Kode Referal Kredivo 2024, Cara Daftar Cepat ACC dengan Limit Hingga 30jt. Klik Disini

Ini Alasan Kenapa Akhir Tahun Disebut Sebagai Lebarannya Mobil Baru !

Kenapa mobil bekas akhir tahun ngga laku ? Berikut ini jawaban kenapa mobil baru lebih laris di akhir tahun...

Ruangojol.com - Jual beli mobil sudah menjadi kebutuhan setiap bulan dan tahunnya. Pasalnya density car di Indonesia masih sangat minim yang diperkirakan mencapai 10/100.

Bersamaan dengan perkembangan ekonomi Indonesia yang meningkat dengan cepat. Terlebihnya lagi bertambah orang kaya baru membuat kebutuhan akan kendaraan roda empat semakin menjadi.

perbandingan-mobil-baru-dan-bekas

Harga otr kendaraan yang biasanya naik setiap tahun membuat orang-orang yang memiliki rencana untuk mengambil mobil dengan segera, terutama pada akhir atau penghujung tahun.

Baik mobil baru dan mobil bekas selalu memiliki peminat yang tidak kunjung surut, akan tetapi terdapat moment tertentu dimana salah satunya mengalami lonjakan yang drastis dan juga ada yang mengalami penurunan drastis pada tingkat arus penjualannya.

Baca Juga :

Pada penghujung akhir tahun terdapat istilah lebaran mobil baru, apa sih itu ? Berikut penjelasannya.

Berikut Kenapa Akhir Tahun Disebut Sebagai Lebarannya Mobil Baru

Setiap tahunnya permintaan mobil baru akan terus meningkat terlebih lagi baru-baru ini terdapat ketentuan baru mengenai kendaraan tentang emisi gas yang berlebih.

Hal ini menyebabkan orang-orang mengganti mobil lamanya ke mobil baru. Pada setiap akhir tahunnya merupakan tahun baru atau lebarannya mobil baru.

Kenapa disebut lebarannya mobil baru ? Karena setiap tahunnya terjadi penyusutan pada nilai mobil lama hal ini membuat harga mobil bekas mengalami penurunan.

Biasanya penyusutan mobil yang terjadi setiap tahun itu berada pada angka 5-8%, itupun untuk mobil dengan merek yang cukup terkenal.

Setiap akhir tahunnya mobil baru akan mendapatkan potongan harga yang cukup fantastis dan juga penawaran program yang menggiurkan.

Hal ini juga disebabkan karena setiap tahunnya mobil akan berganti rangka nik, contoh saja pergantian nik rangka 2023 ke 2024.

Pergantian rangka mesin atau nik ini juga menyebabkannya harga otr mobil naik, untuk itu moment yang paling tepat untuk membeli mobil baru adalah di penghujung akhir tahun.

Untuk itu juga, menjadi alasan kenapa penjualan mobil bekas semakin sulit di akhir tahun.. yaitu karena penyusutan yang terjadi membuat harga mobil bekas akan semakin murah di awal tahun berikutnya.

Umumnya harga mobil bekas akan mengikuti dengan penyusutan harga setiap tahunnya, dan penyusutan harga ini dapat berdampat hingga jutaan rupiah pada harga mobil bekasnya.

Untuk itu Mobil yang sangat laris di penghujung akhir tahun adalah mobil keluaran baru saja, selain potongannya yg besar, Kita juga mendapatkan program yang menarik.

Itu lah alasan kenapa akhir tahun menjadi lebarannya mobil baru, alasannya adalah karena penyusutan value dari nilai mobil bekas yang membuat mobil baru menjadi lebih laris ketimbang mobil bekas.