Syarat dan Cara Ganti Plat Nomor Driver Shopee Food Terbaru 2021

Ruangojol.com - Seperti yang kita tahu, Shopee Food hanya mengizinkan penggunaan kendaraan yang sama untuk satu akun. Namun, driver juga harus tahu cara ganti plat nomor Shopee Food sebagai langkah pencegahan andai terjadi kerusakan pada kendaraan.

Syarat dan Cara Ganti Plat Nomor Driver Shopee Food Terbaru

Yaps, pada kondisi tertentu, driver bisa mengganti kendaraan beserta data-datanya (termasuk plat nomor) dengan mengikuti prosedur yang berlaku. Ini merupakan bagian dari komitmen Shopee Food terhadap mitra driver.

Nah, kalau saat ini kendaraan yang kamu gunakan sedang rusak atau sudah dijual, simak panduan cara ganti plat nomor driver Shopee Food beserta syarat dan ketentuannya berikut ini.

Syarat Ganti Plat Nomor Driver Shopee Food

Namun, jika ingin mengubah data kendaraan, pengemudi diharuskan memiliki bukti otentik berupa dokumen yang terdaftar di sistem. Nantinya, proses pengajuan hanya bisa dilakukan melalui kantor cabang Shopee Food.

Berikut ini beberapa syarat dan ketentuan ganti plat nomor driver Shopee Food:
  • Datang ke kantor Shopee Food di hari kerja Senin – Jum’at jam 8 sampai 5 sore
  • Membawa STNK yang sesuai dengan plat nomor (pajak harus aktif)
  • Membawa e-KTP dan SIM
  • Kendaraan pengganti harus memenuhi syarat minimal tahun 2012
Setelah semua poin di atas terpenuhi, silahkan datang langsung ke kantor cabang tempat pertama kali kamu mendaftar sebagai driver. Namun, prosesnya tidak bisa diwakilkan, jadi kamu harus datang seorang diri.

Cara Ganti Plat Nomor Driver Shopee Food

Bisa dibilang sistem Shopee Food masih jadul karena prosedur pergantian data hanya bisa dilakukan secara manual. Padahal, saat ini sebagian besar perusahaan startup sudah menerapkan sistem digital untuk semua layanan mereka.

Contohnya Gojek, jika ingin ganti plat nomor, driver tinggal mengakses fitur yang ada di aplikasi dengan melampirkan foto kendaraan dan dokumen pendukung.

Tentu ini jadi PR besar bagi Shopee kalau ingin bersaing dengan layanan pesan antar lainnya. Apalagi saat ini wilayah operasional Shopee Food masih kalah jauh kalau dibandingkan dengan GoFood maupun GrabFood.

Adapun prosedur yang harus dilakukan driver untuk ganti plat nomor kendaraan Shopee Food adalah:
  • Memastikan semua syarat dan dokumen sesuai dengan sistem
  • Datang sendirian ke kantor cabang dimana pertama kali kamu daftar driver Shopee Food
  • Jika sudah menginjakkan kaki ke kantor, langsung tanya ke satpam
  • Biasanya kalau sedang ramai, kamu disuruh ambil nomor antrian
  • Setelah tiba giliranmu, langsung hampiri petugas yang berjaga
  • Sampaikan maksud dan tujuanmu, yakni mau ganti plat nomor driver Shopee Food
  • Selanjutnya berikan semua syarat dan dokumen
  • Terakhir, tunggu hingga petugas selesai memvalidasi data
Sampai tahap ini kamu tinggal menunggu maksimal 7x24 jam. Nantinya kalau pengajuan diterima, data kendaraan akan terupdate secara otomatis di aplikasi.

Lantas, bagaimana kalau permohonan ganti plat nomor kendaraan ditolak? Untuk kasus ini sebenarnya sangat jarang terjadi. Sebab, seperti penjelasan di awal, Shopee Food berkomitmen memudahkan semua urusan driver.

Namun, kalau kamu mengalaminya, kemungkinan ada data yang kurang lengkap atau kendaraan pengganti tidak sesuai dengan ketentuan Shopee Food.

Kesimpulan

Intinya, perubahan data mitra mulai dari nomor rekening, nomor hp, email, hingga plat nomor bisa dilakukan dengan mudah. Meskipun pihak Shopee Food memberi keringanan, namun mitra tetap harus mematuhi syarat dan ketentuan yang ada.

Jadi, itulah panduan cara ganti plat nomor driver Shopee Food. Kamu tak perlu khawatir bila kendaraan sedang bermasalah. Tapi, sebelum datang ke kantor Shopee, jangan lupa bawa dokumen yang dibutuhkan, ya!