Cara Daftar Yahoo Finance Terbaru dengan Mudah, Langkah dan Manfaat

Untuk mendukung hal tersebut, ketahui cara daftar aplikasi Yahoo Finance terbaru sebagai perantara untuk membeli produk investasi.

Ruangojol.com - Berinvestasi sudah menjadi bagian dari perencanaan keuangan masyarakat modern. Untuk mendukung hal tersebut, ketahui cara daftar aplikasi Yahoo Finance terbaru sebagai perantara untuk membeli produk investasi.

Aplikasi ini, mudah digunakan untuk pemula yang awam dengan finance technology. Lebih dikenal sebagai perusahaan aplikasi e-mail, Yahoo memiliki berbagai aplikasi seperti mesin pencari, ramalan cuaca, berita, aplikasi berbagi gambar, dll.

Yahoo juga memiliki aplikasi keuangan untuk mengikuti perkembangan ekonomi, terutama mengenai bursa saham. Dengan mendaftar pada aplikasi Yahoo Finance, pengguna bisa mengikuti perkembangan saham dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Cara Daftar Yahoo Finance Terbaru dengan Mudah, Langkah dan Manfaat

Aplikasi ini mudah digunakan oleh para investor, baik pemula maupun profesional. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

Apa itu Aplikasi Yahoo Finance?

Sebagai bagian dari jaringan Yahoo, Yahoo Finance tersedia di website dan juga aplikasi android. Dengan Yahoo Finance, pengguna bisa memantau harga saham meliputi harga pembukaan, harga tertinggi dan terendah, harga penutupan, dan lain-lain.

Karena membutuhkan koneksi internet yang stabil, untuk berselancar pada Yahoo Finance memang disarankan melalui website. Namun, pengguna bisa mendownload aplikasinya pada HP jika ingin menggunakannya lebih sering.

Aplikasi ini cocok untuk memantau pergerakan IHSG dan saham di Indonesia. Para investor juga membutuhkan data utama yang disebut OHLCV (Open, High, Low, Close, dan Volume). Dengan data tersebut, investor bisa menganalisa pergerakan saham yang ada.

Dalam aplikasi Yahoo Finance, pengguna bisa mendapatkan semua data secara lengkap dan gratis. Hanya perlu memiliki akun Yahoo dan masuk ke dalam aplikasi Yahoo Finance. Semua perangkat bisa dipakai untuk mendownload aplikasi ini.

Cara Daftar Aplikasi Yahoo Finance Terbaru

Untuk bisa memanfaatkan berbagai aplikasi Yahoo, pengguna cukup memiliki satu akun Yahoo yang bisa dipakai di berbagai platform keluaran Yahoo. Begitu pun dengan Yahoo Finance, jika pengguna sudah memiliki akun Yahoo, maka pengguna bisa menjadi bagian dari Yahoo Finance. Simak langkahnya:

  • Buka aplikasi Yahoo Finance atau buka melalui situs finance.yahoo.com.
  • Sign in dengan akun Yahoo yang sudah kamu miliki.
  • Jika belum memiliki akun Yahoo, buatlah akun dengan mengunjungi situs Yahoo Mail.
  • Klik Sign Up untuk mulai membuat akun baru.
  • Pengguna hanya perlu memberikan identitas nama, tanggal lahir, dan nomor HP.
  • Yahoo akan memverifikasi nomor HP yang didaftarkan.
  • Jika sudah terverifikasi, maka masuklah ke Yahoo Finance dengan akun Yahoo yang sudah dibuat.

Cara Menggunakan Aplikasi Yahoo Finance

Setelah berhasil masuk ke dalam Yahoo Finance, pengguna bisa mulai untuk berselancar pada fitur-fitur yang ada. Fitur tersebut akan memandu pengguna untuk mengelola dan menganalisa keuangannya. Diantara beberapa hal yang bisa dicoba diantaranya adalah:

1. Membeli Saham di Yahoo Finance

Tujuan pengguna mendaftarkan diri pada Yahoo Finance tentu bukan hanya sekedar melihat-lihat grafik dan berita ekonomi terbaru. Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk jual beli saham, baik dalam Negeri maupun luar Negeri. Berikut langkah untuk membeli saham di Yahoo Finance:

  • Cari saham perusahaan dengan cara mengetikkan kodenya. Contohnya GOTO untuk PT Goto Gojek Tokopedia.
  • Pengguna juga bisa mencari dengan mengetikkan nama perusahaannya.
  • Pada kolom pencarian di Yahoo Finance, tambahkan JK menjadi GOTO.JK sebagai kode untuk perusahaan dari Indonesia. JK dalam kode tersebut merujuk pada Jakarta.
  • Setelah diklik nama perusahaan atau kodenya, maka akan muncul data saham dari PT Goto Gojek Tokopedia. Angka dengan ukuran besar dan tebal menunjukkan harga terkini.
  • Pengguna bisa mengklik tulisan Invest Now untuk mulai berinvestasi pada perusahaan ini.

