Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Mengapa I-Kupon Indomaret Tidak Bisa Digunakan? Penyebab dan Solusinnya

Terkadang I Kupon Indomaret tidak bisa digunakan karena beberapa alasan. Begini beberapa hal yang menjadi penyebabnya dan penjelasannya bisa disimak.

Ruangojol.com - Teknologi dalam jual beli yang sedang viral adalah voucher elektronik. Pemberlakuan voucher belanja elektronik ini diterapkan juga oleh Indomaret, yakni i-Kupon. Namun terkadang I Kupon Indomaret tidak bisa digunakan. Hal ini sering membuat panik pengguna ketika akan memakainya untuk membayar.

Selain bingung karena tidak bisa dipakai, beberapa pengguna juga masih belum mengetahui cara menggunakan I Kupon Indomaret. Padahal voucher belanja tersebut memiliki banyak kelebihan dibandingkan voucher biasa. Pengguna bisa memakainya dengan lebih praktis karena kode cukup diakses melalui ponsel saja.

Oleh karenanya, pengguna i-Kupon Indomaret harus mengetahui bagaimana cara yang benar untuk memakainya. Pengguna juga wajib memahami beberapa alasan voucher belanja elektronik tersebut tidak bisa digunakan. Bagi yang penasaran ingin mengetahui cara serta alasan tersebut, simak informasi lengkapnya berikut ini:

Mengapa I-Kupon Indomaret Tidak Bisa Digunakan, Penyebab dan Solusinnya

Penyebab I-Kupon Indomaret Tidak Bisa dipakai

Kendala yang kerap dialami pengguna i-Kupon Indomaret yakni ketika voucher tersebut tidak bisa digunakan. Berikut ini empat alasan mengapa kupon tidak dapat dipakai:

1. Kupon Belum diaktivasi

Ada beberapa pengguna yang mendapatkan voucher elektronik Indomaret dari orang lain atau sebagai hadiah. Voucher yang didapat dari orang lain rawan untuk tidak bisa digunakan. Hal ini dikarenakan i-Kupon biasanya belum diaktivasi.

Pengaktivasian kupon dilakukan oleh kasir Indomaret di mana kupon tersebut dibeli. Voucher elektronik tidak dapat diaktifkan selain tempat di mana barang tersebut diperoleh. Maka dari itu, sebelum menggunakannya, pengguna harus memastikan voucher sudah diaktivasi atau mengetahui di mana voucher dibeli.

2. Masa Aktif Kupon Habis

Alasan kedua I Kupon Indomaret tidak bisa digunakan yaitu karena kadaluarsa. Kupon masih bisa digunakan hingga satu bulan setelah dikirim. Lebih dari masa satu bulan, voucher elektronik tidak dapat lagi dimanfaatkan.

Waktu berlaku i-Kupon juga tidak bisa diperpanjang. Maka dari itu, selalu perhatikan kapan voucher tersebut dibeli dari Indomaret dan ingatlah batas masa berlakunya. Jangan sampai pengguna rugi uang dalam jumlah cukup besar, karena minimal nominal voucher adalah 50.000 rupiah.

3. Membeli Produk yang Tidak Sesuai Ketentuan

Tidak semua produk di Indomaret dapat dibeli dengan i-Kupon. Contoh barang yang tidak bisa dibeli dengan voucher elektronik tersebut yakni gas, susu instan, serta rokok. Pengguna juga tidak bisa memanfaatkannya untuk membeli item virtual seperti kuota data dan juga pulsa.

Sebelum menggunakan i-Kupon Indomaret, ingat pengecualian produk yang tertera di atas. Sebaiknya, pengguna memanfaatkan kupon untuk membeli kebutuhan sehari-hari yang lain, seperti alat mandi serta sembako.

4. Transaksi dibatalkan

I Kupon Indomaret tidak bisa digunakan juga ketika pihak outlet membatalkan transaksi karena beberapa pertimbangan. Misalnya, ketika pengguna membeli barang dengan jumlah terlalu banyak atau ketika barang yang dibeli tidak tersedia. Voucher pun tidak berlaku apabila pengguna memakai akun palsu.

