Kode Referal Kredivo 2024, Cara Daftar Cepat ACC dengan Limit Hingga 30jt. Klik Disini

Panduan Memilih Smartphone Tepat Sesuai Kebutuhan Anda

Ketika membeli smartphone, ada banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan. Pilihannya bisa berupa sistem operasi seperti iOS atau Android

Ruangojol.com - Ketika membeli smartphone, ada banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan. Pilihannya bisa berupa sistem operasi seperti iOS atau Android, produsen seperti Samsung atau Apple, dan model tertentu. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk membantu Anda memilih smartphone yang tepat.

Jika kamu sedang mencari smartphone baru, pasti ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih - tetapi tidak selalu mudah untuk membedakan perbedaan antara puluhan lempengan kaca, logam, dan plastik yang ada di sana. Pada saat yang sama, beberapa spesifikasi dan fitur yang dulunya penting sekarang kurang signifikan, sementara yang lain menjadi lebih penting selama bertahun-tahun.

Panduan ini akan membantu kamu memilih smartphone baru yang siap digunakan tahun 2023, jika kamu kesulitan untuk mengetahui di mana harus memulai atau apa yang harus kamu cari untuk menemukan telepon yang tepat untukmu. Kami tidak akan menyebutkan model spesifik apa pun, sehingga poin-poin di sini dapat diterapkan pada perangkat apa pun - jika kamu membutuhkan rekomendasi tertentu, cek panduan ponsel terbaik kami.

Panduan Memilih Smartphone Tepat Sesuai Kebutuhan Anda

Dalam kesimpulannya, memilih smartphone yang tepat bisa menjadi tantangan, tetapi dengan beberapa tips di atas, Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijak. Pertimbangkan sistem operasi, produsen, model, dan spesifikasi teknis dari smartphone yang Anda inginkan, dan pastikan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Dengan melakukan itu, Anda akan mendapatkan smartphone yang tepat untuk Anda.

Android vs iOS

Ini tetap menjadi keputusan penting, dan mungkin Anda telah memutuskannya bertahun-tahun yang lalu. Kami tidak akan melakukan perbandingan poin-per-poin di sini, tetapi sebagian besar aplikasi yang paling populer sekarang tersedia di kedua platform, dan Google dan Apple telah menyalin banyak fitur dari satu sama lain untuk sistem operasi seluler mereka sendiri. Pada tahun 2023, iOS tetap sedikit lebih halus, sementara Android sedikit lebih dapat disesuaikan.

Jelas, Anda akan ingin memiliki iPhone jika Anda bergantung pada aplikasi seluler Apple - ada aplikasi Apple Music untuk Android, tetapi tidak banyak lagi. Sementara hampir semua aplikasi Google tersedia di iOS, meskipun Anda bisa berargumen bahwa mereka lebih terintegrasi dengan ponsel dan satu sama lain di Android. Pesan sangat penting tentunya, dan iMessage adalah salah satu alasan utama orang tetap dengan iPhone.

Memilih smartphone bukan hanya tentang memilih smartphone tentunya, karena Anda perlu memikirkan semua gadget lain yang Anda miliki juga: Apakah ada Apple TV 4K atau Chromecast yang terpasang di televisi Anda? Apakah ada HomePod Mini atau Nest Mini di dapur Anda? Apakah laptop Anda menggunakan macOS atau Windows? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan mempengaruhi apakah Anda memilih Android atau iOS.

Layar dan Desain

Tidak banyak variasi dalam desain ponsel yang tersedia di pasaran, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti estetika dari ponsel yang tersedia, serta warna yang ditawarkan untuk menemukan ponsel yang paling sesuai dengan Anda. Desain kamera belakang merupakan salah satu area di mana produsen masih menggunakan beberapa kreativitas, dan memang lebih mudah untuk membedakan antara smartphone dari bagian belakang daripada dari bagian depan.

Sayangnya bagi para penggemar perangkat yang lebih kecil, saat ini tidak banyak pilihan dalam hal ukuran layar, dengan sebagian besar tampilan ponsel sekitar 6 inci atau lebih besar. Meskipun masih ada satu atau dua handset dengan layar yang lebih kecil, tetapi jumlahnya sedikit dan Anda mungkin harus membuat beberapa kompromi di tempat lain. Teknologi layar OLED yang superior kini digunakan pada ponsel flagship dan mid-range, meskipun Anda masih akan menemukan LCD pada model anggaran.

