Isi Saldo Driver OJOL Murah di Harja Cellular DAFTAR/LOGIN

Cara Mudah Lapor Restoran Tutup Lewat Grab Driver Terbaru

Berikut adalah informasi mengenai cara melaporkan restoran grabfood tutup pada aplikasi grab driver yang baik dan benar agar terhindar dari masalah.

Ruangojol.com - Fitur lapor restoran tutup yang ada di aplikasi Grab Driver jelas sangat penting, karena memudahkan driver menangani masalah orderan tersebut. Restoran tutup merupakan masalah atau kendala yang banyak dialami driver, karena customer sudah terlanjur memesannya.

Biasanya pilihan yang bisa diambil driver adalah mencari restoran yang sejenis, atau membatalkan pesanan. Hanya saja driver tidak bisa membatalkan pesanan begitu saja, melainkan harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan Grab.

Jika secara sepihak membatalkan pesanan, driver bisa dikenai sanksi atau pengurangan poin nantinya. Jadi lebih baik ikut prosedur pembatalan, atau prosedur mengatasi masalah restoran tutup tersebut. Grab kini sudah menghadirkan fitur tersebut untuk memudahkan tugas para driver.

Cara melaporkan resto tutup grabfood maxim

Apa Itu Lapor Restoran Tutup?

Fitur lapor terkait restoran tutup ini merupakan salah satu fitur yang dihadirkan Grab sebagai solusi untuk pesananan Grabfood yang tidak bisa diproses. Jika restoran sudah tutup, tentu pesanan customer tidak bisa dilayani, terutama jika cabang restoran tersebut tidak ada.

Untuk mencegah rasa tidak puas dari customer, Grab menghadirkan fitur ini, agar customer paham bahwa orderan mereka tidak dapat diproses. Terkadang pemilik restoran tidak menutup aplikasi mereka, walaupun makanan yang diresto sudah habis.

Biasanya pada Grabfood, setiap restoran memiliki jam operasionalnya sendiri, dan pada jam yang sudah ditetapkan restoran dibuat tutup pada aplikasi. Hanya saja, terkadang suatu restoran bisa saja tutup lebih cepat dari jam operasionalnya.

Pesanan sudah terlanjur masuk, dan driver tidak bisa menghubungi pihak restoran tersebut. Di sini lah fitur lapor restoran tutup ini sangat dibutuhkan. Pihak Grab nantinya membatalkan orderan, serta memberitahukan kepada customer bahwa resto sudah tutup. 

Fitur ini dapat diakses oleh driver ketika diketahui bahwa resto sudah tutup. Sehingga sistem akan membatalkan orderan, sehingga tidak berpengaruh pada driver. Sebagai driver Grab, sebaiknya pahami cara memanfaatkan fitur lapor restoran tersebut. 

Syarat Mengakses Fitur Laporan Resto Tutup di Grab

Melaporkan restoran sudah tutup kepada Grab, memiliki syarat tertentu, sehingga driver tidak menyalahgunakan fitur ini begitu saja. Terkadang ada juga driver nakal yang malas menerima orderan, dan memilih menggunakan fitur pembatalan ini. Untuk itu, fitur lapor restoran tersebut bisa diakses dengan syarat berikut.

  1. Driver harus sudah sampai di lokasi restoran terlebih dahulu. Artinya ketika menerima orderan, Anda sudah sampai ke lokasi restoran, dan ketika melihat resto tutup baru bisa mengakses menu lapor restoran tutup.
  2. Driver bisa melakukan pembatalan dengan alasan restoran tutup tersebut. Hanya saja, harus juga dijelaskan apakah restoran tersebut tutup sementara atau tutup secara permanen. Jika tutup permanan, maka Grab akan mengubahnya di sistem tersebut. 
  3. Driver juga harus menunjukkan foto restoran yang tutup tersebut, sebagai bukti. Jika tidak ada bukti foto,  bisa-bisa driver dikenai sanksi nantinya, karena dikira membatalkan secara sepihak. Foto restoran harus dibuat jelas, sehingga proses validasinya cepat. 
  4. Syarat lain untuk mengakses fitur lapor restoran tutup ini adalah pastikan koneksi internet Anda lancar, sehingga proses pembatalan cepat, dan driver bisa menerima orderan kembali. 

Cara Melaporkan Retoran yang Tutup di Grab Driver

Proses melaporkan restoran yang sudah tutup tersebut sangat mudah, karena sudah tersedia menunya secara langsung. Jadi driver bisa mengaksesnya dan membatalkan orderan makanan yang sudah diterima sebelumnya. Prosedur pembatalan oder akibat resto tutup yang benar adalah sebagai berikut.

