Kode Referal Kredivo 2024, Cara Daftar Cepat ACC dengan Limit Hingga 30jt. Klik Disini

Produk Tidak Diterima Dalam Kondisi Baik Lewat Tokopedia, Berikut Cara Ajukan Keluhan Retur Barang

Barang Tidak Sesuai Pesanan Atau Cacat ? Berikut Cara Komplain dan Meminta Retur Barang Di Tokopedia Dengan Mudah...

Produk Tidak Diterima Dalam Kondisi Baik Lewat Tokopedia - Berbelanja online memanglah suka bikin hilaf, selain menyenangkan kalau udah suka barang tuh gatel mau ngebon aja bawaannya.

Apalagi tanggal gajian, kalau ngga di hubungin rentenir ya ada pesan dari Tokopedia, disuruh belanja mentang-mentang hari gajian hehe..

cara-komplain-retur-barang-di-tokopedia

Semua kebutuhan kini dapat dipenuhi cukup melalui gadget, sebutkan keinginan Kamu lalu cari produk yang di inginkan di Tokopedia.

Tidak sedikit kasus komplain pada saat Kita membeli produk di toko online, baik itu Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lainnya sama saja. Setiap platfrom pasti sering kali mengalami keluhan antara pembeli dengan penjual.

Baca Juga :

Salah satunya adalah barang pesanan yang tidak sesuai saat diterima dari toko online.

Apa Yang Harus Di Lakukan ?

Pertanyaan pertama bagaimana jika pesanam yang Kita terima tidak sesuai dengan apa yang dipesan, contoh nya barang rusak, segel rusak, tidak sesuai deskripsi, dan sebagainya.

Pada tahap ini, Kamu tidak boleh menyalahkan kurir karena ini bukan kesalahan kurir pengiriman melainkan penjual yang melakukan packing barang pesanan Kamu.

Langkah yang baik adalah, hubungi toko online tempat Kamu membeli barang di Tokopedia melalui nomor hp yang tertera pada faktur resi Kamu terima di pesanan atau hubungi melalui fitur Chat di Tokopedia.

Kemudian pastikan jangan rusak faktur resi pengiriman yang ada pada kemasan barang pesanan Kamu, karena itu diperlukan untuk melakukan retur barang ke seller Tokopedia.

Cara Melakukan Komplain dan Retur Barang Cacat Di Tokopedia

Jika pesanan sudah Kamu terima dalam kondisi yang tidak seharusnya maka berikut ini langkah-langkah yang harus Kamu lakukan untuk komplain dan minta retur barang kepada seller Tokopedia.
  • Pertama, jangan klik pesanan selesai atau selesaikan pesanan atau "pesanan sudah diterima"
  • Kemudian klik tombol "Komplain" disebelah kanan dan berikan reason barang tidak sesuai pesanan
  • Lalu silahkan hubungi layanan bantuan Tokopedia, pastikan juga setiap kali beli barang gunakan asuransi atau proteksi pengiriman agar proses komplain lebih mudah
  • Kamu akan masuk kedalam grup percakapan antara cs tokopedia, seller tokopedia, dan Kamu sebagai pembeli yang komplain
  • Informasikan keluhan Kamu, lalu lampirkan foto produk yang tidak sesuai dengan pesanan Kamu
  • Selanjutnya minta ajukan retur kepada seller Tokopedia dan konfirmasi kepada cs bantuan tokopedia
  • Informasikan faktur resi pengiriman kepada seller tokopedia dan nomor invoice tokopedia agar retur segera di proses
  • Proses akan berjalan 3-7 hari hingga barang akan dikirim ulang atau uang akan direfud kembali ke saldo Tokopedia milik Kamu
  • Segala proses akan terus terjadi di percakapan grup yang telah dibuat oleh cs Tokopedia termasuk progresnya
Selesai, komplain Kamu atas barang yang tidam sesuai pesanan akan segera di proses oleh seller Tokopedia. 

Apabila seller lambat dalam merespon dan lewat dari hari yang telah di tentukan oleh cs tokopedia maka uang akan dikembalikan dalam bentuk saldo Tokopedia ke akun Kamu sesuai nilai jumlah barang yang Kamu pesan sebelumnya.

Seperti itulah cara komplain produk yang tidak sesuai dan meminta retur barang di Tokopedia kepada seller yang menjual barang.

Jika Kamu kurang paham dengan menu-menunya, alangkah lebih mudahnya segera menghubungi live support Tokopedia untuk mendapatkan arahan lebih mudah.