Mau Beli Pulsa & Token Listrik Murah? Klik Disini!

Pentingnya Mengetahui Platform Investasi Yang Terpercaya

Pentingnya Mengetahui Platform Investasi Terpercaya - Bagi para investor yang sudah sangat berpengalaman, menentukan mana saja platform investasi terp

Pentingnya Mengetahui Platform Investasi Terpercaya - Bagi para investor yang sudah sangat berpengalaman, menentukan mana saja platform investasi terpercaya mungkin bukan lagi hal yang sulit.

Ini karena mereka sudah memiliki parameter khusus yang bisa dimanfaatkan dalam mengenali layanan ilegal denan mudah.

Namun tidak demikian bagi calon investor pemula yang cenderung mudah terbuai rayuan dan tipuan yang menjebak. Pertanyaannya, apakah Kamu juga begitu?

Pilih Platform Investasi Terpercaya Demi Menekan Resiko  

Belakangan ini, kemajuan teknologi juga semakin memudahkan siapapun dalam  melakukan investasi. Semakin banyak penyedia layanan investasi yang menawarkan layanannya secara online melalui aplikasi mobile maupun aplikasi web. 

Semua demi memudahkan akses investasi online yang praktis dan terjangkau kepada lebih banyak lapisan masyarakat. Sayangnya, memilih platform investasi terpercaya bisa jadi pekerjaan pertama yang bisa sangat menyita energi. 

Tingginya minat masyarakat dalam melakukan investasi ternyata dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab. Ya, makin banyaknya platform investasi belakangan nyatanya tak dibarengi dengan kualitas yang memadai demi menjamin kepercayaan investor. 

Kamu pun perlu mewaspadai platform investasi ilegal yang tak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lembaga berwenang terkait. Pengawasan dari lembaga resmi diperlukan demi meningkatkan keamanan investasi yang Kamu lakukan.

Nah, untuk memudahkan Kamu dalam mengenali platform investasi abal-abal dan resiko yang tersembunyi, berikut ini beberapa macamnya yang paling banyak muncul di masyarakat:

Money Game

Sudah cukup lama di dunia keuangan, nyatanya istilah permainan uang ini seakan tak pernah mati. Pemerintah Indonesia sendiri sudah melarang skema piramida alias ponzi ini untuk ditawarkan ke masyarakat. Dengan mengeluarkan modal dalam jumlah tertentu, Kamu ditawarkan keuntungan pasif yang berlipat ganda dan tak pernah ada habisnya. Tentu saja, penawaran semacam ini sangat menggiurkan bagi investor yang ingin mendapatkan uang mudah. 

Padahal, nyatanya modal tersebut hanya diputar kembali ke orang atau pihak yang memasukkanmu ke dalam bisnis tersebut. Kelangsungan bisnis pun bergantung pada ada tidaknya rekrutan baru yang menanam modal. Platform investasi dengan model bisnis semacam ini seringkali tak bertahan lama. Meskipun ada yang mengaku bahwa bisnis tersebut benar-benar membayar, namun tak ada yang bisa menjamin bahwa Kamu akan menjadi rekrutan terakhir.

High Yield Investment Program (HYIP)

Investasi ini cenderung menawarkan program bisnis dengan tingkat keuntungan yang terlalu tinggi dan balik modal instan. Program yang ditawarkan misalnya bisnis teknologi, bisnis energi, agrobisnis dan sebagainya dengan profit bulanan yang bisa sangat tinggi. Berbekal dokumen palsu, platform investasi semacam ini bisa sangat meyakinkan para calon investor yang tak teliti. Ujung-ujungnya, modal yang diberikan justru digelapkan. 

Investasi Emas Palsu

Investasi jangka panjang yang satu ini memang lebih dulu dikenal sebagai investasi konvensional. Saat ini, jenis instrumen ini juga marak ditawarkan di platform investasi. Termasuk pada platform investasi ilegal. Kamu mungkin pernah ditawari investasi emas dengan menyetor sejumlah dana. Bentuknya bisa beragam, mulai dari emas batangan, koin emas ataupun perhiasan emas. 

Ditawarkan dengan harga yang rendah, atau bahkan terlalu murah, emas-emas tersebut nyatanya palsu alias tidak tidak punya nilai. Dan parahnya lagi, dengan iming-iming harga murah, investor cenderung memborong produk logam mulia tersebut. Kerugian yang diderita mungkin 'tak seberapa' menyedihkan karena masih bisa meratapi barang-barang palsu yang berkilauan di tangan bukan? Tentu tidak. 

Dari ketiga macam investasi abal-abal yang paling sering muncul di atas, Kamu bisa mengenali beberapa ciri yang mungkin membantumu mengenalinya. Ya, beberapa ciri di suatu platform investasi yang mengindikasikan bahwa mereka adalah investasi ilegal, antara lain:

Ciri-ciri Platform Investasi Yang Tidak Legal

1. Memberikan Iming-iming Profit Besar

Berdasarkan ketentuan, tentunya tidak ada platform investasi yang mampu menjanjikan keuntungan yang terlalu tinggi. Misanya, Kamu hanya perlu modal Rp.1 juta untuk mendapatkan profit pasti senilai Rp.100 juta dalam 1 bulan. Apakah mungkin investasi semacam ini? Jika Kamu menemukan platform investasi yang memuat janji-janji semacam ini, periksa legalitas dan skema yang diterapkan.   

