Jangan Biarkan Air Wiper di Mobil Anda Habis, Berikut Cara Mengisi Air Wiper Mobil!

Ruangojol.com - Wiper merupakan fungsi utama saat membersihkan kaca mobil baik depan maupun belakang. Penggunaan wiper menjadi hal yang penting saat memasuki musim hujan. Berfungsi untuk menjaga kaca tetap bersih dan terhindar dari air yang menghalangi pandangan saat berkendara. Namun, ada kalanya kaca mobil berdebu atau kotor selepas hujan. Untuk menghilangi gangguan tersebut, kamu dapat menggunakan wiper mobil kamu yang tentunya memiliki air sehingga tidak merusak kaca kamu. Pada artikel kali ini akan membahas cara mengisi air wiper supaya kaca mobil kamu dapat tetap bersih.


Pengisian air wiper bisa dilakukan dengan air biasa maupun campuran cairan sampo atau washer fluid. Dalam menjalankan fungsinya, air wiper akan menyemprotkan ke bagian kaca mobil sebelum wiper menyapu permukaan kaca. Peran air wiper sangat penting, yaitu untuk melicinkan kaca sehingga mudah dibersihkan dan menghindari baret pada kaca.

BACA JUGA: Pilihan Mobil LCGC Murah Untuk Taksi Online Dari Harga Rp 50 Jutaan

Cara mengisi air wiper tidak sulit untuk dilakukan. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah, berikut tahapan yang bisa kamu ikuti:

1. Siapkan Cairan Wiper

Sebelum mengisi, Anda perlu mempersiapkan cairannya terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan air biasa maupun cairan campuran sampo atau washer fluid.

2. Membuka Kap Mobil

Bila ingin mengisi air wiper, Anda perlu membuka kap mobil terlebih dahulu. Pasti saat membuka kap mobil dikaitkan dengan benar supaya tidak jatuh. 

3. Mencari Tabung Wiper

Jika Anda telah membuka kap mobil, carilah lokasi tabung air wiper. Setiap mobil berbeda tempat pengisian air wipernya. Namun, biasanya terletadi di bagian kiri depan. Tempat pengisian air wiper mudah di kenali karena terdapat logo dan memiliki tulisannya.

4. Mengisi Air Wiper

Cara mengisi air wiper dapat kamu lakukan bila sudah menemukan tabung wiper dan membuka tutupnya. Kamu dapat mengisi air wiper secara perlahan supaya tidak tumpah ke bagian lain. Isi wiper sampai batas maksimal lalu tutup kembali penutup tabung air wiper dan tutup kap mobil.

BACA JUGA: Pilih Aki Kering atau Aki Basah? Yuk Simak Kekurangan dan Kelebihannya

Demikian cara mengisi air wiper sendiri dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas kamu dapat melakukannya sendiri dengan mudah di rumah. Air wiper sebaiknya tidak dibiarkan sampai kosong guna menghindari debu ataupun kotoran mengendap di tabung air wiper. 

Cek kondisi tabung air wiper dan isi saat air wiper sudah sedikit dapat menghindari tabung air wiper bermasalah. Adapun masalah yang biasa terjadi bila rusak yaitu air keluarnya sedikit, tidak beraturan, hingga mamper karena ada kotoran. Jadi Anda jangan lupa untuk cek tabung wiper Anda yah guna menghindari hal yang tidak diinginkan!