5 Jenis Investasi untuk Pemula Menguntungkan yang Wajib Coba Terbaru 2022

Apa saja jenis investasi untuk pemula yang terbaik? Memang ada cukup banyak pilihan jenis investasi yang bisa dicoba.
Ruangojol.com - Apa saja jenis investasi untuk pemula yang terbaik? Memang ada cukup banyak pilihan jenis investasi yang bisa dicoba. Namun, sebaiknya banyak memulai memilih yang terbaik dan paling potensial untuk cuan. Bagi pemula yang baru ingin terjun ke dunia investasi sebaiknya ketahui beberapa jenis investasi terbaik berikut ini:

1. Reksa Dana

Reksa dana adalah salah satu jenis investasi untuk pemula yang wajib dicoba. Dengan memilih investasi reksadana pemula juga bisa belajar bagaimana memprediksi harga dan memilih aset yang menguntungkan. Pada dasarnya investasi dengan reksadana sama saja seperti investasi menggunakan saham.

Hanya saja untuk memilih saham dan aset terbaik yang bisa diaplikasikan pemula bisa melihat rekomendasi dari MI atau Manajer Investasi. Jadi pemula tidak harus menghitung bagaimana prediksi atau analisis perkembangan harga ketika baru pertama kali memulai investasi. Sebab hal ini akan dilakukan oleh manajer investasi.

Namun, secara perlahan pemula juga bisa memperhatikan bagaimana kinerja MI dan bagaimana caranya MI mengambil keputusan terkait investasi. Setelah mengetahui polanya maka pemula bisa naik level untuk berinvestasi dengan aset lainnya tanpa bantuan MI.

2. Emas

Selain reksadana, jenis investasi lainnya yang juga direkomendasikan untuk pemula yaitu investasi emas. Sebelum adanya tren investasi menggunakan platform atau broker digital, investasi emas sudah banyak dilakukan oleh para orang tua pada puluhan tahun yang lalu.

Salah satu alasan yang membuat investasi emas sangat direkomendasikan untuk pemula yaitu emas. Hal ini karena perkembangan harganya yang tidak begitu dinamis jika dibandingkan dengan aset lainnya.

Secara perlahan perkembangan harga emas pasti bergerak naik. Nah, ketika harga emas sudah naik beberapa kali hingga selisih harga jual dan harga ketika membeli emas sudah cukup jauh maka emas yang telah disimpan bisa dijual.

3. Deposito

Selain reksadana dan emas deposito juga sebenarnya termasuk salah satu jenis investasi. Pada dasarnya deposito memiliki mekanisme yang mirip seperti tabungan hanya saja dana yang didepositokan kita bisa diambil sembarang waktu. Nasabah baru bisa mengambil dana deposito ketika jangka waktu deposito sudah berakhir.

Hal lainnya yang membedakan tabungan dengan deposito yaitu nilai bunganya yang jauh lebih besar. Dibandingkan dengan investasi saham investor tidak perlu menghitung prediksi harga.
Investor juga tidak perlu melakukan analisis karena bunga dari deposito sudah pasti akan didapatkan dan besaran bunganya tidak akan berubah. Deposito lebih cocok dipilih bagi investor yang memang memiliki dana simpanan yang tidak terpakai.

4. Surat Berharga

Surat berharga milik negara merupakan salah satu jenis aset investasi yang bisa dicoba bagi pemula. Investasi dengan aset ini bisa disebut sebagai obligasi. Investasi dengan surat berharga juga terdapat mekanisme syariahnya sehingga bisa dicoba bagi para investor pemula yang beragama Islam.

Mekanisme keuntungan dari investasi menggunakan surat berharga yaitu sistem bunga yang ditawarkan oleh pemerintah. Pada umumnya, bunga dari obligasi atau kepemilikan surat berharga ditawarkan kepada investor dengan nilai yang lebih tinggi daripada besaran bunga deposito.

5. P2P Lending

P2P lending sebetulnya merupakan mekanisme simpan pinjam uang. Namun, cara ini juga bisa diandalkan sebagai aset investasi. Dalam hal ini investor akan berperan sebagai peminjam dana kepada orang yang membutuhkan pinjaman.

Nantinya keuntungan yang akan didapatkan berupa bunga pinjaman dari peminjam. Meskipun demikian investor pemula yang ingin berinvestasi di P2P Lending harus cermat mencari broker atau platform pinjaman online terpercaya.

Itulah 5 jenis investasi untuk pemula yang wajib dicoba bagi yang ingin terjun ke dunia investasi. Pilihlah jenis investasi yang dianggap paling menguntungkan dan sesuai dengan budget atau modal yang dimiliki.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain