Kode Referal Kredivo 2024, Cara Daftar Cepat ACC dengan Limit Hingga 30jt. Klik Disini

Cara Mudah Mencetak Dokumen dari Perangkat Mobile Tanpa Laptop

Namun, ada kalanya kita membutuhkan cetakan fisik dari dokumen atau gambar yang disimpan di perangkat mobile kita

Ruangojol.com - Dalam era teknologi digital saat ini, banyak orang bergantung pada perangkat mobile mereka untuk melakukan pekerjaan sehari-hari dan untuk mengakses informasi.

Namun, ada kalanya kita membutuhkan cetakan fisik dari dokumen atau gambar yang disimpan di perangkat mobile kita. Mungkin kita ingin mencetak tiket pesawat, undangan pernikahan, atau foto liburan yang indah.

Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki akses ke laptop atau printer yang terkoneksi dengan perangkat mobile Anda? Tidak perlu khawatir, ada cara mudah untuk mencetak dari perangkat mobile Anda tanpa perlu menggunakan laptop.

Cara Mudah Mencetak Dokumen dari Perangkat Mobile Tanpa Laptop

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara mencetak dari perangkat mobile Anda tanpa perlu menggunakan laptop.

Print Dokumen Melalui Perangkat iOs

Pertama-tama, jika Anda menggunakan perangkat iOS, seperti iPhone atau iPad, Anda dapat menggunakan fitur AirPrint bawaan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mencetak dokumen atau gambar langsung dari perangkat iOS Anda ke printer yang terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan perangkat Anda.

Caranya cukup mudah, cukup buka dokumen atau gambar yang ingin Anda cetak, ketuk ikon bagikan, lalu pilih opsi "Print" dan pilih printer yang ingin Anda gunakan.

Print Dokumen Melalui Perangkat Android

Jika Anda menggunakan perangkat Android, Anda dapat menggunakan Google Cloud Print. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mencetak dokumen atau gambar dari perangkat Android Anda ke printer yang terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan perangkat Anda.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu terlebih dahulu mengatur Google Cloud Print di perangkat Android Anda dan menghubungkan printer yang ingin Anda gunakan dengan akun Google Anda. Setelah itu, Anda dapat mencetak dokumen atau gambar dengan memilih opsi "Print" dari menu yang sesuai.

Print Dokumen Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Selain itu, ada juga aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda mencetak dari perangkat mobile Anda. Salah satu aplikasi yang paling populer adalah Printer Pro.

Aplikasi ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android, dan memungkinkan Anda mencetak dokumen atau gambar dari perangkat mobile Anda ke printer yang terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan perangkat Anda. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur tambahan, seperti pengaturan kualitas cetakan dan ukuran kertas.

Dalam kesimpulannya, mencetak dari perangkat mobile Anda tanpa menggunakan laptop atau printer sebenarnya cukup mudah dan nyaman.

Dengan fitur bawaan seperti AirPrint dan Google Cloud Print, serta aplikasi pihak ketiga seperti Printer Pro, Anda dapat mencetak dokumen atau gambar dari perangkat mobile Anda dengan mudah dan cepat.

Jadi, jika Anda membutuhkan cetakan fisik dari dokumen atau gambar di perangkat mobile Anda, Anda tidak perlu khawatir lagi karena Anda dapat melakukan itu tanpa harus menggunakan laptop.

Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)