5 Keuntungan Investasi Obligasi yang Perlu Diketahui Terbaru 2022

Ruangojol.com - Menjadi bagian dokumen surat berharga negara, membuat nilai investasi yang dimiliki oleh obligasi pun tinggi. Sejumlah keuntungan investasi obligasi bisa diperoleh oleh setiap investor yang memilikinya. Obligasi dikeluarkan oleh pemerintah dengan tujuan agar dapat diperjual belikan kepada WNI. Simak berikut ini penjelasan terkait keuntungan obligasi tersebut:


Tentang Obligasi

Kurang terkenalnya investasi obligasi bukan berarti tidak diminati, banyak dari sejumlah investor veteran justru mengincar obligasi. Termasuk dokumen negara yang berisikan surat hutang dengan entitas pemerintah dalam rentang waktu tertentu. Jika seorang investor mempunyai obligasi, berarti negara berhutang kepada investor tersebut.

Penentuan pelunasan hutang yang harus dibayarkan oleh pemerintah pun sebelumnya harus ditentukan dan disetujui oleh pihak terkait. Selain itu, debitur juga diharuskan untuk melakukan pembayaran bunga setiap bulannya. Hal tersebut terus berlangsung hingga, waktu jatuh tempo pelunasan tiba.

Keuntungan Investasi Obligasi

Berbagai investasi yang ada tentu mempunyai keuntungan tersendiri, begitu juga dengan obligasi. Para investor yang mempunyainya akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Namun, sebelum memilih investasi pastikan dulu telah memahami investasi terkait. Berikut keuntungan yang bisa didapatkan diantaranya yaitu:

1. Memperoleh Bunga

Bagi investor yang memiliki sejumlah obligasi pasti akan sangat beruntung, bagaimana tidak? Para debitur diharuskan untuk memberikan bunga kepada kreditur, yang dibayarkan setiap bulan atau dalam jangka waktu tertentu. Untuk bunga yang diberikan terbagi menjadi dua yakni fixed dan floating.

Keuntungan yang didapatkan dari bunga tersebut sifatnya periodik, sesuai dengan rentang waktu yang telah disepakati. Berdasarkan informasi yang beredar sejumlah bunga yang diperoleh yaitu lebih besar dari BI. Investasi tersebut juga termasuk yang paling menguntungkan diantara yang lainnya.

2. Bisa Dijadikan Tabungan Jangka Panjang

Jika menginginkan investasi jangka panjang dalam waktu yang lama, seorang investor dapat menetapkan pilihannya pada obligasi. Hal tersebut dikarenakan jatuh tempo dari sebuah surat hutang, baik dari pemerintah atau perusahaan lebih dari 5 tahun. Jadi sangat cocok bagi para investor yang ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu yang lama.

3. Lebih Aman

Surat hutang yang digunakan sebagai investasi lebih aman dipakai dibandingkan dengan investasi lainnya. Terlebih lagi jika surat hutang tersebut adalah milik pemerintah. Hal tersebut dikarenakan sebuah surat hutang mempunyai bukti fisik yang disimpan oleh seorang investor.

Selain itu harga jual dari sebuah obligasi biasanya akan terus meningkat. Jika biasanya pada saham ada yang namanya fluktuasi, maka dalam obligasi hal tersebut tidak ditemukan. Membuat resiko yang dihasilkan pun juga rendah, sehingga wajar saja jika banyak investor yang ingin memilikinya.

4. Liquid Akses

Berinvestasi melalui obligasi tentunya lebih mudah, karena dapat dicairkan sewaktu-waktu. Terdapat dana liquid yang bisa investor rasakan, jika membeli IPO sesuai dengan nilai yang telah ditetapkan. Namun hal tersebut bisa dilakukan ketika sudah berada pada masa jatuh tempo.

Jika ingin dana yang dimiliki bisa liquid dan dapat dipergunakan kapan pun, lebih baik seorang investor memilih obligasi sekunder. Selain itu pembayaran kupon atau bunga akan dilakukan secara berkala. Berbagai potensi dan peluang besar pun bisa diperoleh dari setiap penjualan obligasi tersebut.

5. Mudah dan Fleksibel

Terakhir, keuntungan yang bisa diperoleh dengan melakukan investasi obligasi yaitu mudah dan sangat fleksibel. Para investor dapat memanfaatkan pasar sekunder lewat aplikasi yang telah ditentukan untuk melakukan berbagai transaksi. Hanya dengan melakukan pengunduhan situs atau aplikasi yang direkomendasikan investasi obligasi saat ini bisa dilakukan secara mobile.

Demikianlah penjelasan terkait keuntungan investasi obligasi yang dapat diketahui oleh setiap investor. Tidak hanya menjadi salah satu investasi yang menggiurkan, tetapi banyak keuntungan yang didapatkan dengan memilikinya. Pastikan setidaknya untuk memahami jenis investasi tersebut sebelum membelinya.