Dari grafik yang muncul, pengguna bisa menganalisa pergerakan saham. Data grafik yang muncul mulai dari 1D yaitu 1 day, hingga 5Y atau 5 years. Akan muncul pula informasi mengenai persentase pertumbuhan, sehingga bisa menjadi gambaran persentase pertumbuhan kedepannya.

Pengguna bisa membandingkan antara saham perusahaan satu dengan perusahaan lainnya melalui fitur Comparison. Fitur ini bisa membandingkan pergerakan saham, sehingga pengguna bisa menilai saham perusahaan mana yang sebaiknya dibeli.

Setelah membeli saham suatu perusahaan, seluruh nilai saham yang dimiliki akan muncul pada My Portofolio. Dari data yang muncul, pengguna bisa mengetahui apakah posisinya sedang untuk atau rugi.

2. Melihat Return Saham pada Yahoo Finance

Setelah menyelesaikan cara daftar aplikasi Yahoo Finance terbaru dan mempelajari cara membeli saham. Maka, pengguna perlu tahu mengenai cara melihat return pada suatu saham perusahaan. Return adalah timbal balik yang akan didapatkan investor karena kepemilikan sahamnya.

Saat membeli saham, pengguna tentu menginginkan return yang tinggi. Return tersebut bisa dihitung dari data pada saham yang telah dibeli. Berikut cara sederhana untuk menghitung return saham suatu perusahaan:

  • Buka aplikasi Yahoo Finance atau kunjungi situs websitenya.
  • Cari nama perusahaan dengan mengetiknya di kolom pencarian.
  • Jika menggunakan kode maka akhiri dengan kode JK.
  • Setelah muncul, gunakan harga penutupan sebagai data yang akan dihitung.
  • Pakai rumus return saham yaitu harga penutupan kemarin dengan harga hari ini.
  • Hasil dari pengurangan tersebut dibagi dengan harga saham kemarin dan dikalikan 100%.

Penghitungan return saham tersebut bisa dipakai oleh pengguna untuk memprediksi berapa return yang akan didapatkan. Namun, jika hendak membelinya dalam jangka panjang, maka return yang didapatkan bisa bervariasi.

3. Mengambil Data dari Yahoo Finance

Bagi investor profesional, data saham harian sangat penting dan perlu dianalisa. Pengguna bisa mengunduh data pergerakan suatu perusahaan dari Yahoo Finance secara gratis. Berikut langkah yang perlu dilakukan:

  • Buka aplikasi Yahoo Finance atau buka melalui situs website.
  • Temukan nama perusahaan yang dituju dengan mengetiknya di kolom pencarian.
  • Jangan lupa memasukkan kode JK jika ingin memakai kode saham perusahaan.
  • Setelah data muncul, klik pada Historical Price kemudian set pada periode yang datanya akan diunduh.
  • Kemudian klik Get Price.
  • Setelahnya akan muncul deretan harga saham sesuai dengan periode yang sudah diset.
  • Gulirkan hingga bawah laman dan temukan tulisan Download to Spreadsheet.
  • Data tersebut akan terdownload dan tersimpan dengan file csv.

Proses yang mudah ini akan membantu pengguna untuk mempelajari pergerakan saham perusahaan yang diincar. Pengguna bisa memasukannya pada My Watchlist dan membeli saham tersebut di waktu dan harga yang tepat.

Demikian penjelasan mengenai cara daftar aplikasi Yahoo Finance terbaru. Informasi ini akan membantu pengguna untuk memahami pendaftaran dan penggunaan aplikasi Yahoo Finance. Sehingga, aplikasi ini akan mendatangkan manfaat untuk perencanaan keuangan penggunanya.

Data-data fundamental yang muncul pada Yahoo Finance akan membantu pengguna untuk memutuskan pilihan investasinya. Pengguna bisa menyesuaikan metode pembayaran dengan metode yang tersedia pada aplikasi Yahoo Finance yang bersifat internasional.

Setelah menyimak cara daftar aplikasi Yahoo Finance terbaru, pengguna bisa mulai mempelajari hal-hal krusial dalam pembelian saham. Semoga perencanaan keuangan semakin membaik dan investasi pada saham bisa menjadi pilihan pengelolaan keuangan pengguna.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain