal "danabibitgratis", "ambil25k", dan berbagai kode referal lainnya. Jika sudah, pencet tombol "Lanjutkan" untuk menuju menu selanjutnya.

3. Tambahkan Data Diri dan Foto KTP

Pada menu ini, pengguna diharuskan untuk melengkapi data diri yang diperlukan. Mulai dari email, pendidikan, jumlah pendapatan, sumber penghasilan, hingga nama bank. Karena tidak memiliki rekening bank, maka bisa memasukkan akun lain misal GoPay atau Link. Pastikan semua data ini diisi dengan benar.

Jika semua sudah terisi, cara daftar Bibit tanpa rekening bank bisa dilanjutkan dengan memasukkan foto KTP. Untuk foto KTP, ada dua bentuk yang diperlukan. Pertama foto full KTP, kedua foto selfie wajah dengan KTP. Setelah itu, jangan lupa untuk memasukkan tanda tangan sebagai bukti penyerahan data diri.

4. Buat PIN dan Verifikasi Email

Sebagai bentuk keamanan, untuk langkah selanjutnya adalah pembuatan PIN. Kode PIN yang dibuat harus unik dengan beberapa kombinasi angka. Pastikan untuk merahasiakan PIN ini dari siapa pun. Karena jika sampai tersebar, maka akan sangat berbahaya karena bisa disalahgunakan pihak yang tidak diketahui.

Apabila PIN yang unik sudah dibuat, pengguna harus melakukan verifikasi email. Karena pada proses sebelumnya sudah memasukkan alamat email, maka langsung cari saja email yang masuk. Akan ada link di dalamnya. Pencet saja link-nya, maka email akan terverifikasi secara otomatis oleh sistem Bibit yang dipakai.

5. Tunggu Proses Registrasi

Jika sudah pada proses di atas, maka tidak ada lagi data yang perlu dimasukkan. Langkah terakhir hanya menunggu pihak Bibit dan KSEI melakukan verifikasi data yang sudah dimasukkan tadi. Proses ini umumnya membutuhkan waktu sekitar 24 jam. Apabila ada email pemberitahuan proses selesai, maka akun Bibit sudah bisa dipakai.

Itulah runtutan cara daftar Bibit tanpa rekening bank yang bisa diaplikasikan dengan mudah. Untuk melakukan proses ini, pastikan untuk memiliki akun GoPay atau Link. Karena dua akun ini bisa dipakai untuk menggantikan rekening bank. Jika semua cara diaplikasikan dengan benar, maka tidak akan ada kendala berarti yang muncul.