Cara Cek Resi Bea Cukai Terbaru, Barang Tertahan dan Tracking Pengiriman

Berikut informasi mengenai Cara Cek Resi Bea Cukai, Barang Tertahan dan Tracking Pengiriman. Yuk simak cara caranya berikut ini!

Ruangojol.com - Pemungutan pajak oleh pemerintah atau bea cukai merupakan hal yang harus dilakukan saat melakukan distribusi barang dari dalam keluar dan juga dari luar ke dalam negeri. Saat barang dari luar negeri sampai di Indonesia pastinya akan diperiksa oleh bea cukai mengenai dokumen,izin dan juga biayanya.

Saat barang ada di bea cukai maka akan membutuhkan beberapa waktu dalam proses pemeriksaan dokumen. Pada pemeriksaan ini kelengkapan dokumen dan surat izin lainnya merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Untuk mengetahui proses pengiriman barang dari luar negeri, cek resi bea cukai penting untuk dilakukan. Dengan begitu akan diketahui hal apa saja yang menjadi masalah jika terjadi suatu problem seperti kurangnya dokumen atau biaya yang dikenakan.

Cara Cek Resi Bea Cukai Terbaru, Barang Tertahan dan Tracking Pengiriman

Apa Itu Cek Resi Bea Cukai?

Merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk melacak proses pengiriman barang dari luar negeri. Dengan melakukan aktivitas cek resi bea cukai maka konsumen dapat mengetahui informasi terkini dari paket tersebut.

Saat terjadi suatu masalah seperti barang tertahan di bea cukai maka dengan cek resi kita dapat mengetahui apa yang menjadi masalahnya.

Cara Cek Resi Bea Cukai

Bagi kalian yang melakukan pembelian atau mengirim barang dari luar negeri tentunya harus melakukan cek resi untuk mengetahui lokasi dan status kiriman paket tersebut.

Terkhusus untuk barang dari luar negeri tentunya memiliki beberapa prosedur yang harus dilewati terlebih dahulu. Untuk cara cek resi bea cukai sendiri dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan aplikasi mobile dan website.

Cara Cek Resi Bea Cukai Melalui Website

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk cek resi bea cukai adalah dengan mengakses website resmi bea cukai. Berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan:

  1. Buka website bea cukai di mesin pencari masing-masing konsumen, untuk mengaksesnya bisa dengan link ini (https://www.beacukai.go.id/barangkiriman).
  2. Masuklah pada menu tracking, kemudian  akan muncul halaman tracking barang kiriman dan tersedia kolom no AWB/Resi/Barang. Masukkan nomor resi pada kolom yang ada tersebut.
  3. Kemudian isilah code yang ada lalu klik saja tombol submit yang ada di samping code tersebut.
  4. Rincian pengiriman barang pun akan ditampilkan di website bea cukai Indonesia

Cara Cek Resi Bea Cukai Melalui Aplikasi Mobile

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk cek resi bea cukai adalah dengan menggunakan aplikasi mobile, berikut ini langkah yang harus dilakukan.

  1. Unduh aplikasi Mobile Beacukai
  2. Kemudian klik menu tracking untuk melakukan cek resi
  3. Pada menu tracking akan ada kolom nomor resi, masukkan nomor resi yang sudah dimiliki oleh masing-masing pengguna.
  4. Kemudian klik tombol search untuk mencari data dari nomor resi pengiriman barang tersebut.
  5. Akan muncul detail status pengiriman barang yang meliputi informasi tentang penerima, tagihan,status dan penerima. Selain itu terdapat riwayat pengiriman barang yang telah dilakukan.

Kesimpulan

Saat melakukan belanja online dari luar negeri maka paket akan diperiksa oleh bea cukai terlebih dahulu di sana akan diperiksa izin, dokumen dan biaya yang ada.

Untuk lebih mudahnya kalian bisa menyerahkan urusan dokumen dan perijinan kepada pihak jasa pengiriman barang yang digunakan.

Saat ingin mengetahui status pengiriman barang di bea cukai kalian bisa melakukannya dengan cek resi. Yang mana dapat dilakukan dengan aplikasi Mobile Beacukai atau di website resmi bea cukai Indonesia.

Demikian pembahasan artikel ini tentang cara cek resi bea cukai, barang tertahan dan tracking pengiriman. Semoga bermanfaat,terimakasih.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain