6 Tips Mengoptimalkan Bisnis Agen Lion Parcel

Tips Mengoptimalkan Bisnis Agen Lion Parcel Lion Parcel membuka sistem keagenan bagi calon pemilik usaha yang berminat di jasa pengiriman barang jarak menengah hingga jarak jauh.


Sistem keagenan tersebut dapat dijangkau dengan modal administrasi Rp5.000.000,- dan biaya perlengkapan operasional yang cenderung ringan. Biaya tersebut juga sudah termasuk sejumlah perangkat marketing dan fasilitas lain khusus agen Lion Parcel.

Namun dengan kompetisi layanan pengiriman barang yang cukup tinggi di beberapa daerah, calon agen Lion Parcel perlu memperhatikan beberapa hal penting sejak usaha masih dalam tahap perencanaan.

Berikut ulasan admin tentang tips mengoptimalkan bisnis agen Lion Parcel.

Pemilihan Lokasi

Sebelum mendaftarkan diri atau badan usaha sebagai agen Lion Parcel, pastikan tempat yang akan menjadi lokasi usaha berposisi strategis.

Sangat dianjurkan memilih lokasi yang berada di sekitar keramaian lokal. Anda bisa memilih lokasi seperti minimarket, toko dalam mall, ataupun fasilitas umum lainnya seperti kantor kelurahan dan kantor layanan perbankan.

Semakin mudah lokasi usaha agen Lion Parcel Anda ditemukan, maka semakin tinggi juga potensi menjaring pelanggan baru.

Selain itu, lokasi yang lebih mudah diakses tentu dapat mempertahankan loyalitas pelanggan lama untuk tetap menggunakan jasa pengiriman melalui agen Lion Parcel milik Anda.

Jika kriteria tersebut tidak dapat dipenuhi karena beberapa kondisi, pastikan Anda mengatasi kendala akses dengan solusi tertentu seperti layanan penjemputan paket dan promosi yang masif.

Daftar Google Bisnisku

Setelah menentukan tempat yang ideal, Anda bisa langsung mendaftarkan layanan agen Lion Parcel ke Google Bisnisku (Google My Business).

Dengan layanan tersebut Anda akan mendapatkan sejumlah keuntungan dengan biaya mulai dari Rp0,- hingga fasilitas tambahan yang cukup terjangkau.

Google Bisnisku memungkinkan untuk dapat menambahkan informasi kontak, lokasi, deskripsi. Di layanan yang sama, terdapat ruang bagi pengguna Google lain untuk memberikan ulasan tentang layanan agen Lion Parcel Anda.

Dengan fasilitas tersebut, tentu layanan agen Lion Parcel Anda lebih mudah ditemukan dan diidentifikasi oleh calon konsumen.

Tambahkan Lokasi di GMaps

Jika Anda telah melakukan verifikasi Google Bisnisku, maka lokasi usaha agen Lion Parcel sudah bisa ditambahkan secara publik ke layanan Google Maps.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, informasi lokasi tersebut dapat membantu bisnis agen Lion Parcel lebih mudah ditemukan calon konsumen baru.

Selain pada layanan Google Maps, informasi ini juga akan secara otomatis ditemukan melalui layanan seperti Gojek, Grab, dan aplikasi lain yang juga menggunakan fasilitas GMaps.

Optimasi Halaman Facebook

Sasaran utama dari bisnis jasa pengiriman seperti agen Lion Parcel adalah pelaku bisnis online yang memiliki kebutuhan rutin akan jasa tersebut.

Mayoritas target konsumen tersebut tercatat cukup aktif di platform Facebook sebagai salah satu media sosial utama pilihan pelaku bisnis online.

Anda dapat memaksimalkan jangkauan calon konsumen dengan menempatkan informasi selengkap mungkin di halaman facebook.

Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan konten-konten sederhana dari rutinitas layanan agen Lion Parcel untuk Halaman Facebook tersebut.

Jangan lupa untuk menyisipkan kontak aktif di Halaman Facebook agar calon konsumen lebih mudah berkomunikasi dengan Anda.

Mempekerjakan Karyawan Lokal

Layanan jasa pengiriman seperti agen Lion Parcel memiliki jangkauan calon konsumen yang cenderung terbatas.

Umumnya konsumen merupakan orang-orang yang bertempat tinggal dan beraktivitas dekat dengan lokasi usaha layanan agen Lion Parcel.

Oleh karena alasan tersebut, kedekatan dari karyawan dengan masyarakat yang berdomisili di sekitar lokasi layanan adalah salah satu potensi untuk dikembangkan menjadi daya tarik layanan.

Hal ini cukup efektif dilakukan jika Anda membuka layanan di sekitar lokasi perumahan padat penduduk. Namun jika Anda membuka layanan di lokasi seperti mall atau ruko, hal ini tentu tidak berdampak besar.

Terlibat Program Sponsorship

Setelah bisnis agen Lion Parcel resmi beroperasi, Anda bisa memaksimalkan kesadaran dan kedekatan dengan pelanggan melalui aksi sponsorship.

Tentu bukan sembarang sponsorship, melainkan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengembangkan potensi peningkatan volume pengiriman barang ke dalam dan luar wilayah sekitar.

Kegiatan dengan kriteria tersebut dapat ditemukan pada aktivitas kreatif dari pemerintah lokal kabupaten, kecamatan, bahkan tingkat desa atau kelurahan.

Jika lokasi layanan agen Lion Parcel Anda cukup dekat dengan kampus, tentu banyak agenda mahasiswa yang juga memiliki keterkaitan dengan hal tersebut.