Cara Menggunakan Fitur Pesanan Langsung Shopee Food Terbaru 2021

Ruangojol.com - Sebagai satu dari sekian banyak jasa pesan antar makanan, tentunya Shopee Food ingin terus meningkatkan fitur dan layanan agar tak kalah saing dengan GrabFood dan GoFood. Yang terbaru, ada fitur Pesanan Langsung.

Cara Menggunakan Fitur Pesanan Langsung Shopee Food Terbaru

Meskipun saat ini tengah fokus memperluas wilayah operasional, Shopee Food tetap menawarkan kemudahan bagi pengguna. Nah, hadirnya fitur Pesanan Langsung Shopee Food ini dianggap mampu mempermudah merchant, konsumen, dan driver.

Lantas, bagaimana cara kerja Pesanan Langsung dari Shopee Food? Agar lebih jelas, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini lengkap dengan keuntungan dan langkah menggunakannya.

Keuntungan Fitur Pesanan Langsung Shopee Food

Singkatnya, Pesanan Langsung Shopee Food adalah fitur yang sangat bermanfaat bagi merchant dalam menyelesaikan orderan. Di aplikasinya, fitur ini dapat ditemukan di sebelah nama resto dengan ikon perisai centang kuning.

Sebagai konsumen, kamu dapat menggunakan fitur Pesanan Langsung setiap kali memesan makanan atau minuman. Nantinya, orderan kamu akan diproses otomatis dan diantar lebih cepat dari biasanya.

Namun, fitur ini hanya tersedia di merchant tertentu saja. Jadi, kalau kamu tidak melihat ciri-ciri yang disebutkan di atas, berarti merchant pilihanmu belum terdaftar di sistem Shopee.

Adapun keuntungan fitur Pesanan Langsung Shopee Food di antaranya:

  1. Merchant bisa langsung menyiapkan orderan tanpa harus menunggu driver
  2. Orderan dapat disiapkan lebih cepat
  3. Mengurangi atau meminimalisir antrian driver Shopee Food
  4. Merchant bisa memastikan ketersediaan menu sebelum orderan diterima
  5. Persentase pembatalan orderan lebih minim
  6. Konsumen tidak perlu menunggu pesanan terlalu lama
Nah, sudah jelas kan kalau fitur Pesanan Langsung sangat bermanfaat bagi driver, merchant, dan konsumen Shopee Food? Jadi, kalau kamu termasuk pengguna baru, tak ada salahnya memanfaatkan fitur ini untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Alur Kerja Fitur Pesanan Langsung

Berdasarkan keterangan Shopee, alur kerja atau pemesanan dengan fitur Pesanan Langsung sangat mudah. Secara keseluruhan sama seperti cara order Shopee Food biasa. Hanya saja, pesanan akan langsung dijalankan tanpa harus menunggu driver.
  • Konsumen melakukan pengorderan di resto pilihan mereka
  • Jika sudah diterima merchant, konsumen dilarang cancel orderan Shopee Food
  • Lalu, di aplikasi Shopee Partner milik merchant, akan muncul notifikasi baru
  • Merchant bisa langsung menyiapkan orderan setelah dikonfirmasi oleh konsumen
  • Terakhir, driver Shopee Food akan mengambil orderan ke resto dan mengantarkannya ke lokasi konsumen.
Seperti penjelasan di atas, prosesnya sama seperti order Shopee Food biasa. Namun, fitur ini punya keunggulan yang sangat menguntungkan semua pihak.

Cara Menggunakan Fitur Pesanan Langsung Shopee Food

Jadi, sudah paham kan penjelasan, keuntungan, dan keuntungan Pesanan Langsung di Shopee Food? Selanjutnya, jika kamu ingin segera menggunakan fitur ini, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.
  • Pertama buka aplikasi Shopee di hp kamu (pastikan sudah di-update)
  • Kemudian pilih menu Shopee Food
  • Selanjutnya lakukan pengorderan seperti biasa
  • Tapi, pastikan restonya sudah bercentang kuning
  • Pilih makanan yang kamu inginkan, tentukan jumlahnya, dan masukkan ke dalam keranjang
  • Lalu tentukan metode pembayaran
  • Cek dulu apakah alamat pengiriman sudah sesuai
  • Jika sudah, langsung klik Checkout
  • Terakhir, tunggu hingga driver mengantar pesanan ke rumah kamu
Sangat mudah, kan? Sekarang kamu tak perlu khawatir kalau sedang lapar dan butuh makanan tanpa harus menunggu lama. Sebab, pesanan kamu akan langsung diproses dan diantar secepatnya oleh driver.

Penutup

Demikian beberapa hal yang harus diketahui tentang fitur Pesanan Langsung Shopee Food. Karena ada banyak sekali keuntungannya, kalau ingin memesan makanan sebaiknya pilih merchant yang sudah ada centang kuning.