Syarat Mendaftar dan Gaji Kurir SAP Express Terbaru 2021

Ruangojol.com - Bicara soal jasa ekspedisi, saat ini masyarakat dihadapkan dengan banyak pilihan, salah satunya SAP Express. Sebagai komitmen untuk meningkatkan kualitas layanan, SAP Express cukup masif membuka lowongan kurir di beberapa daerah.

Gaji Kurir SAP Express

Singkatnya, SAP Express adalah perusahaan ekspedisi yang fokus pada layanan COD atau Cash On Delivery dengan jangkauan paling luas di Indonesia. Tak heran kalau mereka mengusung tagline "Jagonya COD".

Mengingat permintaan yang kian meningkat, saat ini tenaga kurir sangat dibutuhkan. Untuk itu, kalau kamu punya pengalaman sebagai kurir, tak ada salahnya mendaftar. Sebab, gaji kurir SAP Express terbilang cukup besar.

Gaji Kurir SAP Express

Sebenarnya besaran gaji kurir SAP Express tidak terpublikasi di situs resmi perusahaan. Namun, berdasarkan pengalaman kurir yang pernah atau sedang bekerja di SAP Express, mereka menerima total Rp3.100.000 per bulan.

Tentu perhitungan gaji tersebut tidak bisa disamaratakan. Umumnya, kurir lama memperoleh penghasilan lebih besar. Sedangkan kurir baru yang masih dalam masa training, gajinya mengikuti UMR di masing-masing daerah.

Selain itu, SAP Express juga memberlakukan sistem bonus dan insentif. Untuk kurir yang kinerjanya bagus dan melebihi target pengiriman, biasanya mendapatkan uang tambahan di luar gaji pokok.

Bagaimana, dari penjelasan ini apakah kamu tertarik mendaftar jadi kurir SAP Express? Kalau iya, pastikan simak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui sistem kerja, syarat, dan prosedur pendaftaran.

Sistem Kerja Kurir di SAP Express

Seperti jasa pengiriman pada umumnya, sistem kerja kurir di SAP Express dibagi per-shift dengan waktu kerja 8 jam /hari. Disamping itu, kemungkinan akan ada jam lembur jika paket menumpuk dan harus diantar hari itu juga.

Tugas kurir SAP Express

Berdasarkan pengakuan atau pengalaman kerja kurir SAP Express, setiap harinya mereka masuk mulai jam 6 pagi sampai jam 2 atau 3 sore. Adapun tugas yang dilakukan sebagai berikut.
  1. Datang ke kantor, isi absen, lalu minta daftar paket yang mau diantar
  2. Selanjutnya memisahkan paket berdasarkan daerah atau jarak
  3. Kemudian menyusun paket ke dalam kendaraan
  4. Jika sudah selesai, kurir berangkat mengantar paket sesuai alamat
  5. Terakhir kembali ke kantor untuk mengisi laporan
Pada dasarnya, hampir semua kurir jasa ekspedisi memiliki tugas dan kewajiban yang sama. Perbedaan paling mendasar mungkin pada kebijkan dan SOP perusahaan.

Syarat dan Cara Daftar Kurir SAP Express

Setelah mengetahui sistem kerja dan gaji kurir SAP Express, selanjutnya kamu bisa menyimak panduan tentang cara mendaftar dan persyaratan yang dibutuhkan.

Di bawah ini beberapa syarat daftar jadi kurir SAP Express.
  1. Usia maksimal 35 tahun
  2. Pendidikan minimal SMA/Sederajat
  3. Punya KTP dan SIM C
  4. Memiliki kendaraan sendiri dengan surat-surat lengkap
  5. Berdomisili di area penempatan dan memahami area tersebut
  6. Berpengalaman lebih diutamakan
Saat mengirim lamaran wajib melampirkan CV, pas photo terbaru, ijazah, dan dokumen lainnya
Selain itu, karena SAP Express berbasis aplikasi, kamu harus punya smartphone Android atau iPhone dengan spesifikasi RAM 2GB atau lebih.

Jika kamu merasa sudah memenuhi kualifikasi di atas, selanjutnya bisa mencari lowongan kurir SAP Express di grup Facebook atau menanyakan langsung ke cabang SAP Express Jakarta, Medan, Tangerang, maupun yang terdekat dari tempat tinggal kamu.

Kesimpulan

Perlu diketahui, besaran gaji yang tertera di atas bisa berbeda tergantung daerah penempatan dan kebijakan perusahaan. Untuk mengetahui nominal pastinya, silahkan hubungi cabang SAP Express yang membuka lowongan kurir.

Demikian ulasan tentang gaji kurir SAP Express, sistem kerja, dan syarat mendaftar sebagai referensi bagi kamu yang sedang menganggur dan punya pengalaman menjadi kurir di jasa pengiriman barang.