Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Cara Membuat dan Daftar akun LummoShop (Tokko) Terbaru Untuk Online Shop

Berikut adalah informasi mengenai cara membuat akun tokko dan membuat online shop sendiri tanpa banyak biaya, silahkan ikuti langkahnya dengan benar.

Ruangojol.com - Di era digital saat ini kita dihadapi dengan pergerakan kegiatan ekonomi yang bergeser ke serba berbasis internet. Hadirnya bermacam Marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan sebagainya, menunjukan bahwa minat belanja sebagian besar masyarakat sudah berubah ke online shopping.

Selain lebih mudah dan bisa dilakukan dimana saja, belanja online - yang didominasi oleh kaum perempuan ini - sudah menjadi trend karena dikenal lebih murah, pilihannya beragam, dan tidak menghabiskan banyak energi.

Fakta inilah yang membuat banyaknya pelaku usaha mulai dari Usaha Mikro hingga Makro belomba-lomba membuat toko online versi mereka masing-masing untuk menjaring pembeli sebanyak mungkin. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi LummoShop.

Cara Membuat dan Daftar akun LummoShop (Tokko) Terbaru Untuk Online Shop

Sebuah aplikasi yang populer baru-baru ini dan telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna di Play Store. Lalu apa itu aplikasi LummoShop?

Mengenal Aplikasi LummoShop

LummoShop adalah sebuah aplikasi pembuat website toko online yang mudah untuk digunakan, cepat dan aman. Selain itu LummoShop juga memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya dalam membuat katalog produk dan memungkinkan untuk dapat mempromosikannya kepada pelanggan secara gratis.

Aplikasi ini sistemnya sedikit serupa dengan OLX, yaitu merupakan website jual-beli yang telah lama hadir sebelumnya. Namun bedanya, OLX merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat tampilan produk menjadi bentuk iklan baris, sedangkan LummoShop lebih menyerupai Micro Site dengan tampilan platform jual-beli.

Cara Membuat Akun LummoShop dan Melengkapi Profil

  • Unduh aplikasi LummoShop dari Play Store (Saat ini hanya tersedia bagi pengguna android)
  • Instal LummoShop di smartphone kamu
  • Masukkan nomor ponsel aktif pada kolom (disarankan untuk memasukkan nomor telepon yang digunakan sebagai nomor toko secara khusus,bukan nomor pribadi)
  • Kemudian klik salah satu tombol di bawah keterangan "Kirim OTP via" (Kamu bisa pilih salah satu, kode OTP dikirim lewat sms atau nomor Whatsapp)
  • Kamu akan dibawa ke halaman beranda dan silahkan klik "Akun" untuk membuat detail bisnismu. Pada bagian "Ubah Detail Bisnis", Kamu bisa melakukan beberapa penyuntingan seperti Nama Bisnis, membuat link/url, mengisi nomor kontak bisnis, dan alamat fisik tokomu.

Mengubah Tampilan Halaman dan Mengatur LummoShop

Di halaman "Akun" ini kamu juga bisa mengubah tampilan toko onlinemu agar terlihat lebih menarik. Caranya dengan mengklik "Ubah Tampilan", upload logo dan banner olshop dengan mengklik icon pena di pojok sebelah kanan, kemudian jika kamu sudah membuat katalog pada sebelumnya, kamu juga bisa mengatur halaman yang muncul pertama kali saat pelanggan mengunjungi tokomu. Jika dirasa semuanya sudah selesai, Kamu bisa klik "Selesai Mengedit".

Masih di halaman yang sama, Kamu juga bisa mengatur metode pengiriman, pembayaran hingga membuat permintaan ulasan pada pelanggan jika dibutuhkan. Metode pengiriman penting untuk digunakan bagi penjual produk fisik yang memungkinkan untuk mengirimnya menggunakan jasa pengiriman. Saat ini beberapa Jasa Pengiriman atau ekspedisi yang bekerjasama dengan LummoShop antara lain, Grab, JNE, Ninja Xpress, Paxel dan Mr. Speedy.

Membuat Katalog Produk dan Mengatur Fitur Promosi Di LummoShop

Membuat katalog produk di LummoShop sangatlah mudah, Kamu cukup pergi ke halaman katalog dan mulai membuat katalog produkmu dengan mengklik "Tambah Produk Baru". Silahkan mengisi keterangan yang dibutuhkan serta mengupload foto produk yang paling menarik. Jangan lupa untuk mengaktifkan tombol "Produk Tersedia" agar katalogmu muncul di halaman LummoShop. Lakukan hal yang sama terhadap produkmu yang lainnya.

Selain membuat katalog, LummoShop juga menyediakan Fitur Promosi. Kamu bisa membuat iklan Google dan sosial media, membuat kupon hingga membuat poster media sosial di halaman ini. Menarik bukan? apalagi jika Kamu memang tidak jago desain dan membuat copywritting yang bagus, fitur ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk membantumu dalam membuat bahan promosi. Kamu hanya perlu edit, simpan dan bagikan. Simpel sekali bukan?

Mengontrol Fitur Pesanan dan Membuat Template Formulir Pesanan

Kamu bisa membuat formulir pesanan di halaman beranda dan menyalin template ini untuk membalas pesan orderan dari pelanggan. Tidak hanya satu template, kamu bisa membuat lebih dari satu template pesan yang bisa kamu atur sendiri dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu.

Selain itu LummoShop juga menyediakan fitur pesanan pada bagian halaman "Pesanan" yang memungkinkan kamu untuk bisa mengontrol pelanggan yang telah memesan produkmu. Untuk memahami lebih lanjut, LummoShop menyediakan video tutorial pada halaman ini dan dapat kamu pelajari.

Demikianlah cara membuat akun LummoShop bagi kamu yang berniat untuk membuka toko Online. Aplikasi ini hanyalah salah satu dari beberapa yang mungkin saja sistem kerjanya cocok dan sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Namun ingat bahwa website toko hanyalah penunjang atau pendukung bagi pelaku bisnis. Semua kesuksesan dalam meraih omset penjualan yang tinggi bergantung pada kerja keras, ketekunan, pelayanan yang baik dan tidak lupa disertai dengan doa' pada yang Maha Kuasa. Semoga tutorial ini bermanfaat. Salam Indonesia cerdas, Indonesia berkarya. ^_^

Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)