Perbedaan J&T dan JET Express Terbaru 2022 | Perhatikan Agar Tidak Keliru!

Perbedaan J&T dan JET Express | RUANGOJOL.COM – Berbagai brand layanan pengiriman barang lahir di tengah pertumbuhan bisnis era modern. Dua diantaranya adalah J&T Express dan JET Express menjadi pelengkap kompetisi jasa ekspedisi di Indonesia.


Meski terlihat serupa, dua brand tersebut merupakan entitas bisnis yang berbeda. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari beberapa aspek. Diantaranya legalitas perusahaan, logo, website, layanan, hingga kantor pusat layanan.

Kekeliruan pada nama brand yang sekilas serupa, menyebabkan konsumen terkadang keliru dalam promo dan layanan keduanya. Untuk itu, berikut rangkuman yang admin buat tentang detail perbedaan kedua brand J&T dan JET Express.

Nama Perusahaan

Layanan J&T berada di bawah legalitas perusahaan PT Global Jet Express. Sementara layanan JET Express beroperasi di bawah perusahaan PT Jaringan Ekspedisi Transportasi. Kedua perusahaan tersebut mencatatkan operasional pertama pada tahun 2015.

Logo Brand

Baik brand J&T ataupun JET Express menggunakan warna merah sebagai pilihan warna dominan pada logo. Namun terdapat perbedaan yang cukup mencolok meski hanya dilihat sekilas.


Brand J&T menggunakan simbol ampersan (&) sebagai bagian dari nama dan logo. Keseluruhan nama dan logo tersebut juga merupakan akronim dari founder perusahaan tersebut, yakni Jet Lee dan Tony Chen.


Sementara JET Express memiliki logo bertuliskan JET Express tanpa simbol lain. Nama brand JET Express juga merupakan singkatan dari nama resmi perusahaan PT Jaringan Ekspedisi Transportasi.

Website Perusahaan

Brand J&T Express memiliki website resmi di halaman jet.co.id. Penggunaan huruf “e” pada domain JET.CO.ID merupakan alternatif untuk keterbatasan karakter pada nama domain website.

Domain website tidak dapat memuat karakter selain huruf, angka, dan beberapa simbol dasar saja. Sementara karakter ampersan (&) pada nama brand J&T tidak dapat digunakan sebagai nama domain.

Di dalam web tersebut pengguna dapat mengakses seluruh informasi perusahaan yang dirilis ke publik. Selain itu, terdapat fitur untuk memeriksa ongkos kirim, resi pengiriman, dan layanan lainnya.

Sementara layanan JET Express memiliki website resmi di halaman jetexpress.co.id. Meski terlihat mirip, dari web tersebut kita dapat menemukan perbedaan layanan yang cukup signifikan antara J&T Express dan JET Express.

Layanan Utama

Dari website resmi keduanya, kita bisa mengetahui bahwa J&T Express hanya memiliki tiga fokus layanan utama. Ketiga layanan tersebut adalah J&T EZ, J&T ECO, dan J&T Super.

Sementara brand JET Express memiliki layanan yang jauh lebih kompleks dengan total 15 layanan dasar. Di dalamnya juga mendukung beberapa pengiriman barang yang umumnya tidak dapat difasilitasi oleh layanan lain.

Di antara beberapa layanan khusus tersebut adalah pengiriman paket berisi makanan, hewan hidup, emas, tanaman hias, ikan cupang, baterai, bahan berbau tajam, feses dan urine, serta pengiriman bahan cair.

Jenis-jenis barang tersebut umumnya dibatasi atau bahkan dilarang pada brand ekspedisi lainnya. Namun JET Express justru memfasilitasi pengiriman item-item tersebut pada layanan-layanan khusus. Jika kamu merasa penasaran, informasi lengkap tentang layanan JET Express dapat diakses di halaman berikut.

Kantor Pusat

Sesuai deskripsi sebelumnya, kedua brand J&T Express dan JET Express memiliki badan usaha yang berbeda. Tentu keduanya juga memiliki kantor pusat yang berbeda.

PT Global Jet Express sebagai induk perusahaan dari J&T Express memiliki alamat kantor pusat di Permata Tower Lantai 3, Jl. Pluit Selatan Raya Kav. 1, Jakarta Utara.

Sementara PT Jaringan Ekspedisi Transportasi yang menjadi rumah dari brand JET Express beralamat di Jl. Il Lago Gading Serpong, Mendrisio 4/A No. 6-9, Tangerang.


© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain