Panduan Menyiapkan Paket Agar Aman Dalam Pengiriman Terbaru 2022

Panduan Menyiapkan Paket Agar Aman Dalam Pengiriman | RUANGOJOL.COMMengemas dan menyiapkan paket agar untuk dikirim jadi bagian penting dalam penggunaan layanan ekspedisi. Hal ini perlu jadi perhatian lebih jika kamu adalah pelaku bisnis online.


Sebab sebagai penjual, kamu perlu menjamin kondisi paket sebelum dikirim menggunakan layanan ekspedisi. Kondisi barang yang sampai dalam keadaan rusak atau cacat dapat menyebabkan kerugian, baik secara material ataupun reputasi toko online yang kamu miliki.

Paket yang sampai dengan kondisi baik dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat terwujud melalui ulasan-ulasan yang biasanya tersedia di berbagai ecommerce.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa rekomendasi admin tentang panduan menyiapkan paket agar aman dalam proses pengiriman. Selamat menyimak panduan lengkapnya.

Bungkus Dengan Lapisan Ganda

Dalam proses pengiriman, paket kamu akan disatukan dengan berbagai item dari pelanggan lain. Benturan antara paket satu dengan lainnya adalah hal yang dapat diprediksi. Maka kamu bisa mengatasinya dengan memberi perlindungan lebih pada paket yang kamu kirim.

Hal ini lebih menjadi perhatian jika paket kamu berisi barang yang tidak boleh terlalu banyak terkena benturan. Misalnya, makanan ringan, alat elektronik, dan berbagai barang sejenis.

Kamu bisa memberi lapisan ganda setelah mengemas paket dengan rapi. Di bagian luar paket, kamu bisa memberikan bubble wrap yang digulung pada sisi kemasan paket. Jika tersedia, kamu juga bisa menambahkan styrofoam sebagai perlindungan yang lebih aman.

Jika kamu rutin mengirimkan paket dengan kebutuhan tersebut, maka kamu harus menghitung juga biaya pembelian item pelapis tersebut. Faktor biaya tersebut bisa kamu masukkan ke dalam elemen harga dari barang yang kamu jual secara online.

Packing Menggunakan Kayu

Kamu bisa pertimbangkan pemakaian paking kayu pada pengiriman paket berisi barang elektronik, mesin, atau makanan yang mudah berubah bentuk. Hal ini bertujuan memberi keamanan lebih pada bentuk dan kondisi barang yang kamu kirim.

Meski sudah dilindungi bubble wrap, paket yang berisi barang elektronik umumnya tergolong sensitif pada benturan. Untuk menghindari barang sampai di alamat tujuan dalam kondisi rusak, lebih baik kamu menggunakan pilihan perlindungan ini.

Beberapa layanan ekspedisi memberikan fasilitas pengemasan tambahan dengan packing kayu. Biaya yang timbul dari pengemasan tambahan tersebut dapat dibebankan kepada konsumen. Hal ini sebaiknya menjadi kesepakatan bersama dalam menjamin kondisi barang yang dikirim.

Jika menggunakan packing ini, kamu dapat mengirim barang yang mudah pecah atau rusak dalam jumlah banyak. Kayu yang digunakan bisa dalam bentuk kecil maupun besar tergantung kebutuhan. 

Namun sebelum pengemasan dengan packing kayu, tetap bungkus paket terlebih dahulu dengan bubble wrap. Dalam memilih dan merangkai ukuran packing kayu, pastikan kayu yang digunakan sesuai dengan dimensi paket.

Hindari penggunaan packing kayu yang ukurannya terlalu longgar dari dimensi utama paket yang kamu kirimkan. Hal ini justru beresiko membuat paket terbentur dengan packing kayu itu sendiri.

Berikan Pesan di Paket

Pada dimensi paket yang cukup kecil, sulit untuk mendapatkan packing kayu yang mendukung. Sehingga kamu tidak memiliki alternatif selain melindungi paket hanya dengan bubble wrap ataupun styrofoam.

Jika terjadi hal demikian, kamu tetap bisa mengupayakan hal lain. Yakni dengan memberikan catatan atau pesan yang dapat dibaca oleh tenaga kurir. Hal ini penting untuk memberikan peringatan pada kurir atau ekspedisi.

Contohnya dengan memberikan pesan tertulis yang ditempelkan pada bagian luar paket. Kamu juga bisa mencetak stiker khusus untuk kebutuhan ini. Pastikan kamu menempatkan catatan di bagian yang bisa langsung terbaca oleh kurir.

Berikan catatan atau pesanan seperti "Jangan Dibanting!" atau "Hati-hati Barang Mudah Rusak!" sebagai himbauan bagi kurir. Tujuannya agar kurir lebih berhati-hati saat membawa paket tersebut. 

Kamu juga bisa langsung menyampaikan kondisi paket pada karyawan ekspedisi. Agar menjadi pengetahuan bersama bahwa paket yang kamu kirimkan memerlukan kehati-hatian dalam proses pengiriman.

Pilih Ekspedisi Berkualitas

Setiap layanan ekspedisi memiliki reputasinya masing-masing. Kamu bisa memilih layanan ekspedisi terbaik berdasarkan ulasan, rekomendasi, dan pengalaman. Pilih ekspedisi yang bertanggung jawab dan menjaga paket aman sampai ke tempat tujuan.

Kamu juga bisa datang ke outlet layanan untuk mendapatkan bantuan pengemasan barang. Sebagian besar brand pengiriman barang memberikan bantuan tersebut kepada pelanggannya.

Hal tersebut membantu kamu agar tidak kerepotan membungkus paket sendiri. Paket yang dibungkus langsung oleh jasa ekspedisi akan lebih aman dan berkualitas.