Perhatikan resolusi layar dalam piksel, yang akan memberi tahu Anda seberapa tajam teks dan gambar akan tampil di layar, dan periksa kecepatan refresh-nya, yang diukur dalam hertz (Hz): ini memberi Anda indikasi seberapa halus dan lancarnya segala sesuatu mulai dari video hingga menu animasi, meskipun kecepatan ponsel dan manajemen memori juga memainkan peran di sini. Terakhir, dalam hal faktor bentuk, kita harus mempertimbangkan ponsel lipat, meskipun harga masih tinggi dan pilihannya masih terbatas untuk saat ini.

Kualitas Kamera

Salah satu penggunaan paling umum untuk ponsel adalah untuk mengambil gambar dan merekam video dengannya, dan kabar baiknya adalah bahkan ponsel termurah sekalipun sekarang cukup bagus untuk ini. Membayar lebih untuk sebuah ponsel biasanya akan memberi Anda gambar yang lebih besar, lebih tajam, dan lebih seimbang, serta peningkatan zoom optik (mampu zoom tanpa kehilangan kualitas).

Anda akan melihat ponsel yang terdaftar dengan jumlah kamera yang dimilikinya, bersama dengan rating megapiksel (ukuran gambar yang dapat mereka ambil), ukuran piksel (piksel yang lebih besar lebih baik), nilai f stop (nilai yang lebih kecil berarti lebih banyak cahaya dan detail yang bisa diambil), dan ukuran sensor (sensor yang lebih besar berarti lebih banyak penangkapan cahaya dan bidikan yang lebih baik).

Spesifikasi ini semua berguna untuk diketahui, dan semua mempengaruhi kualitas foto dan video, tetapi untuk benar-benar memahami seberapa baik kamera ponsel, yang terbaik adalah membaca ulasan dan melihat sampel gambar: Itu akan memberi Anda gagasan yang jauh lebih baik daripada melihat lembar spesifikasi atau mempercayai hype yang dilampirkan pada pengaturan kamera oleh produsen ponsel. Itu sebagian berkat algoritma pemrosesan pasca yang diterapkan oleh kebanyakan ponsel modern pada foto mereka. Anda dapat melihat sedikit dari Google, Samsung, dan Apple dalam tindakan di sini.

Baterai

Kita semua menginginkan baterai yang lebih tahan lama di ponsel kita, dan Anda akan melihat kapasitas baterai tercantum dalam miliamper jam atau mAh: Semakin tinggi angka, semakin besar kapasitasnya. Namun, ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan, termasuk ukuran dan kecerahan layar, atau seberapa baik perangkat lunak ponsel dan aplikasinya dioptimalkan.

Seperti kualitas kamera, tidak ada pengganti untuk membaca ulasan ponsel untuk memeriksa daya tahan baterai, daripada mempercayai klaim dari produsen - pengalaman orang-orang yang benar-benar menggunakan handset harus memberi Anda ide terbaik tentang berapa lama Anda akan mendapatkan waktu antara pengisian ulang, meskipun kapasitas baterai yang besar tentu membantu.

Sekali lagi, periksa kecepatan pengisian, diukur dalam watt (W) - semakin tinggi angkanya, semakin cepat pengisiannya. Ketika Anda memiliki ponsel yang dapat mengisi ulang baterainya dalam hitungan menit bukan jam, daya tahan baterai tidak begitu penting, karena lebih mudah dan cepat untuk tetap terisi sepanjang hari.

Spesifikasi lainnya

Kecepatan prosesor, dan dalam tingkat yang lebih rendah tersedia memorinya (RAM), menunjukkan seberapa cepat sebuah ponsel. Selain efisiensi sistem operasi, hal ini menentukan seberapa cepat aplikasi akan terbuka, bagaimana penanganan beberapa aplikasi (atau tab browser) secara bersamaan, keterlambatan yang mungkin terlihat dalam game, dan sebagainya. Kemudian ada penyimpanan internal, diukur dalam gigabyte (GB), yang masih penting untuk menyimpan aplikasi, foto, dan video, meskipun sebagian besar konten sekarang di-streaming.

Ada argumen yang dapat dibuat bahwa prosesor tercepat saat ini menawarkan lebih banyak daya dari yang rata-rata pengguna butuhkan, tetapi ingat bahwa ponsel dengan chipset ini di dalamnya akan bertahan lebih lama juga — terkadang investasi ekstra layak dilakukan jika itu berarti Anda akan bisa menggunakan ponsel selama satu atau dua tahun lagi tanpa perlu meng-upgrade lagi.

Prosesor baru biasanya membutuhkan lebih sedikit energi juga, yang membantu dengan daya tahan baterai. Kemudian ada segala sesuatu yang ponsel Anda gunakan kecerdasan buatan untuk - memahami perintah suara Anda, mengoptimalkan gambar, dan banyak lagi - yang juga akan dibantu oleh prosesor yang lebih kuat di bawah kap mesin.

Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)