Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

BRIVA: Solusi Cepat Transaksi Digital Saat Ini Yang Dapat Anda Gunakan

Virtual Account adalah salah satu cara pembayaran yang dapat Kita gunakan saat ini, yaitu setiap kali Kita ingin melakukan transaksi secara online.
Virtual Account adalah salah satu cara pembayaran yang dapat Kita gunakan saat ini, yaitu setiap kali Kita ingin melakukan transaksi secara online melalui berbagai macam platform baik itu website/app, toko online, ataupun marketplace.

Digitalisasi perbankan saat ini menjadi salah satu program yang dituntut selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Hingga saat ini, hampir seluruh transaksi keuangan di lakukan secara online dan salah satu sistem pembayaran yang menjadi lembar pertama adalah virtual acccount.

Apa Itu Virtual Accounts ?

Virtual account adalah sebuah akun pembayaran yang dibuat berdasarkan kerjasama bank. Virtual account akan dibuat secara otomatis apabila Anda membuat sebuah nota atau faktur pada saat melakukan pmebayaran, kemudian VA (Virtual Account) ini digunakan sebagai metode pembayaran dengan metode transfer bank sesuai dengan daftar bank yang didukung untuk pembayaran.

bri-virtual-account-dan-era-digitalisasi-perbankan

Jenis virtual account biasanya akan menyesuaikan dengan bank/provider yang digunakan yaitu akan identik dengan kode bank tujuan pembayaran. Seperti contohnya yaitu seperti pada saat Anda menggunakan dompet digital untuk pembayaran Virtual Account, maka kode yang akan Anda dapatkan adalah berupa digit angka yang di dahului kode bank lalu nomor telepon (kode bank + nomor telepon).

Berbeda lagi misalnya jika Anda melakukan pembayaran untuk produk atau layanan lain, kode virtual account akan menyesuaikan juga dengan inisial produk yang biasanya Anda gunakan sebagai cara pembayaran online.

Transaksi Digital Dengan Virtual Accounts

Saat ini Kita tidak bingung lagi mengenai pembayaran virtual account, karena telah banyak platform yang menawarkan metode pembayaran menggunakan kode VA bahkan menjadikannya metode utama cara untuk Kita membayar.

Beberapa contoh transaksi yang mendukung pembayaran virtual account seperti belanja online di e-commerce, pembayaran di marketplace, pembayaran angsuran, pembayaran tagihan, dan masih banyak lagi.

Pada umumnya, virtual account dijadikan rekomendasi metode pembayaran online yang disarankan pada setiap platform manapun karena metode pembayaran ini merupakan pilihan atau opsi tercepat untuk transaksi keuangan saat ini.

Di Indonesia sendiri hampir seluruh bank memiliki atau mendukung pembayaran virtual accounts sebagai merchant bank. Salah satunya yang dapat Anda temui yaitu BRIVA atau BRI Virtual Account, layanan BRI ini merupakan metode pembayaran virtual account yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran online saat ini.

Mungkin Anda juga sudah sering menemui metode pembayaran BRIVA ini, salah satu contohnya di e-commerce Tokopedia. Pada saat Anda melakukan transaksi dan menuju pembayaran, BRIVA akan di tawarkan dalam daftar cara Anda membayar produk yang Anda beli di Tokopedia.

Anda akan mendapatkan kode VA yang dapat di bayarkan melalui BRI Virtual Account Milik Anda, untuk yang belum tahu caranya simak berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Transaksi Menggunakan BRIVA Di BRI Mobile

  • Login ke aplikasi BRI Mobile 
  • lalu pilih menu "Pembayaran"
  • Setelah itu, pilih menu "BRIVA"
  • Masukkan nomor rekening Virtual Account (Kode VA) di kolom yang sudah tersedia
  • Kemudian masukan nominal pembayaran yang harus dibayarkan (sesuai tagihan/kode unik)
  • Konfirmasi dengan PIN BRI Anda, lalu klik Kirim.
  • Transaksi berhasil dilakukan, selanjutnya Anda juga akan mendapatkan informasi melalui SMS
Jika melalui ATM, Anda dapat melakukan langkah berikut pilih menu BRIVA > pilih transfer antar bank > masukan kode bank BRI 002 > tambahkan nomor virtual account di belakangnnya.

Untuk metode lainnya, Anda cukup memilih metode pembayaran BRIVA dan melakukan cara yang sama untuk memproses pembayaran yaitu dengan memasukan kode bank di ikuti nomor pembayaran virtual account (VA).

Keuntungan Menggunakan BRIVA Sebagai Metode Pembayaran

  • Metode Pembayaran Tercepat. BRIVA merupakan salah satu metode pembayaran online tercepat saat ini untuk jenis transaksi apapun.
  • Sistem Terintegrasi. Pembayaran yang di proses melalui virtual account akan langsung terkirim dan tercatat pada perusahaan penanggung.
  • Transaksi Lebih Aman. Virtual account BRIVA menggunakan metode yang lebih aman karena berdasarkan nomor akun pribadi yang hanya dapat di akses oleh pemilik saja.
  • Dan masih banyak lagi.
BRI Virtual Account (BRIVA) adalah solusi terbaik untuk transaksi online saat ini.  Selain merupakan metode pembayaran tercepat, terdapat banyak penawaran yang cukup menjanjikan apabila Kita menggunakan BRIVA sebagai metode pembayaran.