Isi Saldo MAXIM Murah! DAFTAR SEKARANG

Cara Mengatasi Paket Paxel Hilang, Syarat dan Langkah Klaim Ganti Rugi

Cara mengatasi paket Paxel hilang ternyata cukup mudah untuk dilakukan asal memahami apa saja persyaratannya. Begini ulasan lengkapnya.

Ruangojol.com - Kehilangan paket barang yang sedang ditunggu-tunggu lewat pengiriman Paxel memang bukanlah hal yang diinginkan secara sengaja. Tetapi jika hal itu terjadi, tentu pasti ada cara mengatasi paket Paxel hilang yang ternyata cukup mudah.

Permasalahan paket hilang memang sudah sering dijumpai pada jasa ekspedisi tak luput juga ekspedisi Paxel. Kejadian kehilangan paket dapat dikatakan kesalahan murni dari pihak ekspedisi, sehingga pengguna dapat mengajukan klaim ganti rugi. Asalkan pengguna mengikuti prosedur yang sudah ditentukan dari pihak pengiriman yang digunakan.

Cara Mengatasi Paket Paxel Hilang, Syarat dan Langkah Klaim Ganti Rugi

Syarat Mengajukan Paket Paxel Hilang

Pengiriman Paxel memang memiliki tarif yang cukup terjangkau. Dengan tarif yang terjangkau, bukan berarti pelayanan dalam pengirimannya buruk ataupun jelek. Tetapi mungkin akan ada beberapa permasalahan yang ditimbulkan. Termasuk juga kemungkinan kehilangan paket saat dalam proses pengiriman.

Dalam setiap pengiriman paket yang hilang pengguna dapat mengajukan ganti rugi hingga Rp.1.000.000. Dan saat pengguna mengaktifkan layanan asuransi tambahan dengan membayar biaya tambahan sebesar Rp.1000, maka membuat pengguna berhak mengajukan ganti rugi hingga Rp.10.000.000.

Dikarenakan tidak semua barang bisa mendapatkan ganti rugi saat paket hilang, maka pengguna jasa pelayanan pengiriman Paxel wajib mengetahui persyaratan ini agar mempermudah pengguna saat tiba-tiba paket barangnya hilang.

Pengguna harus tahu dulu persyaratan apa saja yang harus disiapkan agar paket Paxel yang hilang dapat mudah dilacak dan bisa mendapatkan ganti rugi dari pihak Paxel. Terlebih permasalahan paket Paxel hilang dapat dengan baik ditangani oleh pihak Paxel jika sesuai dengan prosedur yang ditentukan.

Beberapa persyaratan yang diminta Paxel adalah berupa dokumen pengiriman paket yang dapat dilacak juga dapat diverifikasi oleh pihak Paxel. Mengurus paket yang hilang hanya dapat dilakukan pada hari kerja sehingga mendapatkan pelayanan maksimal. Simak beberapa persyaratan yang diwajibkan Paxel ini.

  • Siapkan bukti pengiriman paket seperti invoice, nota pembelian, bukti transfer. Selain itu, siapkan juga nomor resi/AWB dari paket yang hilang.
  • Persiapkan juga dokumen penunjang identitas diri berupa SIM atau KTP.
  • Sediakan bukti foto barang yang didapat dari pengirim. Klaim ganti rugi dapat diajukan ke pihak Paxel di hari kerja yaitu di hari Senin hingga hari Jumat.
  • Bermacam-macam paket Paxel yang bisa di klaim untuk pengajuan pengembalian jika hilang. Meliputi makanan beku, barang elektronik, gadget, barang rumah tangga, perlengkapan mobil dan motor dan lain-lain. 

Batas Waktu Pengajuan Klaim Barang Hilang

Klaim paket Paxel hilang memiliki batas waktu 3 x 24 jam berdasarkan tanggal estimasi paket sampai ke tujuan. Apabila sudah melewati 3 hari kerja, maka paket yang dikirim akan kesulitan untuk diklaim karena Paxel memiliki hak untuk tidak melanjutkan prosesnya.

Saat sudah melebihi batas waktu pengiriman dan paket tak kunjung sampai, pengguna dapat menghubungi call center Paxel dan mengajukan klaim. Karena banyak pengguna yang menggunakan jasa pengiriman Paxel juga, maka pelayanan call center 24 jam terkadang cukup lambat.

Pengajuan komplain Paxel hanya dapat dilakukan ketika hari kerja saja, di luar itu akan ditangani pada hari kerja berikutnya. Sebelum mengajukan komplain dan menerapkan cara mengatasi paket Paxel hilang, cek resi Paxel terlebih dahulu untuk memastikan estimasi waktu sampainya dan juga bukti pengirimannya.

