Inilah Rekomendasi Saham Gorengan Terbaik Cocok Untuk Investor Pemula Terbaru 2022

Ruangojol.com - Saat mulai ingin berinvestasi, tentunya harus lebih berhati-hati dalam memilih saham.

Pasalnya kini banyak saham gorengan yang membuat boncos dan fundamentalnya kurang bagus.

Namun meskipun begitu, calon investor pemula bisa memilih beberapa pilihan saham gorengan terbaik dengan naik turun yang tidak begitu signifikan.



Agar tidak mengalami kesalahan dalam memilih saham gorengan yang nampak renyah, maka ada baiknya menyimak informasi berikut:

Mengenal Apa Itu Saham Gorengan dan Ciri-Cirinya

Saham gorengan merupakan saham yang biasa dikelola oleh oknum tertentu untuk membuat harganya meningkat tinggi. Hal ini dilakukan untuk mencari keuntungan besar dari ritel. Misalnya saja seperti saham gorengan BUMI yang dulunya naik hingga harga Rp 500 per lembar, namun sekarang hanya berada di angka Rp 100 saja. Sehingga investor yang dulu membelinya mengalami kerugian di masa sekarang.

Sehingga dengan begitu, para calon investor harus lebih berhati-hati dalam memilihnya dan beralih ke saham yang lebih berpotensial bagus. Berikut adalah ciri-ciri saham gorengan yang harus diketahui supaya bisa lebih bijak dalam memilih, yaitu:

Mengalami kenaikan harga cukup signifikan

Ciri pertama yaitu apabila saham memiliki kenaikan harga yang cukup signifikan. Misalnya saja dengan adanya peningkatan lebih dari 10% tiap harinya. Hal ini tentu saja terindikasi saham yang digoreng oleh bandar. Sehingga pastikan telah mengamati pergerakan harga saham dalam kurun waktu tertentu untuk menentukan apakah layak dibeli atau tidak.

Harga saham terlalu tinggi

Pastikan mengamati keadaan keuangan perusahaan untuk melihat apakah kinerja emiten baik atau tidak. Apalagi jika harga saham mengalami kenaikan terlalu tinggi dengan kondisi perusahaan yang tidak terlalu baik. Hal ini harus diwaspadai karena bisa saja merupakan saham gorengan.

Volume perdagangan tidak wajar

Dalam perdagangan saham gorengan tentunya akan terlihat apabila banyak orang yang melakukan penawaran di atas harga pasar. Hal ini jelas merupakan kelakuan bandar yang sengaja menorehkan perdagangan terbesar dibandingkan emiten lainnya.

Rekomendasi Saham Gorengan Terbaik

Setelah mengetahui apa itu saham gorengan dan ciri-cirinya, perlu pula dimengerti apa saja rekomendasi terbaiknya. Berikut ini adalah beberapa diantaranya, yaitu:

1. Matahari Putra Prima

Saham gorengan terbaik yang pertama yaitu Matahari Putra Pria dengan kode MPPA. Peningkatan yang dialaminya dalam satu minggu terakhir bisa dibilang cukup signifikan yaitu hampir menyentuh 14%. Bahkan pergerakannya sangat cepat untuk mendapatkan keuntungan menjanjikan. Dijamin sangat cocok untuk para investor pemula yang ingin berinvestasi.

2. Bukalapak

Bukalapak menjadi salah satu unicorn dengan nilai yang sangat melesat di tahun 2021 ini. Apalagi mengingat gelaran IPO BUKA di BEI, maka membuatnya menjadi salah satu saham resmi yang dapat dipilih untuk berinvestasi.

Transaksi saham gorengan terbaik milik Bukalapak ini pun bisa dijadikan investasi jangka panjang yang cukup menjanjikan. Hal ini terlihat dari penggelontoran dana yang dilakukannya hingga Rp 1,4 Triliun akhiran ini.

3. Bank Central Asia

Rekomendasi saham gorengan lainnya yang bisa dipilih yaitu BCA atau Bank Central Asia dengan transaksi cukup tinggi akhir-akhir ini. Peningkatannya pun diprediksi akan terus stabil hingga mencapai sebesar 8,86%. Sehingga jangan sampai melewatkan saham satu ini karena dapat memberikan masa depan cerah bagi para investor.

Demikianlah informasi mengenai rekomendasi saham gorengan terbaik untuk investasi jangka pendek maupun panjang. Pastikan memilih mana yang terbaik dan lakukan riset untuk hasil lebih menjanjikan nantinya. Dengan begitu, investasi saham yang dipilih pun benar-benar bisa mendatangkan keuntungan.