Isi Saldo MAXIM Murah! DAFTAR SEKARANG

Cara Mengembalikan Barang COD dari Tiktok Shop, Mudah dan Aman!

Cara mengembalikan barang COD di TikTok Shop harus diketahui agar barang yang tidak sesuai dengan pesanan bisa dikembalikan. Simak penjelasannya.

Ruangojol.com - Terkadang barang yang dibeli melalui platform belanja TikTok Shop tidak sesuai dengan harapan. Jika begitu, maka cara mengembalikan barang COD di TikTok Shop harus diketahui.

Dengan begitu barang yang tidak sesuai dengan pesanan bisa dikembalikan dan pembeli bisa mendapat uangnya kembali.

Jika barang yang didapatkan tidak sesuai pesanan, hak pelanggan adalah mendapatkan pelayanan ganti rugi. TikTok Shop juga melengkapi pelayanannya dengan fitur pengembalian untuk barang pesanan.

Namun ada langkah-langkah dan persyaratan khusus tentunya. Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Cara Mengembalikan Barang COD dari Tiktok Shop, Mudah dan Aman!

Cara Mengembalikan Barang COD dari TikTok Shop

Agar bisa mengembalikan barang yang sudah dipesan, pembeli harus mengikuti langkah cara mengembalikan barang COD di TikTok Shop. Berikut ini akan dibahas cara untuk mengajukan pembatalan langkah demi langkah. Pembeli bisa mengikutinya agar pengajuan pembatalan bisa disetujui.

  • Setelah barang diterima, pembeli harus membuka barang terlebih dahulu.
  • Jangan lupa buat video saat membuka barang.
  • Jika terdapat kerusakan barang, tunjukkan bagian barang yang rusak dalam video.
  • Ambil beberapa foto yang menunjukkan kerusakan yang terjadi pada barang.
  • Setelahnya, pembeli bisa masuk ke aplikasi TikTok yang ada di ponsel pengguna.
  • Jika sudah di dalam aplikasi TikTok, pembeli bisa langsung masuk ke bagian profil yang bisa ditemukan di bagian bawah.
  • Kemudian, pada laman profil, temukan menu pengaturan dan privasi.
  • Dalam menu ini dapat ditemukan menu pesanan yang memuat semua pembelian yang dilakukan melalui TikTok Shop.
  • Buka menu pesanan.
  • Temukan produk yang akan diajukan pengembaliannya ke TikTok Shop.
  • Pada laman pelacakan barang, terdapat menu ‘minta pengembalian uang’.
  • Klik menu tersebut dan laman akan diarahkan ke formulir pengajuan pengembalian.
  • Pembeli bisa mengisi alasan pengembalian.
  • Jangan lupa sertakan semua bukti video unboxing pesanan beserta beberapa foto yang sudah diambil.
  • Kirimkan permintaan pengembalian barang untuk diproses oleh TikTok Shop dan disetujui oleh penjual.
  • Jika penjual sudah menyetujui, penjual akan memberikan alamat pengiriman barangnya.
  • Pembeli akan mendapatkan kompensasi berupa pengembalian dana sejumlah pesanan.

Alasan Pengembalian Barang

Mengikuti keseluruhan langkah cara mengembalikan barang COD di TikTok Shop ternyata juga didukung dengan alasan yang diberikan. Beberapa alasan tidak akan diterima oleh TikTok untuk pengembalian barang. Untuk menyiasatinya, beberapa alasan di bawah ini bisa digunakan untuk melengkapi pengajuan pengembalian barang:

1. Pesanan yang Tidak Sengaja

Banyak pembeli yang tidak sengaja membuat pemesanan. Biasanya ketika ponsel sedang digunakan oleh orang lain lalu tidak sengaja terpesan. Atau bisa saja pembeli merupakan pengguna TikTok baru yang belum memahami TikTok Shop. Alasan ini bisa dipakai untuk mengajukan pembatalan. 

Masukkan saja pada kolom alasan yang diberikan di formulir pembatalan. Sertakan alasan tambahan jika memang ada alasan lain selain alasan yang ini.

2. Barang Salah Pilih

Di TikTok shop, banyak barang yang bisa dipilih. Satu barang juga memiliki banyak variasi untuk dipilih. Terkadang hal tersebut membuat pembeli salah memilih barang yang akan dibeli. Variasi yang dipilih tertukar dengan variasi yang lain. Alasan ini juga bisa digunakan saat pengajuan pembatalan.

3. Barang Tidak Sesuai

Selain kekeliruan yang dilakukan oleh pembeli, beberapa kekeliruan juga datang dari penjual. Penjual kurang teliti dalam mempersiapkan pesanan menyebabkan terjadi kekeliruan dalam pengiriman. Akibatnya, barang yang diterima oleh pembeli tidak sesuai dengan pesanannya.

