Isi Saldo MAXIM Murah! DAFTAR SEKARANG

Penyebab dan Solusi Paket Sentral Cargo Lama Sampai Lokasi

Kendala yang membuat paket Sentral Cargo lama sampai karena adanya beberapa hal yang tidak terduga. Berikut penjelasannya bisa disimak!

Ruangojol.com - Memanfaatkan jasa ekspedisi kargo sudah menjadi pilihan terbaik untuk mengirim paket berukuran besar atau berat tetapi tetap hemat biaya pengiriman. Hanya saja ada kalanya terjadi kendala yang membuat paket Sentral Cargo lama sampai karena adanya beberapa hal yang tidak terduga.

Sebaiknya jangan keburu merasa sebal, siapa tahu ada hal yang selama ini belum diketahui tentang seluk beluk alur pengiriman barang. Setidaknya pelanggan bisa melakukan pemantauan terhadap status pengiriman barang dan bagaimanapun keterlambatan juga bukan hal yang diinginkan ekspedisi mana pun.

Untuk itu, penting bagi pelanggan untuk memahami berbagai penyebab dan solusi agar tahu yang harus dilakukan ketika mengalami kendala pengiriman. Semuanya akan dijelaskan, termasuk hal-hal yang perlu diperhatikan terkait pengiriman barang, selengkapnya dapat disimak dalam penjelasan di bawah ini:

Penyebab dan Solusi Paket Sentral Cargo Lama Sampai Lokasi

Penyebab Paket Tidak Kunjung Sampai

Tentunya setiap orang selalu senang bila paket yang dinantikan bisa sampai dengan segera dan merasa tidak sabar untuk menanti. Tidak jarang pelanggan penasaran bagaimana bisa paket lama sampai apalagi bila sudah melampaui dari batas estimasi pengiriman yang dijanjikan sebelumnya.

Jangan keburu kecewa, setiap ekspedisi tentu berusaha memberikan pelayanan pengiriman yang tepat waktu supaya bisa diandalkan oleh banyak pelanggan. Maka dari itu, coba ketahui beberapa kemungkinan yang menyebabkan paket terlambat tiba di tujuan dengan menyimak penjelasan berikut ini:

  • Terjadi Overload. Istilah overload merupakan kondisi penumpukan paket yang melebihi kapasitas normal sehingga mengakibatkan terjadinya penundaan paket untuk bisa sampai ke penerima. Hal ini biasanya terjadi ketika ada momen tertentu seperti perayaan Idul Fitri, Natal, hingga promo belanja online di tiap tanggal kembar. 
  • Permasalahan Sistem Tracking. Keterlambatan pengiriman mungkin terjadi karena adanya sistem tracking yang bermasalah sehingga data yang tercatat tidak sesuai dengan kondisi di lapangan. Bisa saja barang sebenarnya sudah tiba di lokasi tujuan tetapi sistem masih belum update dan tidak menampilkan data yang terbaru.
  • Penundaan Transportasi. Keterlambatan pengiriman bisa terjadi ketika terjadi penundaan keberangkatan pada tim ekspedisi yang kebetulan sedang bertugas untuk mengirimkan paket ke tujuan. Terutama pada paket pengiriman antar pulau, penundaan pengiriman bisa terjadi karena harus menunggu keberangkatan kapal atau pesawat yang reschedule.
  • Lokasi yang Jauh. Jarak antara lokasi pengirim dan penerima bisa menjadi tolok ukur estimasi pengiriman, semakin jauh jaraknya maka dibutuhkan waktu lebih lama. Apalagi bila lokasi yang dituju juga jauh dari kota dan juga lokasi gudang ekspedisi sehingga akan membuat pengiriman sedikit tertunda.
  • Terjadi Bencana Alam. Hal ini tentu kejadian yang tidak bisa diprediksi dan mungkin bisa menimpa siapa saja, termasuk pada tim yang bertugas mengirim. Misalnya, ketika terjadi bencana banjir atau longsor yang menyebabkan akses ke lokasi tidak bisa dijangkau seperti biasanya dan menyebabkan penundaan. 

Solusi Mengatasi Paket Sentral Cargo Lama Sampai

Dari beragam penyebab keterlambatan, mungkin ada sebagian yang dapat diantisipasi dan dicarikan solusi yang paling memungkinkan untuk dilakukan pelanggan. Ketika paket Sentral Cargo lama sampai, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar mudah melacak dan merasa lebih tenang, di antaranya:

1. Melacak Melalui Sistem

Beruntungnya sekarang sudah ada sistem tracking yang dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan pengecekan status barang melalui nomor resi pengiriman. Kapan pun pelanggan bisa tahu apakah paket mengalami penundaan pengiriman, sudah transit di daerah tertentu, dan kapan tiba di tujuan.