Beberapa dokumen yang perlu dan harus disiapkan sebelum mengajukan komplain ganti rugi barang hilang adalah dokumen transaksi pembelian barang, invoice, bukti transfer atau nota pengiriman barang. Serta identitas baik berupa KTP atau SIM dan foto barang atau paket yang hilang.

Cara Mengatasi Paket Paxel Hilang

Setelah memahami dan mengetahui persyaratan serta batas waktu pengajuan klaim barang hilang di Paxel, maka begini cara mengatasi paket Paxel hilang agar pengguna bisa mendapatkan ganti rugi yang sesuai.

1. Kontak Paxel Call Center 24 Jam

Saat mendapati dan mengetahui paket Paxel hilang, pengguna dapat langsung menghubungi Paxel call center yang tersedia 24 jam. Untuk memastikan paketnya benar hilang atau hanya masih berada di pihak Paxel dan belum sampai ke pengguna atau penerima.

Pengguna dapat menghubungi call center Paxel dengan berbagai cara, melalui WhatsApp call center Paxel yang 24 jam ataupun beberapa layanan lain seperti sosial media seperti Instagram dan Facebook. Berikut cara menghubungi call center Paxel:

  • Melalui Call Center Paxel via WhatsApp. Pengguna dapat menghubungi WhatsApp call center Paxel di nomor 0855-7467-0318. WhatsApp call center Paxel tersedia dan aktif 24 jam penuh untuk membantu pengguna setia ekspedisi Paxel.
  • Melalui Nomor Telepon Paxel Pusat. Selain melalui WhatsApp call center, pengguna juga dapat langsung menghubungi nomor telepon Paxel pusat atau nomor Paxel terdekat yang ada di tempat pengguna. Pastikan dokumen dan persyaratan lain yang mungkin akan ditanyakan customer service sudah disiapkan.
  • Melalui Email Paxel. Selain WhatsApp dan nomor telepon, pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan tentang barang yang hilang melalui email Paxel. Namun cara ini tentu kurang efisien, mengingat yang mengirim Email ke Paxel bukan hanya 1 atau 2 orang saja.
  • Melalui Sosial Media Paxel. Pengguna dapat juga mengajukan pertanyaan atau permintaan ganti rugi melalui direct message atau pesan pada sosial media Paxel. Pengguna dapat mengajukannya di sosial media Facebook, Tiktok ataupun Instagram Paxel.

Namun meskipun Customer Service atau Call Center Paxel tersedia dalam 24 jam, bukan berarti dapat dimanfaatkan kapan saja. Pengguna hanya bisa melakukan pengajuan ganti rugi paket hilang hanya pada jam dan hari kerja saja. Tentu kesabaran cukup dibutuhkan dalam hal ini.

2. Ajukan Klaim Paxel

Saat paket Paxel dipastikan hilang, pengguna dapat mengajukan ke pihak Paxel untuk mendapatkan ganti rugi paket yang hilang. Pengguna harus mempersiapkan persyaratan dan dokumen untuk menunjang pengajuan ganti rugi. Berikut cara mengajukan klaim Paxel untuk mendapatkan ganti rugi:

  • Buka browser pada smartphone dan masuk ke halaman pencarian Google.
  • Buka halaman claim.paxel.com dan lalu klik cari.
  • Pada halaman pertama website Paxel, ketikkan nomor resi atau nomor AWB dari paket yang dikirim, lalu tekan submit.
  • Lanjut dengan mengisi formulir pengajuan klaim, lengkapi pula data pelanggan dan paketnya, lalu selanjutnya tekan kirim.
  • Tunggu sampai dengan formulir terkirim, selanjutnya customer service Paxel akan melakukan validasi, kemudian akan menghubungi kembali dalam waktu 2 x 24 jam.
  • Berikutnya jika semua persyaratan sudah lengkap dan sesuai, Paxel akan mulai melakukan pembayaran ganti rugi paket yang telah hilang.
  • Pembayaran ganti rugi akan dikirim ke nomor rekening yang telah terdaftar di formulir pengajuan klaim dalam waktu 1 x 24 jam.
  • Kerugian paket akan diganti berdasarkan nominal pembeliannya dan tidak berlaku sistem imateril.

Ulasan cara mengatasi paket Paxel hilang ini mudah untuk dilakukan, asalkan persyaratan dan waktu pengajuan klaim ganti ruginya masih dalam jangka waktu yang ditentukan. Namun pastikan begitu dikonfirmasi paket hilang, segera tanggap dan dapat langsung mengajukan ganti rugi sesuai yang ada di ketentuan.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain