Sering Muncul Pertanyaan Apa Itu Koinworks? Begini Penjelasannya

Ruangojol.com - Menjalani kehidupan tentu saja membutuhkan sebuah biaya memenuhi setiap kebutuhan hidup. Banyak sekali kebutuhan yang perlu dipenuhi dimulai dari kesehatan, ekonomi, pendidikan dan lainnya.


Namun kebutuhan tersebut kini bisa diringankan dengan hadirnya aplikasi Koinworks. Tentu saja sebagian orang masih bertanya apa itu Koinworks dan bagaimana cara kerjanya.

Apa Itu Koinworks?

Terkait dengan pertanya apa itu Koinworks tentu saja hal ini berhubungan dengan sebuah software yang dapat membantu kehidupan seseorang. Koinworks sendiri merupakan sebuah platform berbasis pembayaran dengan sistem P2PL atau Peer to Peer Lending. Melalui layanan inilah seseorang individu maupun kelompok industri dapat melakukan investasi.

Tujuan investasi melalui Koinworks ini bertujuan untuk membantu para masyarakat yang sedang membutuhkan pendanaan. Tentu saja kehadiran dari platform ini sangat membantu pembiayaan yang memang butuh dana cepat. Dengan begitu, permasalahan terkait dengan pendanaan pendidikan, kesehatan, modal usaha dan lainnya bisa terselesaikan.

Jadi pada intinya Koinworks ini menjadikan pihak investor menjadi pemberi pendanaan bagi masyarakat yang membutuhkan. Kemudian platform ini akan melakukan pengolahan dengan baik sehingga keduanya mendapatkan keuntungan. Terkait dengan akses informasi lengkapnya juga sangat mudah yakni tinggal mengunjungi website resmi Koinworks.

Mekanisme Kerja Layanan Koinworks

Setelah mengetahui apa itu Koinworks dari penjelasan diatas tadi, maka pembahasan berikutnya adalah terkait mekanisme dari Koinworks. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan oleh peminjam agar prosesnya berhasil. Beberapa langkah-langkah singkatnya dapat dilihat di ulasan berikut ini:

1. Mengajukan Pinjaman

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh calon peminjam dengan menggunakan layanan Koinworks adalah mengajukan pinjaman dulu. Para peminjam harus melakukan kunjungan di website resmi Koinworks untuk melakukan pendaftaran akun. Pada layanan website Koinworks sudah disediakan langkah-langkah bagaimana melakukan pendaftaran.

Tentu saja pada proses pendaftaran harus mengisi beberapa data peminjam untuk dijadikan bukti dan jaminan. Pada tahapan pengisian biodata ini diharapkan untuk mengisinya dengan benar dan menggunakan identitas asli. Jika sudah melakukan pengisian dengan menggunakan identitas asli, maka tinggal langsung mendaftarkan akun.

2. Pra-persetujuan

Setelah melakukan pendaftaran di Koinworks, maka calon peminjam akan mendapatkan pemberitahuan oleh Customer Service. Para peminjam akan diberitahu terkait dengan bunga dan beberapa ketentuan lainnya. Apabila para peminjam setuju dengan ketentuan yang diberikan oleh Koinwork, maka proses peminjaman bisa dilanjutkan.

Sebaliknya jika ternyata para peminjam tidak menyetujui terkait dengan ketentuan yang diberikan Koinworks, maka bisa dibatalkan. Platform ini tentu saja berusaha bersikap terbuka dengan memberitahu ketentuan yang ada. Tentu saja para peminjam bisa memikirkan terlebih dahulu akan tetap lanjut atau tidak menggunakan layanan Koinworks.

3. Mengunggah Dokumen Asli

Setelah calon peminjam sudah menyetujui terkait dengan ketentuan bunga atau hal lainnya, maka tinggal mengunggah dokumen asli. Pengunggahan dokumen asli ini mencakup beberapa identitas seperti KK, KTP, slip gaji dan lainnya. Terkait berkas-berkas yang harus diunduh apa saja sudah tertera jelas di website Koinworks.

4. Proses Pendanaan

Langkah berikutnya ketika sudah mengunduh dokumen asli adalah menunggu proses pendanaan. Pada tahapan ini Koinworks akan melakukan analisis terhadap calon peminjam apakah memadai atau tidak. Apabila calon peminjam tersebut dirasa memadai, maka Koinworks akan menerbitkan di dalam sistem sehingga para investor akan mengetahui.

5. Pencairan Dana

Ketika investor sudah menyetuji ingin melakukan investasi dengan peminjam, maka proses pencairan dana akan segera dilakukan. Pencairan dana ini akan dikirimkan dengan cepat melalui nomor rekening bank tujuan. Setelah itu, peminjam bisa menggunakan dana sesuai kebutuhan dan juga segera melakukan pencicilan di waktu yang telah disepakati.

Demikian tadi ulasan terkait dengan apa itu Koinworks dan bagaimana mekanis kerja Koinworks. Silahkan mencari informasi terlebih dahulu sebelum benar-benar menggunakan layanan Koinworks ini untuk mendapatkan pendanaan cepat.