2. Mengecek Estimasi Pengiriman

Setiap mengirim barang, pelanggan akan diberi informasi terkait estimasi paket tiba di tujuan berdasarkan perkiraan kondisi normal tanpa kendala. Sebelum melebihi waktu estimasi sebaiknya tetap sabar menunggu dan melakukan pelacakan melalui situs Sentral Cargo atau aplikasi mobile yang disediakan.

3. Mengecek Kembali Alamat Pengiriman

Bila melalui pelacakan resi terdapat informasi bahwa paket justru dikembalikan ke lokasi pengiriman, sebaiknya coba cek alamat pengiriman di resi. Bisa jadi alamat dan kontak yang tercantum tidak dapat ditemukan karena alamat tidak sesuai atau ditolak karena bukan alamat penerima.

4. Menghubungi CS

Ketika paket sudah terlambat lebih dari 24 jam, silakan hubungi tim Sentral Cargo melalui layanan WhatsApp, email, atau telepon berikut ini:

  • Via email di customercare@sentralcargo.co.id.
  • Layanan call center 021-6303456 atau 021-6332507.
  • WhatsApp melalui 081291522799 (customer) atau 081296995996 (marketing).

5. Mendatangi Kantor Cabang

Langkah ini bisa dilakukan terutama ketika barang tak kunjung diterima, cukup dengan membawa serta nomor resi yang ingin dilacak. Untuk mengetahui alamat lengkap kantor Sentral Cargo paling dekat, pelanggan bisa langsung cek dengan mudah melalui situs resmi sentralcargo.co.id.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengirim Paket 

Sebelum mengirim paket, tentunya alamat dan kontak penerima menjadi salah satu unsur yang tidak boleh disepelekan dan bisa menentukan kelancaran pengiriman. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan pelanggan untuk mengantisipasi paket Sentral Cargo lama sampai, bisa jadi berikut ini bisa membantu:

1. Penulisan Alamat 

Ketika menuliskan alamat penerima dan pengirim, disarankan untuk mencantumkan secara lengkap mulai dari jalan, kelurahan, kecamatan, kota, dan kode pos. Bila perlu beri catatan khusus tentang ciri-ciri lokasi, misalnya dekat dengan bangunan tertentu dan memiliki warna pada pagar atau bangunan. 

2. Pencantuman Kontak

Tidak kalah penting mencantumkan nomor kontak yang aktif, hal ini kelak dapat memudahkan kurir dalam menghubungi pelanggan ketika ada kendala. Terutama ketika kurir mengalami kesulitan dalam menemukan alamat yang tertera sehingga sewaktu-waktu bila diperlukan dapat langsung menanyakan petunjuk ke pelanggan.

3. Pahami Estimasi Pengiriman

Jangan keburu panik bila merasa bahwa paket tidak kunjung datang, kadang kalanya tiap lokasi akan membutuhkan estimasi pengiriman yang berbeda. Oleh karena itu, bisa tanyakan estimasi durasi pengiriman dari tim Sentral Cargo karena tiap ekspedisi memiliki standar pengiriman yang berbeda.

4. Pertimbangan Waktu

Untuk mengantisipasi terjadinya keterlambatan, sebaiknya hindari mengirim barang secara mendadak. Apalagi untuk keperluan dalam waktu yang berdekatan dengan estimasi pengiriman. 

Sebaiknya rencanakan pengiriman lebih awal dengan mempertimbangkan peluang keterlambatan. Tujuannya agar tidak melampaui tenggat waktu dan pelanggan bisa lebih tenang menunggu.

Pengajuan Klaim Paket Tidak Sampai

Ada kemungkinan buruk yang terjadi salah satunya ketika terjadi kecelakaan yang membuat barang rusak dan hilang sehingga tidak bisa dikirimkan. Hal semacam ini tentu jarang terjadi karena Sentral Cargo tetap berupaya yang terbaik untuk mengirimkan barang dengan aman sampai tujuan.

Saat pihak customer service telah mengonfirmasi adanya paket yang hilang, pelanggan berhak mendapat kesempatan klaim ganti rugi sesuai kategori barang. Terlebih bila barang yang dikirim juga diasuransikan maka akan ada perhitungan khusus sesuai dengan nilai yang telah diasuransikan oleh pelanggan.

Setelah menyimak penyebab paket Sentral Cargo lama sampai, pelanggan menjadi lebih tahu tentang solusi ketika menghadapi hal yang tidak diinginkan. Kelak tidak hanya bisa menentukan tindakan yang perlu dilakukan, tetapi juga hal yang perlu diperhatikan untuk mengantisipasi estimasi yang meleset.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain