Mengenal Jenis Pengiriman Umum di Berbagai Layanan Ekspedisi Terbaru 2022

Jenis Pengiriman Umum Layanan Ekspedisi | RUANGOJOL.COM - Setiap jasa pengiriman barang di Indonesia memiliki variasi layanan yang berbeda satu sama lain. Hal tersebut didasari pada kebutuhan dari market utama layanan ekspedisi tersebut.


Namun secara umum terdapat beberapa variasi standar yang seragam pada brand-brand layanan pengiriman barang tersebut. Perbedaan hanya terletak pada penamaan sesuai brand dan detail minor lainnya.

Berikut ulasan admin tentang variasi layanan dasar yang terdapat pada berbagai brand ekspedisi di Indonesia. Simak ulasan di bawah ini! 

Layanan Reguler

Setiap brand umumnya memiliki jenis layanan reguler atau standar. Biasanya jenis layanan ini dapat memfasilitasi hampir semua jenis barang untuk dikirimkan. Namun terdapat beberapa pengecualian pada paket berisi cairan, baterai, dan beberapa item lainnya.

Batasan variasi isi paket tersebut dapat berbeda antara satu layanan dengan lainnya. Beberapa brand memfasilitasi isi paket yang dibatasi tersebut dengan alternatif layanan lain dengan kebijakan dan harga yang berbeda.

Mayoritas layanan ekspedisi memberikan estimasi waktu pengiriman antar kota dalam satu pulau sekitar 2-3 hari kerja. Sebagian besar layanan tidak langsung memproses pengiriman pada akhir pekan dan hari libur nasional.

Sementara pada pengiriman antar pulau, estimasi umumnya berkisar antara 5-7 hari kerja. Tetapi estimasi tersebut dapat berubah sesuai lokasi transit di berbagai kota.

Layanan Ekspres

Untuk kebutuhan pengiriman dalam waktu singkat, kamu bisa memilih layanan ekspres. Jenis layanan ini umumnya dapat mengirimkan paket hanya dalam waktu satu malam ke alamat tujuan.

Pilihan layanan ini cocok untuk mengirim barang yang mudah rusak seperti buah dan sayuran. Layanan ini juga cocok untuk pengiriman barang yang kualitasnya mudah menurun saat disimpan terlalu lama, seperti beberapa jenis makanan.

Pada umumnya, layanan ini hanya berlaku untuk pengiriman dalam kota. Beberapa brand juga masih membatasi layanan ini di wilayah JABODETABEK dan beberapa kota besar saja. Hal ini berkaitan dengan fasilitas distribusi yang belum seragam pada beberapa wilayah lain.

Layanan Ekonomis

Hampir seluruh brand ekspedisi di Indonesia memiliki layanan ekonomis. Jenis layanan ini memiliki estimasi durasi pengiriman yang sedikit lebih lama dari paket reguler. Sebagai kompensasinya, pelanggan dapat menikmati tarif yang lebih terjangkau dari paket pengiriman reguler.

Sebagian besar layanan memberikan estimasi waktu pengiriman 4-6 hari kerja pada layanan ekonomis. Waktu tersebut umumnya seragam pada pengiriman dalam dan luar kota.

Kargo Khusus

Beberapa brand ekspedisi mengembangkan layanan untuk mengirim paket yang cukup berat. Layanan ini dapat menampung paket berisi kendaraan bermotor atau beberapa jenis mesin berukuran besar.

Sebab pada layanan regular, berat paket akan menyebabkan tarif pengiriman jadi membengkak. Paket dengan berat yang besar juga perlu penanganan khusus dalam proses bongkar-muat barang. Jika tidak dipisahkan, maka kendaraan, mesin, alat elektronik, dan muatan lain dapat rusak dalam prosesnya.

Layanan kargo khusus memfasilitasi pengiriman tersebut dengan perhitungan biaya yang berbeda. Tentunya diikuti dengan penanganan muatan dan proses distribusi yang juga berbeda.

Layanan Kargo Ekonomis

Jika kamu mengirimkan paket berisi barang-barang umum dalam jumlah besar, kamu bisa mendapatkan keuntungan khusus dengan layanan kargo ekonomis. Dengan berat minimum sekitar 10kg, kamu sudah bisa menikmati tarif khusus yang lebih terjangkau dari layanan reguler.

Kebijakan kargo ekonomis ini berbeda pada tiap brand ekspedisi. Untuk mendapatkan layanan ini, kamu bisa menghubungi outlet, agen, atau call center dari brand ekspedisi langganan.

Layanan Pengiriman Dokumen

Kebutuhan pengiriman dokumen tentu tidak baik jika disatukan dengan layanan pengiriman barang lainnya. Hal ini yang menyebabkan berbagai brand memiliki layanan khusus untuk pengiriman dokumen.

Dalam prosesnya, pengiriman dokumen hanya akan ditempatkan bersama paket berisi dokumen dari seluruh pelanggan. Sehingga resiko dokumen rusak, berubah bentuk, atau kondisi sejenis akibat tertimpa paket barang dapat dihindari.

Tarif pengiriman dokumen umumnya sama dengan layanan reguler pada pengiriman barang umum. Namun tarif dapat berbeda pada beberapa layanan brand tertentu.