  • Pertama driver harus sudah berada di lokasi restoran, kemudian mengonfirmasinya dengan memilih menu Saya Sudah di Restoran. Setelah itu akan Anda pilihan menu Batalkan, yang terletak di bagian bawah.
  • Anda tinggal memilih Batalkan, lalu akan muncul pilihan alasan pembatalan tersebut. Di bagian ini, tinggal pilih menu Restorannya tutup, sebagai alasan pembatalan. 
  • Pada prosedur lapor restoran tutup yang benar, Anda juga harus menyebutkan apakah restorannya tutup sementara atau tidak. Jadi tinggal pilih menu Buat Sementara atau Tutup Permanen. Setelah itu, Anda pilih menu selanjutnya yang teletak di bagian bawah halaman. 
  • Berikutnya Anda akan diminta menampilkan foto bukti restoran yang sudah tutup tersebut. Pada bagian ini, pastikan papan nama restoran masuk ke dalam foto, agar mudah divalidasikan.
  • Langkah terakhir tinggal pilih kirim. Nantinya Grab akan langsung membatalkan proses orderan tersebut, sehingga driver bisa menerima orderan yang baru. Fitur lapor restoran tutup ini tidak memberikan dampak pada akun driver, jadi jangan ragu untuk menggunakannya. 

Manfaat Fitur Restoran Tutup Pada Grab Driver

Driver memang tidak bisa berbuat apa-apa jika restoran yang dituju ternyata sudah tutup. Kebijakan penutupan restoran ini memang tergantung pada pemilik restoran sendiri, karena bisa saja mereka tiba-tiba tutup pada siang hari, atau saat jam operasional.

Customer biasanya tidak tahu akan hal ini, sehingga perlu diberikan pemberitahuan yang jelas, agar customer bisa memahaminya. Fitur pada aplikasi Grab Driver ini jelas memberikan beberapa manfaat seperti berikut ini. 

1. Mempermudah Proses Pembatalan Orderan

Driver memang diizinkan melakukan pembatalan orderan, namun harus dengan alasan yang jelas. lapor restoran tutup merupakan salah satu alasan yang dapat diterima untuk pembatalan orderan, sehingga para driver Grab tidak mendapatkan sanksi.

Jadi driver bisa langsung membatalkannya dan memberikan alasan yang jelas, yakni restoran sudah tutup. Dengan demikian, orderan akan langsung dibatalkan, sehingga driver tidak perlu bertanggung jawab terhadap konsumen. 

2. Memudahkan Driver Menerima Orderan Baru

Kehadiran fitur lapor restoran tutup ini juga memudahkan para driver untuk menerima orderan baru. Jika driver melakukan pembatalan karena alasan lain, seperti uang tidak mencukupi, biasanya ditandai sebagai kekalaian driver. Akibatnya orderan baru tidak langsung dikirimkan untuk driver Grab.

Namun lewat fitur ini, tidak memiliki efek khusus kepada akun driver. Setelah dibatalkan, jika ada orderan baru, maka bisa langsung diterima akun driver. Jadi Anda tidak dirugikan walaupun sudah membatalkan orderan pesanan Grabfood tersebut. 

3. Sebagai Informasi Pada Sistem Grab

Jika Anda mengakses fitur lapor restoran tutup pada aplikasi Grab tersebut, bermanfaat juga untuk sistem Grab. Pihak Grab akan mengubah di sistem mereka untuk membuat pemberitahuan restoran yang tutup tersebut.

Apa lagi jika restorannya sudah tutup secara permanen, maka laporan yang dibuat driver tentu sangat bermanfaat. Driver lain nantinya tidak perlu lagi datang ke restoran tersebut, karena sudah diinformasikan bahwa restorannya tutup secara permanen. 

Kesimpulan

Layanan Grabfood saat ini semakin diminati para customer terutama karena begitu banyak diskon yang dihadirkan untuk customer. Hal ini juga membuat semakin banyak bermunculan restoran baru yang menjadi mitra Grab tersebut. 

Hanya saja cukup sering kejadian restorannya sudah tutup, sehingga driver harus membuat lapor restoran tutup. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pembatalan, sehingga customer bisa paham alasan orderan mereka tidak bisa diproses.

Fitur ini juga penting sebagai informasi kepada customer dan driver lain, bahkan orderan untuk restoran yang tutup tersebut tidak dapat lagi diproses. Jadi ketika Anda menerima orderan, dan restorannya ternyata tutup, cukup akses menu lapor restoran tutup untuk membatalkannya.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain