Cara Komplain Shopee Express Standard, Instant, dan Sameday Terbaru 2021


Ruangojol.com - Shopee Express adalah jasa ekspedisi khusus dari Shopee yang punya tiga jenis layanan, yakni Standard, Instant, dan Sameday. Seperti perusahaan pada umumnya, tak jarang Shopee Express mendapat keluhan atau komplain dari konsumen.

Cara Komplain Shopee Express Standard, Instant, dan Sameday Terbaru 2021

Biasanya, konsumen mengeluhkan waktu pengiriman terlalu lama atau kondisi barang rusak. Namun sayangnya, tak sedikit konsumen belum paham cara komplain ke Shopee Express karena baru menggunakan aplikasi Shopee.

Oleh sebab itu, dengan mengetahui cara komplain Shopee Express, kamu tak perlu khawatir jika terjadi kerusakan maupun masalah pada pengiriman. Jadi, pastikan simak ulasan ini sampai tuntas, ya!

Kenapa Paket Shopee Express Belum Sampai?

Kalau kamu sering belanja di Shopee, di riwayat orderan pasti ada tanggal kapan paket diantar, kan? Nah, pada beberapa kasus ada konsumen yang mengalami paket dari Shopee Express belum sampai atau melewati tanggal estimasi.

Menurut keterangan Shopee, hal ini disebabkan karena dampak Covid-19 di Indonesia yang sudah sangat parah. Sehingga, pengiriman dibagi menjadi beberapa bagian, yakni area terisolasi, area pengiriman terbatas, dan area pembatasan.

Jadi, jika pengiriman paket sangat lama, kemungkinan lokasi kamu berada di area tersebut. Tapi biasanya, Shopee akan menginfokan apabila pengiriman harus ditunda atau dibatalkan.

Cara Komplain Shopee Express

Lantas, bagaimana cara komplain Shopee Express jika paket kamu tidak sampai atau kondisinya sudah rusak? Ada beberapa opsi yang bisa dicoba, yakni melalui call center, via live chat, atau datang langsung ke kantor Shopee Express.

1. Live Chat di Aplikasi Shopee

Pertama coba gunakan opsi live chat di aplikasi Shopee. Biasanya, dengan cara ini keluhan akan segera ditindaklanjuti. Hanya saja, kamu harus mengambil nomor antrian dan sedikit bersabar karena dalam satu waktu, ruang live chat akan sangat ramai.

Untuk memulai chatting, kamu bisa masuk ke menu “Saya”, lalu pilih opsi “Chat dengan Shopee”. Setelah itu tunggu sesuai urutan nomor antrian. Jika giliran sudah tiba, pastikan kamu menyampaikan keluhan secara detail.

2. Kirim Email ke Tim Shopee

Kalau masih belum ada tanggapan, cara komplain Shopee Express selanjutnya bisa dengan mengirimkan email ke tim Shopee. Yang harus kamu lakukan sama saja seperti pengiriman email pada umumnya.

Tinggal buka email, lalu pilih “Tulis”. Di bagian Kepada atau penerima tujukan ke help@support.shopee.co.id. Kemudian di “Subjek”, ketik Komplain Shopee Express. Terakhir, isi email dengan kalimat yang mudah dipahami.

3. Sampaikan Keluhan via Media Sosial

Kalau dua opsi di atas cukup ribet, kamu juga bisa komplain pengiriman Shopee Express via akun media sosial Shopee di Instagram atau Twitter. Selain mudah, biasanya admin Shopee sangat sigap menanggapi keluhan konsumen.

Tapi, persiapkan dulu nomor resi dan data pembelian, karena nanti akan diminta oleh admin Shopee. Mengingat saat ini banyak penipuan online, pastikan kamu hanya mengirim pesan ke @shopee_id (IG) dan @ShopeeCare (Twitter).

4. Melalui Call Center

Shopee menyediakan call center untuk konsumen yang ingin menyampaikan keluhan perihal Shopee Express, Shopee Food, maupun layanan lainnya. Untuk nomornya, kamu bisa dial langsung 1500702 setiap hari selama 24 jam.

Tapi, karena layanan ini tidak gratis, pastikan pulsa kamu mencukupi dengan nominal tergantung biaya telepon masing-masing provider.

Kesimpulan

Kalau semua cara di atas sudah dicoba tapi belum ada hasil, opsi terakhir silahkan datang langsung ke kantor Shopee Express terdekat di daerah kamu dengan membawa bukti paket (jika rusak) dan nomor resi (jika paket belum sampai).

Demikian beberapa hal yang mesti kamu ketahui tentang cara komplain Shopee Express Standard, Instant, dan Sameday. Jadi, kalau ada masalah pengiriman paket, silahkan coba opsi-opsi di atas agar bisa ditindaklanjuti pihak Shopee.