Persiapan Keamanan Sebelum Mengirim Barang via Lalamove

Persiapan Keamanan Sebelum Mengirim Barang via Lalamove – Pengguna aplikasi Lalamove mendapatkan berbagai kemudahan dan promo kebutuhan pengiriman paket jarak dekat dan menengah dalam aplikasi.


Meski begitu, hal yang paling utama dalam pelayanan pengiriman barang atau paket adalah ketepatan waktu pelayanan, keamanan pengiriman dan keselamatan barang dalam prosesnya.

Oleh karena itu, berikut adalah rangkuman admin tentang sejumlah persiapan keamanan sebelum mengirim barang via Lalamove yang perlu pengguna perhatikan.

Ukuran Paket

Setiap jenis armada dalam aplikasi Lalamove memiliki kapasitas pengiriman dengan ukuran paket yang berbeda-beda. Pastikan Anda telah mengukur dengan baik paket yang akan dikirimkan melalui layanan Lalamove.

Anda juga dianjurkan untuk memesan jenis armada Lalamove dengan kapasitas ukuran volume 10-20% lebih besar dari ukuran paket yang akan dikirimkan.

Hal tersebut merupakan bagian dari langkah keamanan sebelum mengirim barang via Lalamove. Tujuannya agar tidak terjadi kerusakan paket saat proses pengambilan atau penerimaan jika terjadi kesalahan ukur.

Selain itu, perubahan posisi penataan paket pada armada pengiriman dapat menghasilkan ukuran akhir yang berbeda dengan pengukuran awal.

Berat Paket

Pengguna layanan aplikasi Lalamove juga sangat dianjurkan untuk mengetahui berat aktual dari paket yang akan dikirimkan.

Hal ini berhubungan dengan kemampuan armada kendaraan menampung beban yang dihasilkan dari muatan paket pelanggan.

Kelebihan berat dari muatan paket dapat membahayakan proses pengiriman, kurir, armada kendaraan, hingga paket yang diantarkan.

Item Pengiriman

Selain ukuran dan berat, Anda juga perlu memperhatikan jenis item yang akan dikirimkan. Hindari pengiriman barang berbahan mudah pecah, kue, dan barang serupa melalui armada motor Lalamove.

Pergerakan yang fleksibel dari armada motor dapat memberikan guncangan den tekanan pada isi paket. Sehingga dapat mengubah bentuk atau bahkan merusak isi dari paket yang dikirimkan.

Cuaca Saat Pengiriman

Dalam kondisi umum, Anda disarankan mengirimkan barang ketika cuaca di lokasi pengambilan barang dan tujuan pengantaran berada dalam keadaan cerah.

Tindakan tersebut perlu dilakukan untuk menghindari jalan licin, kabut, angin, dan hambatan lain yang mungkin ditemui armada Lalamove ketika cuaca sedang tidak ideal.

Selain itu, cuaca juga menentukan keamanan dan kondisi akhir barang yang dikirimkan saat diterima di tempat tujuan.

Prakteknya terjadi saat mengirimkan perlengkapan rumah berbahan dasar kayu ataupun perangkat elektronik. Cuaca hujan atau berpotensi hujan tentu tidak aman untuk paket yang Anda kirimkan.

Jika sangat mendesak, gunakanlah pilihan armada yang dapat menghindarkan paket Anda dari efek cuaca selama proses pengiriman, seperti van, mobil MVP, dan armada lainnya.

Waktu Pengiriman

Meskipun prosesnya lebih mudah, Anda juga perlu merencanakan dan mempersiapkan jadwal pengiriman secara jelas dan tepat.

Ketika menggunakan aplikasi Lalamove, Anda akan membutuhkan waktu untuk pengisian data jika pemesanan layanan adalah pengalaman pertama.

Pada penggunaan rutin pun Anda akan membutuhkan sejumlah waktu hingga armada Lalamove tiba di lokasi pengambilan paket Anda.

Sesuaikan waktu pemesanan dengan kebutuhan Anda serta sangat disarankan memesan layanan dengan adanya waktu persiapan untuk Anda dan armada tiba di lokasi.

Pilihan Armada

Aplikasi Lalamove menyediakan enam pilihan armada pengiriman yang berbeda dengan kriterianya masing-masing.

Sesuaikan pilihan layanan dengan kebutuhan setelah melakukan pengukuran panjang, lebar, tinggi, dan berat paket.

Setelah itu, pastikan juga memilih jenis armada yang aman dalam proses pengirimannya. Hindari pengiriman barang elektronik dengan jenis armada tanpa perlindungan cuaca.

Jika diperkirakan akan memakan waktu tempuh yang cukup lama, pilihan armada dengan perlindungan dari cuaca akan lebih bijak pada barang-barang tertentu.

Beberapa barang rumah tangga, elektronik, mesin, dan perangkat lainnya dapat rusak atau turun kualitasnya jika terpapar panas matahari terlalu lama.