4. Barang Cacat atau Rusak

Kesalahan ini bisa memiliki berbagai kemungkinan. Bisa memang karena penjual tidak memberikan barang yang bagus, atau kecacatan saat pengiriman. Untuk itu, jika barang yang diterima cacat, pembeli bisa mengajukan retur. Dengan begitu, pembeli bisa mendapat ganti rugi barang atau pengembalian dana.

5. Pesanan Keliru

Beberapa TikTok shop melayani banyak sekali pesanan. Hal ini memungkinkan terjadinya kekeliruan pesanan pembeli yang dikirimkan oleh toko. Bisa jadi salah barang atau bahkan salah penerima. Jika hal ini terjadi, pembeli bisa segera mengajukan pengembalian segera setelah menyadari bahwa barang keliru.

6. Barang Tidak Lengkap

Biasanya pembeli akan membuat pesanan beberapa barang sekaligus. Atau toko menjual barang dengan tipe bundle. Seringkali barang yang tertulis di detail tidak terkirim semuanya. Beberapa barang tertinggal sehingga pembeli mendapat barang yang tidak lengkap. Alasan ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan barang.

Syarat Pengembalian Barang

Disamping langkah cara mengembalikan barang COD di TikTok Shop yang harus diikuti dengan runtut dan alasannya, ada persyaratan yang harus dipenuhi. Tanpa memenuhi persyaratan ini, pengembalian barang bisa saja ditolak. Untuk itu, perhatikan syarat-syarat pengembalian barang berikut ini:

1. Memberi Alasan yang Sesuai

Untuk bisa mengembalikan barang yang sudah dibeli, pembeli tentu harus memiliki alasan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa alasan yang bisa diterima oleh TikTok Shop. Gunakan alasan tersebut untuk melengkapi pengajuan pengembalian barang sehingga pengembalian bisa disetujui.

2. Pesanan Sudah Diterima

Pembeli baru bisa mengajukan pengembalian hanya jika barang sudah diterima. Jika barang masih dalam proses pengiriman maka belum bisa dilakukan pengajuan pengembalian. Hal ini dikarenakan pembeli sudah tentu belum melihat bentuk barang yang akan dikembalikan. Maka, lakukan pengembalian saat barang sudah diterima.

3. Membuat Video Pembukaan Paket

Semua portal belanja daring tentu akan memberi peringatan bagi pembeli untuk membuat video saat sedang membuka paket. Hal ini ditujukan agar pembeli bisa menyertakan bukti bahwa kerusakan bukan disebabkan oleh pemakaian. Video pembukaan paket ini wajib disertakan saat mengajukan pengembalian.

4. Pembeli Mengajukan Pengembalian

Setelah barang diterima dan dibuka, pembeli bisa mengajukan pengembalian. Pengajuan pengembalian bisa dilakukan sesuai tutorial di atas. Pembeli perlu mengisi beberapa data dalam formulir pengajuan pengembalian. Pastikan data lengkap karena jika tidak maka pengajuan pengembalian tidak akan bisa disetujui.

5. Melakukan Diskusi dengan Penjual

Setelah mengajukan pengembalian pembeli harus melakukan mediasi atau diskusi dengan penjual. Penjual bisa melakukan tanya jawab dengan pengaju. Diskusi di dilakukan di dalam aplikasi TikTok sehingga semua transaksinya diawasi oleh TikTok. Nantinya, jalan tengah untuk pengajuan ini bisa ditemukan bersama.

6. Penjual Menyetujui Pengembalian

Pengajuan yang diajukan oleh pembeli tidak semata-mata disetujui oleh TikTok shop. Penjual juga harus menyetujui pengajuan tersebut. Biasanya, setelah ditemukan jalan tengah dari diskusi, penjual akan menyetujuinya. Dengan begitu, transaksi ini tidak merugikan pembeli maupun penjual.

Siapa yang Menanggung Biaya Pengiriman?

Saat akan mengembalikan barang yang dibeli dari TikTok Shop pasti pembeli akan berpikir tentang biaya pengirimannya. Siapakah yang akan menanggung biayanya? Nyatanya, TikTok shop tidak menanggung biaya pengiriman untuk barang yang dikembalikan.

Karenanya, pembeli dan penjual bisa melakukan diskusi. Jangan lupa untuk membicarakan siapa yang akan membayar biaya pengiriman. Apakah biaya akan dibebankan ke pembeli sepenuhnya atau ke penjual sepenuhnya. 

Dengan memenuhi semua persyaratan barang yang akan dikembalikan, pembeli pasti bisa mengembalikan barangnya. Jangan lupa untuk mengikuti keseluruhan langkah cara mengembalikan barang COD di TikTok Shop. Dengan begitu pengajuan pengembalian bisa diproses dengan lancar.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain