Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Arti Trucking Logistik dengan Biaya, Kelebihan dan Jasa Terbaru

Berikut informasi mengenai Arti Trucking Logistik dengan Biaya,Kelebihan dan Jasa. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Ruangojol.com - Untuk kalian para pembaca yang masih belum mengetahui apa itu pengiriman Trucking disini penulis akan membahas tentang hal tersebut. Merupakan salah satu pengiriman barang jalur darat yang biasanya digunakan oleh beberapa perusahan.

Dengan menggunakan pengiriman Trucking maka barang atau paket dapat diangkut dalam jumlah besar. Para seller online shop tentunya mengatahui bahwa menggunakan jasa Trucking ini lebih menguntungkan untuk dilakukan.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang arti Trucking logistik dengan biaya, kelebihan dan jasa yang ada akan dijelaskan di bawah ini.

Arti Trucking Logistik dengan Biaya, Kelebihan dan Jasa Terbaru

Apa Itu Trucking Logistik?

Merupakan salah atau jasa pengiriman barang yang dilakukan antar kota atau pulau. Sesuai dengan namanya pengiriman barang dilakukan dengan menggunakan alat transportasi truk.

Untuk layanan yang diberikan tergantung dari perusahaan yang memiliki jasa ini sendiri. Ada perusahaan yang menyediakan layanan pengiriman antar kota saja dan juga ada yang sampai antar pulau.

Saat menggunakan jasa yang satu ini para pemilik usaha atau konsumen mendapatkan keuntungannya tersendiri. Yang mana salah satunya adalah tarif yang dikeluarkan lebih murah dan kapasitas barang yang dikirim dapat melebihi 28kg.

Daftar perusahaan penyedia jasa pengiriman Trucking logistik

Berikut ini adalah beberapa daftar perusahaan ekspedisi yang memiliki jasa pengiriman Trucking logistik yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

  1. Siba Surya 
  2. JNE
  3. Indah Cargo
  4. Wahan 
  5. Iron Bird
  6. Dunex
  7. Deliveree

Tarif Penggunaan Trucking Logistik 

Setelah mengetahui apa itu Trucking logistik dan perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman barang ini. Sekarang sudah saatnya bagi pembaca sekalian mengetahui berapa tarif dari Trucking logistik ini. 

Sebelumnya harus diketahui bahwa untuk setiap perusahaan ekspedisi yang memiliki Trucking logistik mempunyai tarif yang berbeda-beda.

Berikut tarif jasa Trucking logistik:

  • Indah Cargo 

Untuk pengiriman Trucking logistik di Indah Cargo memiliki tarif yang berbeda pada kota tujuan pengirimannya. 

Setiap kota memiliki jarak tempuh yang berbeda, semakin jauh lokasinya maka tarif yang akan dibayar pun akan lebih besar. Inilah beberapa daftar tarif Trucking logistik Indah Cargo di beberapa kota: 

Kota TujuanBiaya Pengiriman >10 KgBiaya Pengiriman >1 Kg
BandungRp3.636Rp22.220
BangkalanRp2.828Rp15.150
BanyuwangiRp2.828Rp15.150
Bawen/AmbarawaRp3.232Rp25.250
Blitar/JombangRp2.828Rp24.240
Blora/Cilacap/SlawiRp4.040Rp27.270
Bogor/CibinongRp7.555Rp26.260
BojonegoroRp2.828Rp24.240
BondowosoRp2.828Rp15.150

  • JNE Trucking

Untuk biaya di JNE Trucking tarif barang dengan bobot <10kg dikenakan biaya minimum 10kg yang ada di perusahaan.

Kemudian paket dengan bobot melebihi 250kg akan dikenakan biaya tambahan. Untuk biaya tambahan per 1kgnya disesuaikan dengan tarif yang ada di perusahaan.

Lalau barang akan dikenakan perhitungan volume trik saat volume barang lebih berat dari berat aktualnya. Rumus yang digunakan adalah (panjang x lebar x tinggi) X tarif 1kg/Rp.6.000.

Saat nilai barang yang akan dikirim memiliki nilai melebihi 10 kali ongkos kirim yang ada. Maka paket tersebut baiknya untuk diasuransikan. Biaya asuransi adalah 0,2% harga barang dan ditambah dengan biaya admin sebesar RRp.5000.

Untuk paket yang membutuhkan layanan packing akan dikenai biaya tambahan. Layanan JTR menerima pengiriman kendaraan seperti motor.

  • Armada Trucking Logistik

Beirkut ini adalah beberapa kendaraan yang digunakan untuk melakukan pengiriman barang dengan jasa Trucking logistik:

  1. Truk Fuso
  2. Wingbox
  3. Mobil box
  4. Container
  5. Truk tronton

Kelebihan Jasa Trucking 

Inilah beberpa kelebihan yang dimiliki oleh jasa Trucking:

  1. Tarifnya lebih murah 
  2. Mengirim barang besar 
  3. Bobot muatan bisa lebih dari 29kg
  4. Mengirim barang antar kota atau pulau
  5. Mengirim semua barang yang legal

Kesimpulan 

Menggunakan jasa Trucking logistik di beberapa jasa ekspedisi memang menguntungkan para konsumennya.

Khususnya saat mengirimkan barang dalam jumlah yang cukup besar. Keuntungan yang didapat konsumen saat menggunakan layanan ini salah satunya adalah tarif yang lebih murah.

Di dalam artikel ini sendiri sudah dituliskan beberapa perusahaan jasa Trucking dan tarif yang ada. Jadi pembaca tinggal memilih akan menggunakan jasa ekspedisi mana yang akan digunakan.

Demikian penulisan artikel ini tentang arti trucking logistik dan biaya,kelebihan serta jasa. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Blogger pemula, belajar menulis dan berbagi informasi bermanfaat.