Mengenal Manfaat Rambu Lalu Lintas Bagi Pengendara Terbaru 2022

Mengenal Manfaat Rambu Lalu Lintas Bagi Pengendara
Ruangojol.com - Mengenal manfaat tambu lalu lintas bisa membantu Anda berkendara dengan aman. Pasalnya, rambu lalu lintas di jalan memiliki fungsi yang berbeda-beda berdasarkan simbolnya. Berbagai macam rambu lalu lintas mulai dari rambu yang berwarna kuning menggambarkan peringatan, merah yang biasa digunakan untuk larangan, serta warna hijau yang biasa digunakan untuk petunjuk.

Mengenal Manfaat Rambu Lalu Lintas Bagi Pengendara

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai pentingnya mengetahui manfaat rambu lalu lintas supaya Anda menjadi pengguna jalan yang baik dan tertib serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas. 

Mengenal Manfaat Rambu Lalu Lintas Bagi Pengguna Jalan

Ada beberapa manfaat rambu lalu lintas yang sesuai dengan jenis-jenisnya. Berikut mengenal manfaat rambu lalu lintas:

1. Rambu Peringatan

Rambu peringatan merupakan salah satu rambu yang sangat mudah ditemukan karena mudah dilihat dengan warna kuning menyala. Rambu peringatan ini berfungsi untuk mengingatkan Anda terhadap kondisi jalan tertentu seperti jalan terjal, licin, menanjak, serta tanda perlintasan rel kereta api supaya Anda waspada atas kecepatan kendaraan.

Selain itu, rambu peringatan ini juga bermanfaat untuk memberi sinyal kepada Anda apabila harus menikung secara tajam ke arah kiri atau kana. Dengan hal itu, ketika terdapat rambu dengan anak panah ke kiri atau ke kanan, Anda harus siap-siap untuk berbelok sesuai dengan arah yang tertera pada rambu lalu lintas tersebut. Pastikan Anda mengamati rambu ini ketika sedang dalam di perjalanan.

2. Rambu Petunjuk

Selanjutnya merupakan rambu petunjuk yang biasanya memiliki warna dasar biru dengan gambar putih atau hitam yang berisikan informasi seputrar petunjuk arah, jalan tol, jalan buntu, jalan satu arah, dan lainnya.

3. Rambu Larangan

Rambu ini biasa kita lihat dengan warna merah yang berisikan gambar atau huruf yang dicoret.

Rambu ini bermanfaat untuk memberitahukan kepada Anda supaya tidak melakukan seperti yang tertera pada rambu tersebut. Biasanya rambu ini merupakan larangan parkir dan larangan berhenti supaya tidak mengganggu arus lalu lintas di sekitarnya.

BACA JUGA

4. Rambu Perintah

Rambu perintah mempunyai warna dasar yang sama dengan rambu petunjuk yaitu biru dan terdapat simbol berwarna putih di tengahnya. 

Rambu ini memiliki arti untuk memberitahukan kepada Anda mengenai petunjuk yang harus ditaati. Seperti misalnya, ada terdapat rambu perintah yang menunjukan jalan satur arah, maka apabila Anda ingin masuk dari arah berlawanan, berarti Anda sudah melanggar rambu lalu lintas tersebut.

5. Rambu Papan Tambahan

Rambu papan tambahan adalah rambu yang berisikan petunjuk rentang waktu penggunaan jalan. Biasa rambu ini digunakan sebagai petunjuk kawasan yang memberlakukan ganjil genap.

6. Rambu Nomer Rute

Rambu yang terakhir adalah rambu nomer rute yang mungkin sering Anda lihat di halte-halte di pinggir jalan. Rambu ini menunjukan informasi seputar jam keberangkatan angkutan umum.


Itulah beberapa informasi mengenai manfaat mengenal rambu lalu lintas. Pastikan Anda selalu mematuhi setiap rambu lalu lintas yang ada di jalan supaya nyaman berkendara dan memberikan keamanan bagi pengendara lain. 
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain