Sejarah Perjalanan Brand J&T Express di Indonesia Terbaru 2022 | Lengkap dan Jelas!

Perjalanan J&T Express di Indonesia | RUANGOJOL.COM - Brand J&T Express berhasil menembus jajaran atas layanan pengiriman barang di Indonesia.

Pencapaian tersebut berhasil diraih J&T Express meski baru berusia kurang dari 10 tahun. Tentu hal tersebut terasa luar biasa jika melihat persaingan bisnis ekspedisi yang semakin ketat.

Tidak hanya itu, jauh sebelum J&T Express berdiri sudah ada beberapa brand yang lebih senior eksis di Indonesia.



Beberapa brand tersebut bahkan sudah berumur puluhan tahun. Sementara lainnya memiliki dukungan modal luar biasa dari pemerintah sebab beroperasi sebagai BUMN.

Namun hal tersebut tidak menyurutkan inovasi J&T Express dalam persaingan bisnis layanan pengiriman barang di Indonesia.

Dalam artikel ini, admin merangkum beberapa momen penting dalam perjalanan bisnis J&T Express. Tujuannya agar menjadi pelajaran dan motivasi untuk pelaku usaha baru.

Khususnya yang berada dalam situasi kompetisi bisnis ketat serta memiliki pesaing bisnis luar biasa besar.

Sebab hal serupa juga telah berhasil dilalui J&T Express pada awal masa pembangunannya dan terus berinovasi hingga hari ini di bidang pengiriman barang.

Pendirian Perusahaan - 2015

Brand J&T Express didirikan dengan legalitas perusahaan PT Global Jet Express pada tahun 2015.

Perusahaan tersebut merupakan kolaborasi dari dua pendiri Jet Lee dan Tony Chen. Singkatan nama keduanya juga yang menjadi asal nama brand J&T Express.

Keduanya memulai bisnis tersebut tanpa bekal terlalu dalam di bidang pengiriman barang. Namun Jet Lee benar-benar memanfaatkan pengalaman dan relasinya sebagai salah satu founder brand Oppo di Indonesia.

Berkat koneksinya, ia berhasil mengumpulkan dana awal untuk perusahaan tersebut sebesar Rp400 miliar sebagai modal usaha awal. Hal ini menunjukkan relasi dan pengalaman karir merupakan salah satu investasi terbesar.

Bahkan dua jenis investasi tersebut berhasil mendatangkan nomimal modal usaha yang sangat fantastis.

Di awal pengembangannya, J&T Express memiliki komitmen layanan 24 jam non-stop tanpa hari libur. Tentunya komitmen ini diiringi rotasi karyawan secara berkala.

Inovasi layanan tersebut menjadi gebrakan besar di pasar pengiriman barang. Hal tersebut terjadi bersamaan dengan peningkatan pesat transaksi bisnis online di Indonesia.

Menjangkau Seluruh Titik Indonesia - 2016

Berselang satu tahun, J&T Express berhasil memberikan layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia.

Hingga saat ini, J&T Express memiliki 100 pusat distribusi paket dan 4.000 titik operasi pengantaran.

Dalam hal sumber daya manusia, saat ini J&T Express telah berhasil menempatkan 30.000 lebih tenaga kerja berdasarkan keahliannya masing-masing.

Di antara 30.000 SDM tersebut, terdapat jumlah besar armada pengiriman yang siap mengantarkan paket ke berbagai titik di Indonesia.

Di tahap ini, J&T Express sudah memiliki kapasitas untuk mengirimkan seluruh pesanan paket tanpa bantuan pihak ketiga.

J&T Express juga mengembangkan sistem pelacakan paket berdasarkan nomor resi yang lebih akurat dan detail dibanding brand layanan ekspedisi lainnya.

Fokus Pada Bisnis Online - 2017

Di tahun 2017, brand J&T Express mengembangkan layanan yang sangat memanjakan pelaku bisnis online.

Brand tersebut meningkatkan akurasi dan detail informasi pada sistem pelacakan posisi serta status paket.

Peningkatan tersebut membantu keterbukaan informasi antara penjual dengan pembeli. Sehingga membantu meningkatkan kepercayaan konsumen bisnis online.

Selain itu, J&T Express juga memiliki estimasi waktu pengiriman yang cukup cepat. Hal ini sangat terasa positif bagi pelaku bisnis online.

J&T Express menetapkan estimasi 1-2 hari kerja pada pengiriman dalam pulau di wilayah Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Batam.

Sementara pengiriman luar pulau hanya membutuhkan waktu 2-3 hari kerja saja.

Di tahap ini, brand J&T Express juga sudah menjadi pilihan pengiriman resmi di berbagai layanan ecommerce seperti Tokopedia, BukaLapak, dan lainnya.

Top Brand - 2018

Hanya dalam perjalanan tiga tahun, brand J&T Express berhasil mencapai penghargaan ‘Top Brand’ berkat komitmen layanan tersebut.

Hal tersebut merupakan pencapaian luar biasa bagi perusahaan yang baru berdiri tiga tahun.

Dalam fakta yang sama, J&T Express bersaing dengan kompetitor yang sudah eksis puluhan tahun di bisnis layanan pengiriman barang.

Di tahun yang sama, J&T Express juga melakukan ekspansi ke beberapa negara Asia Tenggara. Diantaranya Malaysia dan Vietnam.

Ekspansi tersebut terus dilaksanakan pada tahun 2019 ke dua negara Asia Tenggara lainnya. Saat ini, J&T Express juga sudah tersedia di Filipina, Thailand, dan Kamboja.