Cara Mendapat I-Kupon Indomaret

Dibandingkan faktor mengapa I Kupon Indomaret tidak bisa digunakan, cara memperolehnya lebih penting untuk diketahui terlebih dahulu. Lebih lengkapnya, simak penjabaran berikut:

1. Melalui Ultra Voucher

Aplikasi Ultra Voucher ini bekerja sama dengan banyak pihak, termasuk Indomaret. Oleh karenanya, pengguna dapat membeli kupon elektronik melalui aplikasi ini dengan langkah-langkah:

  • Buka ponsel kemudian unduh aplikasi Ultra Voucher.
  • Masuk ke Ultra Voucher jika telah terpasang dan registrasi akun terlebih dahulu.
  • Isi data yang berupa nama dan nomor telepon. Buat juga kata sandi akun pada kolom yang disediakan.
  • Pantau kotak masuk SMS di nomor yang dipakai untuk registrasi karena Ultra Voucher akan mengirimkan kode OTP.
  • Masukkan kode OTP yang sudah dikirim. Pengguna akan otomatis masuk ke aplikasi dengan akun yang telah terdaftar.
  • Masuk ke menu Retail & Dept Store serta klik Indomaret.
  • Pilih “Voucher Digital” pada daftar jenis kupon elektronik.
  • Klik voucher dengan nominal yang dibutuhkan
  • Pilih tulisan “beli” lalu bayar menggunakan metode yang diinginkan. Setelah proses pembayaran selesai, i-Kupon akan langsung tersimpan di aplikasi.

2. Melalui OVO

Aplikasi OVO sudah banyak diketahui masyarakat. Untuk membeli i-Kupon di platform ini, pengguna harus melakukan langkah-langkah:

  • Nyalakan smartphone dan unduh OVO terlebih dahulu di App Store atau juga Play Store.
  • Masuk ke OVO setelah sukses terpasang.
  • Masukkan nama, alamat email yang aktif atau sering digunakan, serta nomor telepon.
  • Cek apabila pihak OVO telah mengirimkan kode One-Time Password ke email atau SMS. Jika sudah menerima, masukkan kode tersebut ke kolom registrasi.
  • Buat sandi keamanan pribadi untuk keperluan transaksi yang lebih terjaga.
  • Submit kata sandi dan tunggu akun aktif. Setelah aktif, langsung masuk lagi ke dalam aplikasi.
  • Pilih fitur bernama Deals pada laman awal OVO.
  • Cari “Indomaret” kemudian klik tulisan Voucher.
  • Pilih saja “Beli Sekarang” dan tentukan metode pembayaran yang hendak digunakan.
  • Masukkan kata sandi keamanan pribadi yang sudah dibuat, lalu tunggu hingga muncul notifikasi pembelian kupon sukses.

Cara Menggunakan I-Kupon Indomaret

Bila pengguna sudah mengatasi masalah I Kupon Indomaret tidak bisa digunakan, sekarang waktunya mengetahui informasi yang satu ini. Bagi yang ingin menggunakan voucher elektronik tersebut untuk pertama kali, perhatikan dua caranya di bawah ini:

1. Datang ke Outlet

Karena outlet atau toko Indomaret tersebar di banyak daerah Indonesia, mayoritas masyarakat pasti tidak keberatan untuk berbelanja secara langsung. Bagi pengguna yang memilih berbelanja langsung di toko, maka i-Kupon dapat dipakai dengan langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi Indomaret di mana voucher elektronik pengguna bisa ditukarkan.
  • Kumpulkan produk yang ingin dibeli. Harap ingat untuk membeli produk selain gas 12 dan 5,5 kilo, susu instan, item virtual, serta rokok
  • Serahkan semua barang belanjaan ke kasir dan buka aplikasi di mana pengguna membeli atau memperoleh voucher elektronik.
  • Cari dan tunjukkan kode i-Kupon kepada pihak kasir.
  • Tunggu kasir memproses pembayaran dengan kupon.

2. Dari Klik Indomaret

Bagi yang memilih untuk berbelanja lewat aplikasi Klik Indomaret, cara menggunakan i-Kupon tentu berbeda dari sebelumnya. Langkah-langkah yang harus diikuti yakni:

  • Masuk dalam aplikasi Klik Indomaret.
  • Lakukan registrasi jika belum atau langsung akses ke akun yang dimiliki.
  • Cari dan kumpulkan produk-produk yang ingin dibeli.
  • Klik Check Out dan periksa barang belanjaan sekali lagi.
  • Isi kode i-Kupon pada kolom di sebelah kanan.
  • Pilih tempat pengambilan barang atau ke mana belanjaan harus diantar.
  • Pilih metode pembayaran.
  • Tunggu email konfirmasi yang akan dikirimkan pihak Indomaret.

Demikian empat faktor penyebab I Kupon Indomaret tidak bisa digunakan beserta penjelasan lengkapnya. Pengguna harus menghindari empat penyebab di atas sebelum menggunakan voucher belanja elektronik tersebut. Jangan sampai kebingungan ketika ingin memanfaatkan kupon, namun ternyata malah tidak bisa dipakai.

Simak pula informasi tentang cara memperoleh dan menggunakan voucher elektronik ini. Khusus bagi pengguna baru, penjelasan tentang cara-cara di atas dapat membantu dalam proses belanja menggunakan i-Kupon dari Indomaret. Segera manfaatkan kupon yang praktis tersebut agar aktivitas belanja semakin menyenangkan.

Saya seorang penulis freelance