Jangan Sampai Salah Pilih, Berikut Cara Memilih Kaca Film yang Tepat

Ruangojol.com - Kaca film merupakan salah satu komponen penting untuk mobil Anda. Kaca film sendiri memiliki beberapa fungsi seperti menghindari panas matahari yang berlebih, menjaga privasi pengemudi, dan menyejukan pandangan mata saat berkendara. Selain itu, kaca film juga berfungsi membuat tampilan mobil Anda lebih menarik.


Dalam memilih kaca film, Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu supaya tidak mendapatkan barang yang jelek dan dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Pada umumnya, kesalahan yang terjadi saat memilih kaca film yaitu memilih kaca film yang terlalu gelap sehingga mengurangi jarak pandang. Selain itu, memilih kaca film yang relatif murah dapat berpotensi mendapatkan barang yang tidak bagus seperti kaca film memudar dan tetap terkena sinar matahari langsung.

BACA JUGA

Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara memilih kaca film yang tepat untuk Anda. Mengutip dari halaman resmi Nissan, berikut cara hal apa saja yang perlu di perhatikan saat memilih kaca film untuk mobil.

Tentukan Kebutuhan

Saat ingin mencara kaca film, Anda perlu mengetahui kebutuhan apa saja untuk yang diperlukan untuk mobil Anda. Kebutuhan seperti apa yang Anda inginkan untuk mobil Anda, apakah untuk mempercantik penampilan mobil, demi kenyamanan, atau demi keamanan? Pasalnya, kaca film memiliki beberapa fungsi, mulai dari mempercantik penampilan, menahan sinar UV matahari, menambah privasi, bahkan hingga memperkuat kaca mobil Anda. Ketika Anda sudah mengetahui kebutuhannya, Anda pun akan lebih mudah menentukan hal lainnya.

Mengetahui Jenisnya

Tentunya setiap kebutuhan kaca film memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan pengecekan awal terhadap kaca film yang ada sebelum menentukan pilihan. Yang perlu Anda ketahui minimal bahan kaca, fungsi dan ketebalan kaca. Saat memeriksa spesifikasi, Anda juga harus memastikan bahwa spesifikasi tersebut sesuai dengan mobil Anda dan tentu saja tidak membatasi penglihatan Anda saat mengemudi.

Pemilihan Warna

Warna kaca film tidak kalah pentingnya. Saat ini setidaknya ada 3 jenis warna yaitu hitam, mauve atau reflektor. Pastikan Anda tahu warna apa yang cocok dengan mobil Anda. Pasalnya, jika salah memilih warna, tampilan mobil akan kurang menarik.

Mencari yang Bergaransi

Yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan adalah garansi. Anda tidak boleh menganggap enteng kaca film. Anda harus memastikan bahwa kaca film yang Anda beli bergaransi. Umumnya garansi kaca film adalah 5-7 tahun. Jika Anda menemukan kaca film yang tidak terlindungi, Anda harus berpikir dua kali sebelum membelinya. Ini mungkin menunjukkan bahwa kaca film tidak terjamin

BACA JUGA: Pentingnya Perawatan Berkala Kendaraan Mobil Anda

Pemilihan kaca film yang tepat memang penting untuk kendaraan Anda. Jangan sampai salah memilih karena sangat merugikan baik itu dari biaya maupun saat berkendara.