Cara Mengganti Filter Oli Mobil Dengan Mudah Terbaru 2022

Ruangojol.com - Mengganti filter oli mobil dengan mudah bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Pergantian filter oli memang perlu dilakukan secara berkala supaya mobil Anda tetap terawat dan tahan lama.

Cara Mengganti Filter Oli Mobil Dengan Mudah

Filter oli sendiri berfungsi untuk menyaring kotoran yang biasa ada dari oli mesin. Karen itu, komponen ini merupakan hal yang perlu diganti secara rutin supaya tetap mesin Anda terhindar dari kotoran yang ada dari oli. Pergantian filter oli biasa diganti setiap mobil sudah mencapai jarak tempuh 10.000 km.

Ada beberapa tahap yang bisa Anda lakukan untuk mengganti filter oli secara mudah di rumah. Yuk, simak penjelasan di bawah ini biar Anda dapat mengganti filter oli dengan mudah.

Cara Mengganti Filter Oli Mobil Sendiri di Rumah

Untuk mengganti filter oli, Anda perlu mempersiapkan alat-alat hingga filter oli itu sendiri. Tak perlu lama lagi, berikut penjelasannya.

1. Mempersiapkan Alat-alat

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengganti filter oli adalah mempersiapkan alat-alat terlebih dahulu. Peralatan tersebut antara lain adalah filter oli baru, kain perca, dongkrak mobil, kunci khusus filter oli, dan wadah untuk menampung oli bekas. Semua peralatan tersebut perlu Anda siapkan untuk mempermudah proses pergantian filter oli dengan mudah.

2. Dongkrak Bagian Depan Mobil

Langkah selanjutnya adalah mendongkrak bagian depan mobil dengan alat yang sudah dipersiapkan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pergantian filter oli karena nantinya Anda perlu masuk ke kolong bawah mobil. Jangan lupa untuk menggunakan kardus bekas atau mechanic creeper saat sedang ke kolong mobil.

3. Membersihkan Kotoran Terlebih Dahulu

Sebelum mengganti filter oli, Anda perlu membersihkan kotoran yang ada di sekitar filter oli. Membersihkan kotoran yang berada di sekitar filter oli bertujuan supaya kotoran tersebut nantinya tidak akan masuk ke saluran oli mesin dan menghindari kebocoran pada filter oli baru.

BACA JUGA

4. Buka Filter Oli Lama

Setelah membersih kotoran di sekitar filter oli, Anda bisa melanjutkan untuk membuka filter oli lama dengan kunci khusus. Cara membukanya adalah memutar filter oli secara berlawanan ke arah jarum jam. Setelah itu tampung oli dengan wadah. Bila sudah, Anda tinggal membersihkan kembali sisa di bagian dalam hingga benar-benar bersih.

5. Memasang Filter Oli Baru

Sekarang Anda dapat memasang filter oli baru. Sebelum memasang, pastikan Anda telah membeli filter oli yang sesuai dengan mobil Anda. Saat ingin memasang filter oli, Anda perlu melumasi area karet dari filter oli baru supaya nanti mudah dipasang.

Memasang filter oli dengan cara diputar searah jarum jam dan menggunakan kunci khusus. Pastikan Anda telah memasang filter oli hingga mentok dan sudah kencang.

6. Hidupkan Mesin Mobil

Bila sudah memasang filter oli baru, Anda dapat keluar dari kolong mobil dan mulai menghidupan mesin. Hal ini bertujuan untuk membuat oli mesin dalam kembali bersirkulasi dengan filter yang baru. Biarkan mesin mobil menyala selama 3-5 menit. Pastikan kembali bagian bawah mobil untuk memeriksa apakah ada oli yang bocor atau rembes.

7. Menurunkan Dongkrak Mobil

Bila sudah dipastikan tidak ada oli yang bocor dan rembes, Anda bisa menurunkan dongkrak mobil. 


Itulah beberapa tahapan yang bisa Anda ikuti untuk mengganti filter oli mobil dengan mudah. Disarankan untuk Anda yang tidak memiliki alat-alat dan ragu mengganti filter oli sendiri untuk ke bengkel langganan Anda untuk proses pergantian filter oli supaya tidak terjadi kesalahan.