Daftar Produk Reksa Dana Terbaik yang Bisa Dicoba Investor Muda Terbaru 2022

Ruangojol.com - Sebagai pemuda harus mempunyai pikiran produktif agar bisa memperoleh penghasilan di masa muda. 

Langkah cerdas bagi para pemuda untuk mendapatkan penghasilan dengan modal kecil yakni berinvestasi di reksa dana. 

Terdapat setidaknya terdapat produk reksa dana terbaik yang bisa dicoba bagi para investor muda sebagaimana ulasan berikut:


1. Reksa Dana Saham

Daftar produk reksa dana terbaik yang bisa digunakan anak muda dalam berinvestasi adalah reksa dana saham. Keberadaan produk reksa dana saham ini memang memberikan potensi imbal balik tertinggi dari pada produk reksa dana lainnya. Bahkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini, produk reksa dana saham telah berhasil membukukan imbalan 18 persen per tahunnya.

Selain itu, kinerja manajer investasi juga profesional karena menempatkan dana para investor di beberapa saham. Namun sebaiknya bagi para investor yang mengambil produk reksa dana saham ini harus menjalankan investasi dalam jangka 5 tahun. Tentunya ini akan sangat cocok bagi para investor yang menggunakan dananya dalam jangka panjang.

2. Reksa Dana Campuran

Keberadaan produk reksa dana campuran ini memang dapat memberikan kesempatan investor muda untuk mencoba berinvestasi. Produk reksa dana campuran ini adalah berisi kombinasi antara obligasi dan saham. Penggunaan produk reksa dana campuran ini sangat cocok bagi para investor yang memenuhi kebutuhan jangka menengah. Pada produk ini jangka investasinya mencapai 3 tahunan.

3. Reksa Dana Terproteksi

Anak muda yang ingin belajar investasi, maka produk investasi reksa dana terproteksi ini mungkin bisa dicoba. Produk reksa dana satu ini memberikan proteksi 100 persen pokok pada investasi investor ketika jatuh tempo. Selain itu, reksa dana ini mempunyai jangka waktu serta masa penawaran investasi sehingga para investor hanya bisa membelinya saat penawaran berlangsung.

4. Reksa Dana Obligasi

Pada reksa dana obligasi ini berisikan tentang surat utang korporasi maupun negara. Bagi para investor muda yang menggunakan investasi produk ini, maka resikonya lebih rendah. Keberadaan investasi ini setidaknya bisa digunakan bagi yang merencanakan keuangan di bawah 3 tahunan. Ini akan sangat cocok bagi anak muda yang ingin cepat mendapatkan hasil.

5. Reksa Dana Indeks

Para investor yang akan menggunakan produk investasi indeks, maka harus mengetahui berapa indeks pada saham. Gambarannya adalah manajer investasi memutuskan untuk memilih indeks LQ 46 dan di dalamnya itu terdapat 46 saham likuid di bursa. Kemudian isi dari reksa dana yang dipilih manajer tersebut adalah tiduran yang ada pada saham LQ 46.

6. Reksa Dana Syariah

Bicara tentang syariah kini ada sebuah produk investasi reksa dana syariah yang bisa dicoba bagi para pemuda muslim. Keberadaan reksa dana syariah ini mempunyai sebuah prinsip bahwa dalam pelaksanaannyatidak boleh bertentangan dengan hukum syariah. Dengan demikian, potensi mendapatkan riba bisa dihilangkan karena kinerjanya sesuai syariat Islam.

7. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Produk reksa dana satu ini memang mengacu pada investasi 80 persen berdasarkan instrumen obligasi atau hutang. Keuntungan menggunakan produk reksa dana satu ini antara lainnya waktu pencairan dananya bersifat fleksibel. Kemudian penanaman modal sebagai investasi akan disalurkan manajer profesional ke berbagai jenis investasi sehingga mengurasi resiko.

8. Reksa Dana Penyertaan Terbatas

Pada produk reksa dana penyertaan terbatas ini, para manajer akan menempatkan dana para investor ke berbagai proyek infrastruktur. Namun, bagi yang berminat ikut investasi produk satu ini harus mengeluarkan dana setidaknya 5 miliar. Selain itu itu, produk investasi ini sangatlah terbatas yakni hanya diperuntukkan untuk 50 investor saja.

Demikian tadi ulasan singkat terkait dengan produk reksa dana terbaik yang dapat dicoba bagi para pemuda. Silahkan untuk memilih produk investasi tersebut sesuai dengan kemampuan dan jumlah budget yang dimiliki masing-masing investor.