Cara Daftar dan Bergabung Pafi Barito Timur, Berikut Panduannya

Sebelum membahasa cara daftar resigrasi bergabung PAFI Barito Timur, anda harus mengetahui apa itu Pafi Barito Timur?

Ruangojol.com - Perkembangan jaman yang begitu pesat membuat system pelayanan kesehatan kini sangat diakses dengan mudah oleh masyarakat yang dapat dilakukan secara online. Perubahan system pelayanan dari kefarmasian memberikan informasi dan juga komunikasi secara digital, seperti farmasi, cara pelayanan kesehatan dan sebagainya.

Cara Daftar dan Bergabung Pafi Barito Timur, Berikut Panduan

Kehadiran Pafi diera digital ini tentunya memberikan dampak positif dalam meningkatkan pelayanan kefarmasian. Bagi anda yang memiliki jurasan farmasi dan tinggal di wilayah barito timur, mau bergabung dengan PAFI, maka bisa mendaftar langsung di situs website resmi cara daftar registrasi bergabung Pafi Barito Timur, panduan lengkap informasinya.

Cara Daftar Registrasi Bergabung Pafi Barito Timur

Sebelum membahasa cara daftar resigrasi bergabung PAFI Barito Timur, anda harus mengetahui apa itu Pafi Barito Timur? Ini adalah salah satu cabang PAFI singkatan dari persatuan ahli farmasi Indonesia yang berlokasi terletak berada di Kawasan Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. 

Yang mana, kehadiran cabang Pafi Barito Timur di Kalimantan Tengah ini memiliki peran penting dalam memajukan dan mengembangkan kefarmasian yang berada di sekitarnya. Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) sebagai organisasi profesi yang menaungi tenaga teknis kefarmasian pun berperan strategis mengawal dan memanfaatkan era digitalisasi ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan farmasi di Indonesia.

Didalam kemajuan teknologi, PAFI terus berkontribusi dalam memajukan industr farmasi dengan cara digital untuk meningkatkan berbagai macam aspek dibidang pelayanan farmasi seperti penggunaan aplikasi mobile dalam melayani konsultasi dan pelayanan kesehatan. Dengan meningkatkan system manajemen informasi layanan kesehatan tentu dapat membantu masyarakat dalam peningkatan layanan secara mudah.

Sejarah PAFI didirikan pada tanggal 13 Februari 1946 di Yogyakarta, sebagai bagian dari respons terhadap kebutuhan akan sebuah organisasi yang diberi nama “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia” yang menghimpun tenaga ahli di bidang farmasi. Sejak proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, ahli farmasi telah berjuang bahu-membahu dengan seluruh masyarakat Indonesia, tidak hanya dalam memerdekakan negara dari penjajahan tapi juga dalam membangun masyarakat dan negara pasca kemerdekaan. Pafi Barito Timur, sebagai cabang dari organisasi nasional, mengikuti prinsip-prinsip yang sama dengan berfokus pada pembangunan kesehatan masyarakat dan farmasi di wilayah Barito Timur.

Langkah Cara Daftar Registrasi Bergabung PAFI Barito Timur

Berikut ini, beberapa langkah cara daftar registrasi bergabung PAFI Barito Timur yang harus dilakukan oleh calon anggota, yaitu:

Menyiapkan Berkas Dokumen Persyaratan

Cara daftar registrasi bergabung PAFi Barito Timur yang pertama adalah menyiapkan berkas dokumen persayaratan yang harus dilengkapi. Setiap tenaga teknis kefarmasian dan asisten tenaga kefarmasian berhak bergabung menjadi anggota. Dimana, nantinya anggota PAFI ini dapat ditentukan berdasarkan wilayah kabupaten/kota tempat mendaftar, dan setiap anggota akan mendapatkan nomor registrasi. Proses registrasi dapat dilakukan secara online yang dapat , memudahkan calon anggota untuk bergabung dari mana saja.

Mengisi Formulir Registrasi

Setelah dokumen persyaratan sudah dilengkapi, cara daftar registrasi bergabung PAFI Barito Timur yaitu mengisi formulir registrasi secara online dengan melampirkan dokumen persyaratan yang telah ditentukan seperti fotokopi ijazah pendidikan farmasi yang dilegalisir, fotokopi KTP, pas foto berwarna 2x3 sebanyak 3 lembar, surat pernyataan etika dan disiplin profesi, serta bukti pembayaran uang pendaftaran dan biaya pembuatan KTAN.

Pengurus daerah akan mengajukan permintaan nomor keanggotaan kepada pengurus pusat, dan setelah mendapatkan persetujuan, KTAN akan diterbitkan. Proses registrasi ini biasanya akan dalam waktu sekitar 14 hari kerja.

Manfaat Menjadi Anggota PAFI

Setelah daftar registrasi berbagung PAFI Barito Timur dan telah menjadi anggota, maka banyak sekali manfaat-manfaat menjadi anggota PAFI ini seperti membantu memberikan akses infkromasi dan juga menjalankan program pengembangan profesi, dukungan dalam proses perizinan profesi, serta menjadi bagian dari komunitas ahli farmasi terbesar di Indonesia. Anda juga akan mendapatkan Kartu Tanda Anggota Nasional (KTAN) yang berlaku selama 5 tahun, dengan proses perpanjangan yang mudah apabila masa berlakunya telah habis.

Sedangkan, misi dan visi Pafi Barito Timur adalah untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Organisasi ini berkomitmen untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia melalui pengembangan dan peningkatan pembangunan di bidang farmasi. Selain itu, Pafi Barito Timur juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya, mengikuti visi organisasi nasional.

Bantuan dan Pendampingan Perizinan Profesi Bagi Anggota PAFI Barito Timur

Keuntungan menjadi anggota setelah mengikuti arahan tak lain memberikan bantuan dan pendampingan perizinan profesi bagi anggota PAFI Barito Timur, yaitu:

Bantuan Administrasi: 

Memfasilitasi proses perizinan profesi, seperti STRTTK dan SIP/SIK TTK, dengan dukungan penuh dari pengurus daerah dan cabang.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu:

Kerjasama untuk mempermudah proses perizinan dan mendorong iklim usaha yang kondusif bagi anggota.

Dengan berpartisipasi dalam program-program ini, anggota Pafi Barito Timur tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tetapi mendapat dukungan dalam aspek perizinan dan pengembangan karir.

Kontak dan Lokasi

Alamat Kantor dan Cara Menghubungi

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Pafi Barito Timur atau memiliki pertanyaan, Anda bisa mengunjungi lokasi dan kontak kantor yang berada di Jl. Dambung Kurui, Desa. Tamiang Layang, Kecamatan. Dusun Timur. Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk mengenai informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi melalui email di admin.pafibaritotimur@gmail.com atau melalui telepon di +6828346108259.

Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)