2. Riwayat yang Fiktif Belaka

Tentu saja, layanan palsu akan memalsukan atau menyamarkan riwayat mereka. Platform palsu akan memuat informasi menyesatkan, palsu dan tak dapat dipertanggungjawabkan. Saat Kamu memeriksa fakta atau informasi lebih jauh, nyatanya semua klaim tersebut tidak sesuai. Selain itu, skema yang diterapkan juga seringkali tidak jelas. 

3. Mendesak Kamu untuk Segera Gabung

Agar Kamu menjadi ceroboh dan tak memeriksa lebih jauh, biasnaya penyedia layanan investasi palsu akan memajang kalimat-kalimat persuasif yang mendesak. Misalnya dengan menggunakan elemen kata "terbatas" seperti waktu terbatas, tempat terbatas, hanya hari ini dan sebagainya. Layanan terpercaya justru cenderung memberik kesempatan seluas-luasnya pada Kamu untuk mempertimbangkan kembali.

4. Memanfaatkan Gambar Tokoh Terkenal 

Demi meyakinkan calon korban, platform investasi bodong juga sering memajang gambar tokoh terkenal atau figur publik pada website atau aplikasinya. Disertai tulisan-tulisan menyesatkan, tampilan itu pun jadi semakin meyakinkan. Saat ditelusuri lebih jauh, nyatanya tokoh tersebut tak adasangkut pautnya dengan investasi tersebut.

5. Menumpang di Aplikasi Lain

Menariknya lagi, tak jarang investasi palsu yang ditawarkan melalui aplikasi lain yang sudah lebih dulu dipercaya oleh masyarakat. Salah satunya seperti investasi jual beli emas online yang ternyata tidak ada emas sebenarnya. Oleh karena itu, Kamu perlu memastikan terlebih dahulu sebelum mulai invest di suatu platform, apapun itu.

Mengenal Ciri-Ciri Platform Investasi Terpercaya

Dengan penjelasan terkait resiko, macam dan ciri investasi palsu di atas, sekarang mungkin Kamu bertanya-tanya tentang seperti apa ciri platform investasi yang terbaik. Harus diakui bahwa makin banyaknya fintech bodong memang menghadirkan ancaman tersendiri yang perlu Kamu waspadai. Jika sampai Kamu tergiru, maka modal dan waktu yang Kamu alokasikan bisa terbuang sia-sia.

Dan untuk menghindari resiko tak diinginkan dan untuk menghemat waktumu yang berharga, Kamu bisa memilih untuk hanya mempertimbangkan platform investasi terpercaya dengan ciri sebagai berikut:

1. Terbukti Legal 

Alih-alih memperhatikan dan menghitung profit yang dijanjikan, ada baiknya Kamu memeriksa legalitas perusahaan penyedia platform investasi tersebut. Periksa perizinan perusahaan tersebut di lembaga berwenang yang terkait, antara lain Bappebti, OJK, BEI dan Bank Indonesia. Ini adalah ciri pertama dan mutlak harus Kamu periksa terlebih dulu sebelum jauh berangan-angan. 

2. Terbukti Kredibel

Berikutnya, periksa kredibilitas platform tersebut dengan melihat ulasan, testimoni, rating dan informasi tambahan di forum atau komunitas investasi (waspadai pula rating palsu). Kamu juga bisa memeriksa alamat dan kontak perusahaan tersebut untuk memastikan keberadaannya. Tak harus berkunjung ke kantor, Kamu bisa melihat bentuk kantor di pencarian internet atau menghubungi layanan pelanggan mereka.   

3. Skema dan Produk Investasi yang Jelas

Perusahaan penyedia layanan investasi online terpercaya tidak akan takut untuk menerapkan transparansi dalam layanannya. Mereka akan memberikan penjelasan dan edukasi produk mereka secara terperinci lengkap dengan skema yang diterapkan. Kamu bisa mengetahui secara jelas, pasti dan real time tentang dana investasi, besarnya aliran dana hingga return yang bisa Kamu dapatkan nantinya. 

4. Sistem Keamanan Berlapis

Platform investasi yang terpercaya akan selalu berusaha untuk menjaga keamanan data para investor mereka. Selain memiliki situs dengan ikon gembok, mereka juga akan menerapkan sistem keamanan lapis tiga alias 3 Factor Authentication (3FA). Lapisan ini meliputi password, randomized numerical PIN dan One Time Password (OTP).  

5. Profit yang Masih Masuk Akal

Tentu saja karena terikat oleh aturan yang ditetapkan, platform investasi kredibel tidak akan menawarkan investasi palsu yang menjanjikan keuntungan selangit. Meskipun ada di antaranya yang memang memiliki prospek yang bagus, namun tetap saja potensi profitnya masuk akal. Tidak ada jaminan muluk-muluk karena memang tak diperlukan selama ada lembaga yang menjamin.

Demikianlah ulasan tentang platform investasi terpercaya yang patut Anda pertimbangkan. Memilih dan menggunakan layanan secara asal-asal, asal tidak rugi, asal balik modal dan asal lain-lain, hanya akan mendatangkan kerugian yang tak Kamu harapkan. Selain kehilangan modal, Kamu juga bisa berhadapan dengan resiko penyalahgunaan data dan kehilangan waktu yang berharga karena menunggu profit yang tak nyata. 

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain